07 June 2014

Khasiat Es Teh Hijau



Teh hijau sekarang makin banyak digemari oleh masyarakat. Kebiasaan minum teh hijau ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh kita. Tak banyak orang mengetahui ada beberapa manfaat minum teh hijau setiap hari. Selama ini hanya diketahui bahwa teh hijau memang dikenal sebagai minuman yang menyehatkan, melindungi jantung dan sebagai antioksidan.

Teh hijau juga bisa dikonsumsi bersama es. Minuman dingin menyegarkan hampir selalu dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Nyatanya, minuman seperti es teh baik untuk dikonsumsi karena kaya akan antioksidan dan meningkatkan metabolisme.

Ingat! Jangan masukkan gula dan pemanis lainnya karena nilai nutrisinya akan berkurang. Untuk tubuh lebih sehat dan ramping cobalah racik teh berikut ini:

1. Es teh hijau
enurut Dr. John Salerno, MD dari The Salerno Center, teh hijau mengandung EGCG yang memicu metabolisme dan ideal untuk penurunan berat badan. Lebih baik pilih teh organik tanpa tambahan gula atau pemanis buatan untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal.

2. Es Teh Hijau Melati
Pooja Mattl penulis The 3 Day Reset sangat menyarankan untuk mengonsumsi varian teh ini. Walau teh hijau kaya akan kandungan antioksidan, rasanya cukup pahit dan tak banyak orang menyukai. Sebagai alternatif Anda bisa menyiapkan es teh hijau melati dengan aroma lebih harum.

3. Tambahkan Kayu Manis

Tak hanya menjadikan es teh lebih segar dan kaya rasa, kayu manis juga membawa manfaat pada minuman Anda. Dibanding harus menambah gula Dr. Salerno menyarankan menambahkan bubuk kayu manis atau terlebih dahulu merebus teh dengan batang kayu manis yang terbukti bisa menurunkan kadar gula darah.

4. Hati- hati teh kemasan
Karena akhir- akhir ini konsumsi teh meroket, banyak produsen minuman berlomba- lomba menjual teh kemasan. Sayangnya banyak minuman ‘sehat’ tersebut kaya akan gula dan pemanis buatan yang justru menaikkan berat badan.

5. Tambahan Vitamin C
Rasa teh yang cenderung getir sering diseimbangkan dengan tambahan lemon atau jeruk. Buah kaya vitamin C tersebut disarankan karena membantu proses detoksifikasi dan melancarkan pencernaan.


Manfaat lain dari meminum teh hijau adalah:

Mencegah kanker
Mencegah risiko terjadinya penyakit kanker. Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Di mana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara berkala bisa mengurangi risiko kanker payudara, perut, usus, maupun kanker prostat.

Perawatan kulit
Teh ini merupakan antiseptik alami untuk mengatasi gatal dan bengkak-bengkak. Taruh sejumput teh hijau pada kulit yang mengalami radang, terbakar sinar matahari, noda kehitaman maupun di kelopak mata, dan rasakan kesejukannya.

Melindungi kulit
Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari penyebab kanker kulit. Itulah sebabnya mengapa Anda melihat banyak produk-produk kecantikan seperti tabir surya atau pelembab yang terbuat dari teh hijau.

Menstabilkan tekanan darah
50 persen orang yang mengkonsumsi teh hijau, jarang terkena tekanan darah tinggi dibanding mereka yang tidak pernah meminumnya. Ternyata polyphenols-lah yang berjasa sekali lagi. Mereka mampu menjaga pembuluh darah agar tidak mengecil dan peningkatan tekanan. Teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya stroke.

Menjaga daya ingat
Teh hijau ternyata bisa menjaga penurunan fungsi otak. Mereka yang minum dua gelas sehari terhindar dari masalah kognitif dibanding mereka yang jarang meminumnya. Teh ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas yang menyerang otak, penyebab penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Awet Muda
Semakin sehat arteri, semakin terlihat muda dan sehat Anda yang mengkonsumsinya. Setidaknya 10 ons teh hijau yang dikonsumsi setiap hari, bisa mengabsorbsi arteri dari kelebihan lemak dan kolesterol.

Menurunkan berat badan
Minum teh hijau bisa membantu proses pembakaran kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.


Bila dibandingkan dengan jenis minuman lain, teh ternyata lebih banyak manfaatnya. Minuman ini bisa mencegah atau membantu penyembuhan penyakit ringan sejenis influenza hingga yang berat macam kanker. Jenis tehnya juga bisa dipilih menurut selera masing-masing.

Berikut ini adalah 27 macam manfaat teh hijau yang didasarkan pada berbagai hasil penelitian:

1. Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
2. Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
3. Menurunkan kadar kolesterol
4. Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati
5. Menurunkan resiko terkena stroke
6. Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
7. Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
8. Memperbaiki fungsi kognitif
9. Bermanfaat bagi kesehatan gusi
10. Mencegah sesak nafas
11. Mengurangi stress
12. Menghilangkan kelelahan dan keletihan
13. Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker
14. Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor
15. Membantu penyembuhan penyakit kanker
16. Membantu menurunkan berat badan
17. Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
18. Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan
19. Mencegah osteoforosis
20. Mencegah timbulnya alergi
21. Melindungi lever
22. Mencegah hepatitis
23. Membantu menghalangi penyebaran virus HIV
24. Mengurangi bahaya merokok
25. Memperlambat penuaan
26. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
27. Mampu mencegah keracunan makanan

Begitu banyak sekali manfaat dari meminum teh sudah harganya relatif murah, teh juga banyak menfaatnya bagi tubuh kita. Sudah banyak buktinya kenapa kita tidak mencoba.


Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari Teh Hijau, berikut ini adalah cara penyajian teh yang dianjurkan:

• Seduh 1/4 bungkus atau sachet teh hijau dengan air mendidih 200cc (tanpa gula), selama 5 s.d 10 menit. Dikonsumsi minum 2X sehari.

• Untuk menghilangkan pegal dan capek, tambahkan madu dan gula batu/aren secukupnya.

• Untuk mengurangi stroke dan membantu menurunkan kadar gula (Diabetes) - seduh 1/3 sachet teh hijau dengan air mendidih 200cc (tanpa gula) selama 5 sampai 10 menit dan dikonsumsi 2 kali sehari.

• Untuk membersihkan wajah dari jerawat, flek hitam dan alergi/gatal-gatal: ampas teh ditambah beras secukupnya, ditumbuk halus dan digunakan untuk masker/lulur. Dipakai 2x sehari.

• Untuk Asam urat dan Rematik selain dengan cara diminum, dapat dibantu juga dengan cara merendam kaki atau mandi (seduh 1 bungkus teh hijau).

• Untuk masa pertumbuhan bisa ditambah susu secukupnya.


Cara Menyeduh Teh:

Yang juga perlu diperhatikan dalam proses pembuatan teh adalah cara menyeduh teh. Untuk menghindari kesalahan saat menyeduh teh, Anda harus memperhatikan cara menyeduh teh yang benar. Karena cara penyeduhan yang kurang tepat dapat menyebabkan teh tidak memberikan manfaat bagi orang yang meminumnya.

Untuk menyeduh teh, gunakan air mendidih bersuhu 80 derajat celcius, jangan menggunakan air dengan yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat karena dapat membuat kita kehilangan manfaat dari teh.

Selain itu, teh bisa dicampur dengan susu. Teh yang dicampur susu atau sering dikenal teh susu bisa mengurangi efek stimulan dari teh karena kalsium susu akan mengikat zat-zat stimulan pada teh.

Cara lain saat penyajian teh adalah menambahkan lemon yang sering kita kenal dengan sebutan Lemon Tea. Lemon akan memberikan perlindungan bagi pencernaan, karena asam sitrat dalam lemon mencegah timbulnya kerak pada dinding usus.


Batas Ideal Minum Teh Hijau Setiap Hari:

Di dalam kandungan teh hijau juga terdapat senyawa tanin. Tanin ini akan menimbulkan efek samping diuretik (rasa ingin buang air kecil terus-menerus). Jadi, semakin banyak Anda minum teh hijau maka semakin banyak cairan yang dikeluarkan dan Anda akan semakin lemas.

Oleh sebab itu idealnya, minum teh hijau ini adalah sekitar 2-3 gelas saja sehari. Dan, Anda juga tidak boleh menggantikan asupan air putih ini dengan teh hijau.




Sumber: dari berbagai sumber.



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *