27 June 2014

Resep obat tradisional radang tenggorokkan



Akibat suhu dingin dan kelembaban tinggi saat musim hujan membuat aneka mikroorganisme berkembang dengan cepat. Mikroorganisme inilah yang menginfeksi orang di sekitarnya. Bila daya tahan tubuh sedang menurun, bisa dipastikan serangan virus dan bakteri akan menyebabkan sakit. 

Salah satu penyakit yang banyak menyerang saat musim hujan adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan menimbulkan sensasi panas dan kesulitan menelan. 

Berikut ini makanan dan minuman alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat  tradisional untuk meredakan radang tenggorokan:

1. Teh jahe
Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Teh chamomile
Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.

3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam
Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Daun Kemangi
Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

5. Madu dan lemon
Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

6. Menghirup uap panas
Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

7. Konsumsi Sup
Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

8. Minum jus lemon tanpa gula
Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

9. Makan bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.

10. Jus buah belimbing
Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

11. Air garam hangat
Sama halnya dengan sakit gigi air garam hangat juga bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan dengan alami. Caranya sangat mudah sekali, cukup dengan membuat air garam hangat sebagai obat kumur saja. Para ahli kesehatan menganjurkan menggunakan garam dengan takaran ½ sendok makan yang dilarutkan ke dalam air hangat, dan dilakukan 1x dalam satu hari saja. Jika anda mencobanya secara rutin, ini bisa membantu anda sebagai cara mengobati radang tenggorokan. 

12. Air putih
Air putih adalah minuman yang paling umum kita temui setiap harinya. Air putih merupakan obat paling mujarab untuk semua penyakit yang ada dalam tubuh anda. Air putih juga bisa menjadi salah satu obat yang alami untuk meredakan radang tenggorokan anda.

13. Air alang-alang
Tahu kan tumbuhan alang-alang? Anda tak harus mencari sendiri tumbuhan ini, tetapi bisa membelinya di supermarket. Bersihkan batang alang-alang, ambil segenggam kemudian direbus dengan air sepanci penuh dan didihkan sampai tersisa separuhnya. Sisa air rebusan diminum dalam sehari. Ulangi hingga sakit di tenggorokan mereda.

14. Delima
Buah delima dapat membantu melawan infeksi dengan antioksidan, buah ini juga mengandung astringent yang dapat membantu kontraksi jaringan tubuh sehingga dapat membantu redakan pembengkakan pada tenggorokan.

15. Pisang
Saat tenggorokan sedang radang, proses menelan makanan juga akan terganggu. Anda dapat membuat smoothie banana yang dicampur dengan strawberry. Teksturnya yang lembut membuat tubuh semakin berenergi dan makanan mudah untuk dicerna.

16. Kubis
Dikemas dengan vitamin C, sulfur, vitamin K dan zat antioksidan lainnya. Kubis merupakan sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Memiliki sifat anti inflamasi yang kuat sehingga dapat juga redakan sakit kepala.

17. Kayu manis
Herbal yang satu ini memang dapat redakan sakit tenggorokan. Obat tradisional Tiongkok ini telah lama dikenal sebagai obat herbal untuk redakan batuk. Anda dapat mencampurkan kayu manis ke dalam susu atau teh.

18. Cengkeh
Teh yang mengandung cengkeh dapat membantu hindari infeksi pernapasan. Cengkeh juga dapat berkerja sebagai ekspektoran yang dapat  merangsang pengeluaran lendir sehingga mengurangi sesak napas.


Resep tradisional lainnya:

Resep 1
Bahan
Daun sirih 20 lembar
Gula batu lembut 15 sendok makan
Air 2 botol limun
Cara Mengobatinya
Ambil dan cuci daun sirih, rebus dengan 2 botol limun air bersih selama setengah jam, kemudian saring. Tambahkan gula batu dan biarkan sampai mengental.
Minum obat sakit tenggorokan ini sebanyak satu sendok makan setiap 2 jam sekali. 

Resep 2
Bahan
Daun waru lengis muda 1 genggam
Gula batu lembut 6 sendok makan
Air 1 botol limun
Cara Mengobatinya
Remas dan rebus daun waru bersama gula batu, saring. 
Minum tiap 1 jam sekali 1 sendok makan.
Obat radang ini juga bermanfaat untuk mencairkan lendir yang kental di tenggorokan. 

Resep 3
Bahan
Kuning telor ayam kampung
Garam secukupnya
Cara Mengobatinya
Aduk semua bahan.
Minum ramuan segera. Lakukan beberapa kali untuk mempercepat penyembuhan. 

Resep 4
Bahan
Tangkai bunga sirih 10 lembar
Gula batu lembut 3 sendok makan
Tulang daun sirih 5 batang
Air panas 1 gelas
Garam dapur secukupnya
Cara Mengobatinya
Cuci tangkai dan tulang daun sirih sampai bersih. Campur semua bahan, seduh dengan air panas, lalu aduk dan biarkan dingin.
Minum sehari dua kali sekali habis. 

Resep 5
Bahan
Daun sirih 125 g
Air ½ liter
Gula batu 250 g
Cara Mengobatinya
Ambil dan cuci daun sirih, tambahkan gula batu kemudian rebus dengan air bersih setengah liter, aduk sampai rata.
Minum herbal daun sirih sehari tiga kali. 

Resep 6
Bahan
Bunga belimbing wuluh 10 kuncup
Air matang ¼ gelas
Gula batu lembut 1 sendok makan
Daun bayam duri tua 15 lembar
Akar bayam duri 1 batang
Cara Mengobatinya
Tumbuk semua bahan hingga halus, tambahkan air matang dan gula batu. Aduk hingga merata.
Minum ramuan obat radang 2 x 1 hari. 

Resep 7
Bahan
13g bunga kenikir (Tagetes erecta) kering
2 gelas air bersih
Cara Mengobatinya
Rebus kenikir, setelah mendidih biarkan air rebusan tersisa setengahnya. Biarkan sampai dingin sebelum disaring.
Minum sehari dua kali, cukup ½ gelas saja saat minum.

Resep 8
Bahan
Daun pepaya muda 10 gr
Perasan bawang merah 5 gr
Perasan buah pecut kuda 5 gr
Asam lama 5 gr
Perasan buah lobak 5 gr
Air suam-suam kuku
Cara Mengobatinya
Sebelumnya, cuci terlebih dahulu daun pepaya, lalu tambahkan perasan bawang merah, perasan buah lobak, perasan buah pecut kuda, asam lama. Seduh dengan air hangat.
Gunakan ramuan radang tenggorokan ini untuk kumur.

Resep 9
Bahan
25 gr tapak liman kering
3 gelas air bersih
Cara Mengobatinya
Cuci dan rebus tapak lima kering, didihkan, angkat setelah airnya tersisa dua gelas, dinginkan, lalu saring.
Minum ramuan 1 gelas, lakukan sehari dua kali agar radang pada tenggorokan lekas membaik.

Resep 10
Bahan
Lidah buaya (Aloe vera) secukupnya
Madu secukupnya 
Cara Mengobatinya
Kupas daun lidah buaya, potong-potong lalu cuci pada air mengalir sampai tidak berlendir. Blender untuk dijadikan jus lidah buaya, tambahkan madu.
Minum obat radang tenggorokan ini 3 x 1 hari.

Resep 11 (Obat khusus radang dipangkal tenggorokan)
Bahan
Batang beserta cabang tampal besi (Phyllanthus reticulatus) 15g
Air bersih 3 gelas
Cara Mengobatinya
Terlebih dulu cucilah tampal besi sampai benar-benar bersih, didihkan, angkat setelah airnya tersisa satu gelas, dinginkan, lalu saring.
Minum ramuan radang tenggorokan 2 x 1 hari, setiap kali minum sebanyak ½ gelas.

Resep 12
Ambil bunga belimbing wuluh segar.
1 genggam buah adas manis secukupnya.
Air seperempat cangkir.
Gula batu secukupnya.
Cara meramu dan menggunakan dengan cara dipipis kemudian diminum 2 kali pagi dan sore hari unruk setiap kali minum sampai 2 sendok makan.

Resep 13
Ambil 30-60 gram daun bandotan segar, cuci sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus, kemudian diperas, lalu disaring. Tambahkan gula batu dalam air perasan secukupnya, aduk sampai rata. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari.

Catatan: Ibu hamil dilarang meminum ramuan bandotan segar karena bisa menyebabkan keguguran.

Resep 14
Bahan
Jahe 3 gram
Kencur 3 gram
Kayu manis 3 gram
Gula aren secukupnya
Cara mengobatinya 
Jahe dan kencur diparut, sedangkan kayu manis dihancurkan, Selanjutnya direbus menjadi satu dengan volume air 2 gelas dan biarkan hingga airnya berkurang menjadi satu gelas, setelah itu endapkan dan minum pada pagi dan sore.

Resep 15
Rebus 400 cc air hingga mendidih lalu tambahkan 4 batang kayu putih ( 10 cm an ) dan 8 cangkang mahkota dewa. Setelah dingin ambil airnya dalam gelas lalu tambahkan perasan 1/2 jeruk nipis lalu di minum. Lakukan 3 kali sehari

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika terserang radang tenggorokan adalah istirahat yang cukup, banyak minum air putih agar kelembaban tetap terjaga dan hindari rokok. Semoga bermanfaat.

Resep 16 
Bahan
Sambiloto kering 5 gram
Daun sirih 5 lembar
Cara mengobati
Cuci bersih semua bahan, rebus dengan air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas lalu saring.
Aturan pakai
Gunakan airnya untuk berkumur setiap beberapa jam sekali, lalu telan.

Resep 17
Bahan
Satu gelas teh hijau 
3 sendok madu
15 tetes jeruk nipis (Limette)
Caranya semua bahan dicampurkan jadi satu, aduk hingga rata. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari.

Resep 18
Bahan
Ambil 10 tangkai bunga sirih dan tiga sendok makan gula batu serta 5 tulang daun sirih dan garam secukupnya. 
Cara membuat 
Campur segalanya lalu diaduk dan diminum hingga habis setelah didinginkan.



Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada nyi atas bantuannya saya bisa menang togel,
    saya benar2 tidak percaya angka ny kasi dan hampir pinsang karna angka yang di berikan nyi ternyata.
    tembus.
    awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di propensi sumatra dan.
    tidak ada onkos pulang,
    mulanya saya ragu tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin 100lembar dan.
    ALHAMDULILLAH berhasil,
    sekali lagi makasih banyak yaa nyi… dan saya tidak akan lupa bantuan.
    dan budi baik Nyi Reksosaraswati,
    bagi anda yang ingin seperti saya.
    silahkan HBG/SMS 082 322 216 958
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    INGAT…kesempatan tidak akan datang untuk ke 2 kalinya…!

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *