18 June 2014

Manfaat penting berbagai jenis jamur bagi tubuh

Jamur Kancing/Champignon


Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan jamur ini,karena seringkali dijadikan sayuran untuk pelengkapan masakan Anda. Nah, tahu gak ternyata Jamur kancing ini memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Jamur kancing ini berbentuk seperti kancing dengan tekstur kenyal dan memiliki beragam jenis. Ada yang bisa dimakan dan ada juga beracun. Tapi untuk saat ini Anda gak usah khawatir jika jamur yang Anda makan nanti beracun, karena sudah banyak yang dibudidayakan sehingga sudah dipilih mana yang layak dimakan dan mana yang tidak layak untuk dimakan. Nutrisi yang terkandung adalah Niacin, Riboflavin, Folate, Fosfor, Zat besi, Panthothenic Acid, Zinc, Potassium, Copper, Magnesium, Vitamin B6, Selenium dan Thiamin.

Semua nutrisi yang terkandung didalam Jamur Kancing tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Melawan Sel Kanker
Ekstraksi dari Jamur kancing ini bermanfaat untuk menurunkan aktivitas dari sel kanker dan juga bisa mengurangi ukuran tumor di dalam tubuh. Untuk itu disarankan bagi penderita tumor payudara dan prostat untuk mengonsumsi jamur kancing ini.

2. Cocok Untuk menurunkan berat badan
Salah satu manfaat yang disukai oleh wanita adalah bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Jamur kancing bisa dimasukkan ke dalam menu harian karena selain rasanya kenyal dan mirip dengan daging, jamur kancing juga sangat rendah kandungan kalori, karbohidrat, lemak dan juga sodiumnya.

3. Kandungan potassium Tinggi
Potassium tinggi tidak hanya pada pisang saja, tapi Jamur Kancing juga memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Potassium berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga menyeimbangkannya hal ini tentu saja bisa mencegah terjadinya stroke.

4. Memiliki Kandungan Antioksidan
Jamur Kancing ternyata juga mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.Sehingga mampu melawan sel kanker dan bisa memperbaiki immune tubuh. Selain itu bisa juga mencegah migrain, dan juga melawan AIDS.

5. Kaya akan serat
Jamur kancing mengandung serat yang bisa membantu memperlancar pencernaan.


Jamur Kuping



Selama ini kita hanya mengenal jamur kuping sebagai bahan makanan yang diolah menjadi berbagai olahan masakan seperti oseng soon, atau timlo solo. Rasanya yang enak membuat jamur jenis ini memiliki permintaan pasar cukup tinggi di kalangan masyarakat. Inilah sebabnya budidaya jamur kuping terbilang sering dan banyak dibudidayakan oleh para petani. Di China sendiri selain menjadi bahan makanan, jamur kuping, terutama jenis kuping hitam digunakan sebagai obat.

Jamur kuping memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya:
  • Mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar.
  • Kandungan senyawa yang terdapat dalam lendir jamur kuping juga efektif untuk menghambat pertumbuhan karsinoma dan sarkoma (sel kanker) hingga 80-90% serta berfungsi sebagai zat anti koagulan (mencegah dan menghambat proses penggumpalan darah).
  • Manfaat lain dari jamur kuping dalam kesehatan ialah untuk mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi), pengerasan pembuluh darah akibat penggumpalan darah.
  • Mengatasi kekurangan darah (anemia).
  • Mengobati penyakit wasir (ambeien) dan memperlancar proses buang air besar.
Jika jamur kuping dipanaskan maka lendir yang dihasilkan memiliki khasiat antara lain:
  • Penangkal/penonaktif racun baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, bakhan sampai ke racun berbentuk logam berat. Hampir semua ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan.
  • Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping, efektif untuk menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80-90%. Berfungsi juga untuk antikoagulan.
  • Lendir jamur kuping dapat meghambat dan mencegah penggumpalan darah.
Apabila Anda mengkonsumsi resep ini setiap hari maka aliran darah akan menjadi lancar dan akan terhindar dari sakit stroke atau jantung. Dengan 10 gram jamur kuping hitam, ditambah jahe 3 iris dan bawang putih 3 butir, bisa juga ditambah daging bersih lemak 40 gram dan sedikit garam. Kemudian rebus dengan air 6 mangkuk. Bagi menjadi 2 mangkuk diminum setiap hari, pagi dan sore. Ramuan ini dapat membersihkan 3 sumbatan dalam waktu 45 hari.


Jamur Tiram



Dialam bebas, jamur ini tumbuh sepanjang tahun di lingkungan yang lembab. Biasanya ditemukan pada batang kayu yang sudah lapuk karena memang merupakan salah satu jenis jamur kayu.

Manfaat jamur tiram sudah diketahui sejak ribuan tahun lalu. Dari livestrong, menurut ahli akupunktur Christopher Hobbs, penulis “Medicinal Mushrooms”, Oleh bangsa China, sekitar 3000 tahun lalu jamur putih ini sudah dimanfaatkan sebagai tonik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa manfaat jamur tiram diantaranya:

Kandungan antioksidan
Kandungan ergothioneine, antioksidan unik yang hanya diproduksi oleh jamur. 85 gram jamur tiram mengandung kurang lebih 13 mg ergothioneine, zat ini tidak rusak oleh proses pemasakan.

Anti bakteri
Menurut sebuah penelitian di tahun 1997 diterbitkan dalam “Journal Kimia Pertanian dan Makanan.” Studi ini menemukan bahwa benzaldehida senyawa aktif yang mengurangi kadar bakteri. Mungkin terbentuk pada jamur sebagai reaksi terhadap stres lingkungan.

Anti kolesterol
Jamur tiram mengandung kalori, protein dan karbohidrat. Tak salah jika para vegetarian menggunakan jamur tiram sebagai pengganti daging ayam. Sedangkan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya antara lain zinc, besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, asam folat, niasin, vitamin B-1 dan B-2. Kandungan nutrisinya yang tinggi membuat sumber makanan ini bisa dimasukan dalam diet sehat harian kita.

Jamur tiram mempunyai kandungan lemak dan karbohidrat yang rendah tetapi kandungan proteinnya cukup tinggi mencapai 10,5-30,4% sedangkan kalori yang ada didalamnya sekitar 367 kalori per 100 gram. Yang mudah kita tengarai dari jamur ini adalah seratnya yang terasa kenyal dilidah, kandungan seratnya antara 7,4- 24,6 persen.

Penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan tikus yang dilakukan oleh USDA (United States Drugs and Administration) menunjukkan tikus yang diberi pakan jamur tiram selama tiga minggu mengalami penurunan kolesterol dalam serum hingga 40% dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi menu jamur tiram. Ini merupakan jumlah yang sangat signifikan sehingga peneliti USDA sepakat berpendapat bahwa jamur ini dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol. Jamur tiram juga dipercaya mempunyai kemampuan anti viral, anti bakteri, anti tumor dan anti kanker. Jamur tiram pun kini sedang diteliti sebagai pertahanan terhadap kemungkinan HIV.


Jamur Shiitake (Hioko/Jengkol)



BANYAK tumbuhan yang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah jamur shiitake.

Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui apa itu jamur shiitake dan manfaatnya untuk kesehatan manusia. Jamur shiitake merupakan jamur berwarna cokelat yang tumbuh di batang pohon, dan cukup populer di kawasan Asia Timur. Jamur shiitake sendiri biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Cina.

Para peneliti juga sudah mengungkapkan beberapa manfaat jamur shiitake bagi kesehatan manusia. Berikut ini beberapa diantaranya:

Meningkatkan imunitas dan melawan kanker
Menurut The Sloan-Kettering Cancer Center, jamur shiitake mengandung senyawa aktif yang disebut lentinan (suatu bentuk beta-glukan). Senyawa aktif tersebut merangsang sistem kekebalan tubuh serta  mengaktifkan sel-sel dan protein yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Penelitian di Chinese University of Hong Kong pada 2011 menemukan, jamur shiitake merupakan sumber antioksidan baik, seperti selenium yang dapat menghilangkan efek penyebab kanker akibat radikal bebas.

Mengurangi kolesterol
Menurut para peneliti di Lulea University of Technologi di Swedia, eritadenine, suatu senyawa dalam jamur shiitake memiliki kemampuan menurunkan kolesterol.

Mencegah penggumpalan darah
Hal ini karena jamur shiitake kaya lenthionine, yaitu senyawa alami platelet atau komponen darah yang berfungsi dalam mencegah trombosis (gumpalan darah beku yang menghambat aliran darah). Oleh karena itu, jika Anda khawatir mengalami DVT (Deep Vein Thrombosis) atau pembekuan darah di vena dalam pada penerbangan jarak jauh, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan konsumsi  jamur shiitake.

Menurunkan berat badan
100 gram dari 1 porsi jamur shiitake yang dimasak hanya mengandung 56 kalori, sama sekali tanpa lemak, dan mengandung 2 gram serat. Selain itu, jamur shiitake juga tidak mempengaruhi kadar gula darah, sehingga membuat mereka makanan sempurna untuk diet. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi jamur ini secara berlebihan, karena dapat menyebabkan diare dan perut kembung.

Kaya akan zat tembaga
Seratus gram jamur shiitake yang dimasak mengandung 0,9 miligram zat tembaga yang merupakan 45 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Zat tembaga merupakan mineral penting yang bekerja secara sinergis dengan zat besi. Selain itu mineral lain pada jamur shiitake juga dapat membentuk hemoglobin dalam sel darah merah yang akhirnya membawa oksigen dari paru-paru ke sel-sel tubuh. Kekurangan zat tembaga dapat menyebabkan anemia, kulit yang buruk, rambut cepat beruban, dan bahkan osteoporosis.


Jamur Merang




Salah satu alternatif makanan yang saat ini banyak di gemari adalah jamur. Dan salah satu jamur yang digemari keluarga adalah jamur merang. Selain rasanya enak, manfaat jamur merang ternyata cukup banyak. Karena itu jika anda termasuk penggemar jamur yang satu ini, maka anda termasuk orang yang beruntung.

Jamur Merang adalah salah satu spesies jamur dengan bentuk unik.Umumnya jamur yang diketahui orang berbentuk payung (tampak batang dan cawannya). Pada jamur merang, bentuknya bulat seperti telur, batangnya malah hampir tidak terlihat. Warnanya bisa putih keabu-abuan atau kecokelatan.

Manfaat Jamur Merang Bagi Kesehatan
Semua manfaat jamur merang tak bisa lepas dari kandungan gizi dan non-gizi jamur tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh khasiat jamur merang yang sangat bagus bagi kesehatan:
  • Jamur bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan produksi kolesterol baik.
  • Mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan penyakit stroke.
  • Mengurangi resiko Anda terkena penyakit jantung yang berbahaya.
  • Mengurangi resiko Anda terserang penyakit kanker.
  • Kandungan proteinnya yang tinggi sangat baik untuk membantu metabolisme yang terjadi dalam tubuh.
  • Manfaat jamur merang juga terletak pada kandungan vitaminnya. Vitamin B kompleks dan C-nya mampu meningkatkan kekebalan/daya tahan tubuh dari penyakit.
  • Zat eritadenin yang merupakan zat aktif dalam jamur merang dipercaya memiliki kemampuan untuk menawarkan racun yang ada di dalam tubuh.
  • Zat antibiotik jamur mampu mengurangi resiko Anda terkena berbagai penyakit.
  • Kandungan serat pangan pada jamur merang yang cukup tinggi, baik untuk sistem pencernaan tubuh. Manfaat jamur merang yang satu ini bisa sangat berguna bagi Anda yang sedang diet.
  • Jamur merupakan sumber enzim yang cukup baik. Salah satu enzimnya adalah tripsin yang tentu bermanfaat dalam proses pencernaan.
  • Itulah sederet manfaat jamur merang bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Dari jamur yang sangat kecil, ternyata mengandung manfaat yang luar biasa banyak.


Jamur Maitake 



Jamur maitake (Grifola Frondosa) oleh bangsa Eropa dikenal sebagai hen of the woods atau ayam betina dari kayu. Disebut demikian karena bentuknya hampir mirip seperti jengger ayam. Jamur ini juga dikenal sebutan Raja Jamur, karena beberapa di antaranya ada ada yang berukuran sebesar bola basket.

Jamur maitake hingga saat ini masih tumbuh subur di daerah bagian timur laut Jepang. Namun, karena manfaatnya dinilai luar biasa,  maka kini beberapa negara termasuk di Indonesia sudah mulai membudidayakannya.

Secara harfiah, nama maitake bermakna 'jamur menari' atau dancing mushroom. Nama itu berawal dari cerita kuno, pertama kali jamur maitake ditemukan. Pada saat itu, jamur maitake sangat sulit ditemukan, sehingga berharga sangat mahal, senilai perak murni. Para pemburu jamur yang menemukannya sering kali kegirangan dan menari-nari ketika menemukan jamur maitake.

Penting untuk diketahui kaum hawa, untuk mencegah terkena kanker payudara, konsumsilah 40 gram jamur maitake per hari. Sebab zat yang terkandung dalam jamur ini terbukti mampu menyapu bersih cikal bakal sel kanker dan sel-sel abnormal dalam tubuh. Sekaligus membantu tubuh menciptakan sistem kekebalan dengan baik. 

Setengah cangkir jamur maitake per-hari mampu membersihkan sistem tubuh dan menemukan sel-sel abnormal yang kemudian membuat mereka rusak dengan sendiri. Jamur ini juga dapat memicu tubuh untuk melepaskan sel-sel pembunuh sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 13 orang perempuan penderita keputihan akut menunjukkan bahwa jamur maitake sangat ampuh untuk menekan pertumbuhan jamur penyebab keputihan. Selama enam bulan, para pasien tersebut diharuskan mengonsumsi jamur maitake yang telah diolah menjadi aneka ragam masakan tanpa campuran bahan makanan lain. Hasilnya cukup luar biasa, lebih dari 50% pasien mengaku derita keputihannya berkurang, sisanya mengaku keputihan masih di derita namun rasa gatal yang kerap dirasakan berangsur hilang.

Selain itu, khasiat jamur Maitake sangatlah sederhana. Di dalam tubuh manusia, senyawa aktif Polisakarida Beta 1.6 akan mengaktifkan dan meningkatkan produksi sel-sel pembunuh kuman secara alami melalui sistem kekebalan tubuh. Sel-sel T pembantu (CD4) dan makrofag di dalam tubuh akan menjadi aktif. Penggunaan jamur Maitake ini lebih aman dari pengobatan yang lainnya.

Selain itu, Beta 1.6 Glukon yang dikandung Maitake juga dapat mengobati penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, hepatitis, dan sindroma kelelahan kronis. Selain itu, jamur Maitake mampu menghambat pertumbuhan HIV (Human Immunnodeficiency Virus) dan meningkatkan aktivitas sel T pembantu (CD4). Seperti diketahui, berkurangnya sel-sel CD4 dalam jumlah besar pada orang yang terinfeksi HIV akan mengakibatkan Acquired Immune Deficiency Syndrom (AIDS). Dengan ekstrak Maitake, kematian sel-sel CD4 dapat dicegah bahkan hingga 97 persen.


Jamur Lingzhi/Reishi


Jamur lingzhi (Ganoderma Lucidum) memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan serta berkhasiat sebagai obat yang dapat membantu menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Khasiat dan manfaat jamur lingzhi sudah dikenal di negara Jepang sejak berabad-abad lalu yang lebih dikenal dengan nama Reishi.

Jamur ini tumbuh pada batang kayu, bentuknya seperti kelopak bunga berwarna coklat dengan pinggiran berwarna putih. Banyak manfaat yang dikandung jamur ini antara lain anti-kanker, anti-oksidan, anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur. Selain itu, jamur reishi mengandung asam gandodermic yang membantu mengurangi kolesterol serta menurunkan tekanan darah tinggi. Tambahkan beberapa ons jamu lingzhi/reishi dalam tumisan dan konsumsi setiap hari sebagai 'obat' menurunkan kolesterol.

Khasiat jamur lingzhi yang digunakan sebagai obat herbal untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit terbukti sangat efektif. Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ling zhi secara teratur diantaranya adalah: 
  • Asam urat
  • Diabetes
  • Kanker / tumor
  • Stroke
  • Kolesterol
  • Kelenjar getah bening
  • Asma, Bronchitis, Hepatitis
  • Radang sendi
  • Jantung koroner
  • Maag
  • Darah tinggi
  • Migrain
  • Vertigo
  • Ambeien
  • Alergi
  • Gondok
  • Keputihan
  • Haid tidak lancar,  dan sebagainya.
Kandungan Gizi Dalam Jamur Lingzhi:
  • Karbohidrat: fungsi utamanya adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Selain itu mengatur metabolisme lemak dan membantu pengeluaran feses.
  • Protein: berperan sebagai sumber asam amino dan juga terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi.
  • Lemak.
  • Fosfor: berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Kalium: berperan penting bagi kontraksi otot dan sistem saraf termasuk syaraf otonom (SSO)yang merupakan pengendali detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lainnya.
  • Magnesium: membantu proses pencernaan protein dan memelihara kesehatan otot serta sistem jaringan penghubung.
  • Kalsium: untuk menguatkan tulang dan gigi, selain itu juga menguatkan kekebalan tubuh, menguatkan jantung dan melenturkan otot.
  • Natrium: mempertahankan keseimbangan air, asam dan basa dalam cairan ekstraseluler. Membantu penyerapan karbohidrat serta berperan penting dalam kontraksi otot dan syaraf.
  • Zat besi: fungsi utamanya adalah transportasi dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Niacin: membantu fungsi sistem saraf dalam metabolisma karbohidrat, lemak dan protein dan berperan dalam pengeluaran asid hidroklorik untuk sistem penghadaman.  Selain itu, Niacin menurunkan kadar kolestrol dan memperbaiki peredaran darah.
  • Vitamin B1, B2, B6
Manfaat Jamur Lingzhi Bagi Kesehatan Tubuh:
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Jamur lingzhi mengandung germanium organic. Zat ini dapat menyerap oksigen sehingga pasokan oksigen dalam darah naik 1,5 kali lipat. Dengan meningkatnya oksigen dalam darah menyebabkan tubuh akan menjadi lebih bugar dan menunda penuaan.
  • Meremajakan sel-sel tubuh dan melawan sel-sel  kanker.  Jamur lingzhi sangat mampu menetralisir dan membersihkan racun dalam tubuh yang merupakan sarana berkembangnya sel kanker. Kandungan polisakarida, triterpenoid dan germanium terbukti dapat mencegah kanker (Prof. Feng-Lin Hsu, Ph.D – Taipei Medical University).
  • Manetralisir nikotin dan alcohol.
  • Menambah daya konsentrasi.
  • Menguatkan tulang.

Jamur Chanterelle


Jamur cantik berwarna jingga, terlihat seperti terompet mini Jamur ini kaya akan vitamin C, D dan potasium. Sifat anti-bakterinya mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Jamur ini berbau seperti buah aprikot dan terasa sedikit pedas. 


Jamur Porcini 


Jamur ini mirip jamur portobello namun agak sedikit menggembung di bagian batang. Digunakan sebagai bahan untuk membuat obat anti-inflamasi. Porcini berisi senyawa ergosterol yang mampu melakukan sitotoksisitas menghancurkan sel virus.


Jamur Shimeji 


Hokto white hon shimeji adalah jamur impor jenis hon shimeji yang digemari masyarakat Jepang. Jamur jenis ini juga dikenal dengan sebutan bunapi, nama ini sering muncul di dalam menu masakan Jepang. Jamur shimeji adalah salah satu dari tiga jenis jamur konsumsi yang digemari masyarakat Jepang dan telah menjadi produk ekspor dunia, setelah jamur shitake dan jamur enoki. Jamur shimeji tumbuh liar di guguran pohon fagus yang tumbuh subur di Eropa dan Amerika, yang konon pohon ini hidupnya ratusan tahun. Jamur hon shimeji putih bentuknya sama dengan saudara kembarnya jamur hon shimeji coklat, tangkainya ramping dengan panjang sekitar 10 cm, memiliki topi berdiameter 1 cm, berwarna gading. Jamur shimeji tak berbau, dan tidak dapat dimakan mentah. Jamur shimeji adalah pasangan sayuran yang dimasak bersama ramen Jepang, anda tertarik mencobanya?

Jamur shimeji adalah dapat mengobati penyakit asma dan tumor. Adalah bangsa Jepang-lah yang paling sering mengeksplorasi manfaat daripada jamur-jamur tersebut. Institut kanker nasional Jepang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi jamur shimeji mampu memperlambat dan menghancurkan sel tumor yang tumbuh di tubuh, sekaligus mencegah kanker, karena jamur shimeji memiliki kandungan yang disebut beta-glukan yang merupakan molekul ajaib yang berfungsi memodifikasi dan memberikan respon biologis kepada tubuh untuk mengaktifkan sistem imunitas. Selain itu beta-glukan juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Nah, Rumah Segar Lovers, begitu besar manfaat jamur bagi kesehatan keluarga anda, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengkonsumsinya, dan mulailah membiasakan menu jamur ke dalam variasi makanan anda.


Jamur Enoki


Enokitake adalah jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas.

Di wilayah dunia beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi. Jamur juga diketahui tumbuh di bawah salju. Jamur tumbuh di permukaan batang pohon Celtis sinensis yang sudah melapuk, sehingga disebut Enokitake Jamur juga bisa tumbuh di permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar seperti Bebesaran dan Kesemek. Jamur ini sering dianggap sebagai hama bagi beberapa produk pertanian.

Manfaatnya:

  • Vitamin B1, B2 dan E merupakan khasiat dari jamur enoki yang berfungsi untuk menciptakan sistim imun, membantu mengurangi rasa lelah, memperbaiki sistem metabolisme dan dapat menurunkan berat badan.
  • Selain itu senyawa flammulin di dalamnya berkhasiat mencegah kanker dan tumor. Masih ada khasiat lain yang dimiliki jamur enoki yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyumbatan pembuluh darah, sebagai anti kanker dan membantu penyembuhan kanker prostat
  • Penelitian yang dilakukan oleh Singapore U menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi jamur enoki dapat menghancurkan 95% sel-sel kanker dalam tubuh, dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Professor Phan Hwai Chong dari Yang Ming Research Centre di Taiwan mengatakan bahwa mengkonsumsi jamur jenis ini, yang salah satu unsur terkandung di dalamnya mampu melipatgandakan sel pertahanan tubuh, di mana sel ini membasmi sel-sel kanker tersebut.
  • Para peneliti Amerika pun telah melakukan tes atas efektifitas ekstrak jamur ini di dalam darah dan hasil riset menunjukkan bahwa ekstrak jamur ini mampu membunuh sel-sel kanker.
  • Menurut profesor dari Taiwan, karena sel-sel daya tahan tubuh dapat dilipatgandakan menjadi ribuan bahkan jutaan sel, maka jamur ini juga dapat dimakan langsung. Jamur enoki ini biasaya sering digunakan sebagai makanan dalam masakan rebus (steam boat).
  • Memasak jamur ini harus kurang dari 3 menit atau khasiat yang dimiliki jamur ini akan hilang.

Jamur Truffle


Truffle disebut-sebut merupakan jamur termahal di dunia. Keberadaannya sangat langka, dan akhirnya menjadi buruan banyak orang. Keadaan ini diperparah dengan adanya perubahan iklim yang membuat jamur ini makin sulit didapatkan di wilayah Prancis, Spanyol dan Italia.

Jamur yang tumbuh liar ini memiliki kulit luar yang tebal dan halus teksturnya. namun ada juga yang agak kasar. Aromanya 'earthy', unik dan tajam. Untuk mencari jamur liar berkualitas juga tak mudah. Di Perugia Italia, para pencari truffle harus menjelajahi bukit yang dingin, bahkan membawa serta anjing pelacak untuk mengendus keberadaan truffle yang ada di dalam tanah.

Jamur Truffle, salah satu hidangan yang masuk dalam kategori mewah dan memiliki harga yang lumayan mahal tengah menjadi bintang dikalangan pelaku bisnis kecantikan di Eropa.

Bahan makanan tersebut dipercaya memiliki kemampuan untuk meremajakan kembali kulit wajah dengan menggunakannya secara langsung.

Sejumlah layanan kecantikan menawarkan kepada pelanggannya layanan spesial perawatan wajah dengan menggunakan jamur truffle yang langka.

Bahkan, ada salah satu layanan kecantikan yang menawarkan kepda konsumennya perawatan mewah yang mengkombinasikan jamur Truffle dengan krim muka yang terbuat dari Caviar.

Namun, layanan yang diberikan oleh pelaku bisnis kecantikan di Eropa itu langsung ditentang oleh Dr David Leffell, seorang dokter kulit terkemuka.

Menurutnya, klaim yang menyatakan bahwa kulit dapat menyerap khasiat jamur Truffle adalah omong kosong saja.

Menurut Leffell, mengkonsumsi truffel tentu akan lebih bermafaat karena mendapatkan nutrisi yang baik untuk kulit dan kecantikan.

Manfaat lainnya adalah bahwa perasan air jamur truffle adalah obat terbaik untuk penyakit mata, bila dicampur dengan bubuk itsmid adan digunakan sebagai celak, akan memperkuat kelopak mata, menambah ketajaman mata batin serta menolak berbagai macam mara bahaya.

Ada juga yang berpendapat bahwa air tersebut berkhasiat bila digunakan untuk mendinginkan mata. Air jamur itu sendiri adalah obat, bila digunakan untuk penyakit lain, baru perlu dikombinasikan dengan bahan obat lainnya.


Jamur Matsutake


Matsutake (Tricholoma matsutake) atau jamur pinus adalah nama umum untuk jamur mikoriza langka dari genus Tricholoma familia Tricholomataceae. Jamur ini belum dapat dibudidayakan, dan tumbuh liar di Cina, Jepang, Korea, Finlandia, dan tempat-tempat lain di dunia. Pada musim gugur, matsutake tumbuh di permukaan tanah hutan pinus yang ditumbuhi pinus merah jepang, Tsuga diversifolia, pohon runjung Tsuga, dan Pinus pumila. Kadang-kadang jamur ini juga bisa ditemukan di hutan yang ditumbuhi pinus hitam jepang. Di beberapa tempat, matsutake juga tumbuh semasa musim hujan Asia Timur. Pertumbuhan miselium diketahui sangat lambat. Suhu untuk pertumbuhan miselium sekitar 5-30℃, suhu ideal sekitar 22-25℃, pH tanah ideal 4,5-5,5.

Di Jepang, matsutake adalah bahan makanan mewah yang berharga sangat mahal. Jamur ini memiliki wangi harum yang kuat, dan dimakan setelah dipanggang sedikit di atas api, ditanak bersama beras menjadi nasi matsutake (matsutake gohan), dan sebagai campuran dobinmushi (sup dalam teko).

Selain itu konon kabarnya jamur ini dipercaya sebagai bahan anti aging untuk mencegah penuaan dini.

===============

Ingat!.. Tidak sembarangan jamur bisa dimakan. Jadi, jangan sembarangan makan jamur liar!! ..



Sumber: dari berbagai sumber.



1 comment:

  1. http://goo.gl/l7U4G8
    informasinya keren. Terimakasih :)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *