17 June 2014

Resep alami menghilangkan bau mulut



Bau mulut disebut juga Halitosis. Banyak hal yang menyebabkan bau mulut, diantaranya adalah akibat:

1. Merokok
Selain menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, merokok juga penyebab dari bau mulut. Sebaiknya mulai sekarang, berhentilah merokok demi kesehatan badan dan mulut Anda.

2. Gigi Berlubang
Salah satu faktor penyebab utama bau mulut adalah gigi berlubang. Disebabkan karena adanya penumpukan sisa makanan pada sela gigi yang berlubang sehingga mengalami pembusukan dan menimbulkan rasa sakit, bau mulu dan gusi bengkak dan infeksi. [ Obat Sakit Gigi ]

3. Tidak Sarapan Pagi
Coba Anda rasakan jika tidak sarapan pagi biasanya agak siang mulut Anda menjadi bau. Di dalam mulut, ada bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut. Dengan Anda sarapan pagi maka produksi air liur di mulut akan meningkat dan membunuh bakteri penyebab mulut. Selain itu, sarapan dangat baik untuk pencernaan.

4. Penggunaan Behel atau Gigi Palsu
Memasang behel atau gigi palsi juga dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Karena kawat gigi yang digunakan untuk menekan gigi akan menyulitkan Anda untuk membersihkan gigi secara merata.

5. Sariawan
Ketika Anda mengalami sariawan, biasanya terjadi infeksi di mulut dan menyebabkan nanah yang bisa menyebabkan bau mulut. [ Obat Sariawan ]

6. Peradangan pada gusi
Masalah peradangan gusi tidak dapat dianggap sepele. Selain dapat menyebabkan bau mulut, peradangan gusi dapat menyebabkan penyakit jantung. Radang gusi awalnya disebabkan plak bakteri yang menempel pada gigi.


Tapi tenang saja, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menghilangkan bau mulut. Lalu? Bikin aja sendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

Baking soda
Coba intip di dapur, apa ada baking soda di sana? Baking soda adalah cara alami yang bisa mengurangi bau tak sedap pada mulut Anda. Menggosok gigi Anda dengan baking soda dapat membunuh kuman-kuman yang bersarang pada mulut Anda. Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk berkumur. Caranya, campurkan baking soda dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

Air
Wah, dengan cara ini malah lebih mudah. Air sangat penting untuk menyegarkan napas Anda. Usahakan Anda selalu berkumur setelah makan. Hal ini bisa membantu membersihkan mulut Anda dari sisa-sisa makanan.

Minyak pohon teh
Minyak pohon teh bersifat antiseptik yang bisa membunuh para kuman yang bersarang di mulut Anda. Anda bisa memberi beberapa tetes minyak pohon teh pada pasta gigi Anda saat menyikat gigi. Anda bisa menambahkan minyak lemon dan peppermint oil, campuran ketiga bahan ini membuat nafas Anda segar senantiasa.

Adas
Tumbuhan yang satu ini adalah bahan dasar untuk minyak telon. Rasanya sedikit pedas. Adas dipercaya dapat menghilangkan bau mulut. Ambil beberapa sendok teh biji adas, lalu kunyah perlahan. Rasa pedas pada adas bisa membunuh kuman penyebab bau mulut tak sedap.

Seledri
Seledri mengandung banyak klorofil yang bisa mengontrol bau mulut Anda. Ambil segenggam daun seledri lalu rendam dengan cuka. Kunyah daun seledri tersebut dua sampai tiga menit dan rasakan kesegaran pada mulut Anda. Anda juga bisa membuat jus seledri untuk diminum. Selain untuk mencegah bau mulut, jus seledri bisa melancarkan pencernaan Anda.

Teh
Setiap jenis teh, teh hitam atau teh hijau mengandung senyawa yang disebut polifenol. Polifenol dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Pinang
Bahan-bahannya adalah sediakan lima gram pinang muda, 30 gram daun beluntas, lima gram garam serta air secukupnya. Cara membuatnya yaitu pinang muda dan daun beluntas terlebih dahulu dicuci bersih. Lalu semua bahan-bahan tersebut direbus sampai mendidih. Air rebusan dikonsumsi sehari tiga kali.

Daun Sirih
Bahan-bahannya adalah siapkan enam lembar daun sirih dan satu gelas air panas. Cara membuatnya yaitu daun sirih terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Lalu daun sirih tersebut diseduh dengan air panas. Kemudian biarkan sampai airnya dingin. Setelah dingin, air seduhan itu digunakan untuk kumur-kumur. Ulangi hingga beberapa kali dalam sehari.

Bunga
Bahan-bahannya adalah sediakan lima kuntum bunga sirih, tiga kuntum bunga tanjung serta lima biji kapulaga. Cara membuatnya yaitu bahan-bahan yang tersedia dicuci hingga bersih. Kemudian bahan-bahan tersebut ditumbuk sampai halus lalu tambahkan tiga sendok makan air. Setelah itu, diperas. Campurkan air perasan dengan ¼ air matang. Aduk sampai merata, maka ramuan siap diminum.

Cengkih
Bahan-bahannya adalah siapkan lima bunga cengkih serta air mendidih setengah cangkir. Cara membuatnya yaitu bunga cengkih terlebih dahulu dicuci bersih. Lalu bunga cengkih tersebut diseduh dengan air mendidih. Setelah itu, biarkan sampai airnya dingin. Air seduhan dipakai untuk kumur-kumur.

Daun Kunyit
Bahan-bahannya adalah sediakan daun kunyit, daun beluntas serta daun kemangi secukupnya. Cara penggunaannya yaitu sebaiknya sering mengkonsumsi daun kunyit, daun beluntas dan daun kemangi. Caranya yaitu dengan dikonsumsi langsung atau dimakan sebagai lalapan. 

Daun Pegagan
Bahan-bahannya adalah siapkan daun pegagan satu genggam, kapulaga delapan buah serta air mendidih setengah gelas. Cara membuatnya yaitu daun pegagan dan kapulaga terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian daun pegagan dan kapulaga diseduh dengan air mendidih setengah gelas. Setelah itu, biarkan sampai airnya menjadi dingin. Air seduhan disaring lalu diminum setiap pagi hari sebelum makan apa-apa.

Biji Kapulaga
Bahan-bahannya adalah sediakan dua biji kapulaga, satu sendok kecil adas, satu genggam daun beluntas, sedikit garam, satu gelas air. Cara membuatnya yaitu bahan-bahan yang tersedia, kecuali air terlebih dahulu dicuci sampai bersih. Lalu semua bahan tersebut direbus dengan satu gelas air sampai mendidih selama setengah jam dalam wadah tertutup. Setelah itu, angkat, lalu biarkan sampai airnya menjadi hangat. Setelah itu air rebusan tersebut diperas. Air hasil perasan dapat pakai untuk berkumur, sesudah itu sedikit demi sedikit dapat ditelan. Digunakan sehari tiga kali. Ulangi sampai beberapa hari.

Daun Beluntas
Bahannya adalah siapkan beberapa daun beluntas. Cara membuatnya yaitu daun beluntas terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Kemudian daun beluntas tersebut dikukus. Lalu dikonsumsi untuk lalapan.

Kulit Kayu Manis
Menghisap kulit kayu manis-Kulit kayu manis mengandung senyawa yang dapat membantu untuk menghilangkan masalah nafas berbau. Selain itu, ia juga mampu untuk mengurangi bakteri yang menjadi penyebab masalah nafas berbau. Seorang yang mengisap kulit kayu manis setiap hari dapat mengurangi kehadiran bakteri penyebab napas berbau sebesar 50% dibandingkan orang yang tidak menghisapnya.

Yoghurt
Konsumsi lebih kurang 170 gram yoghurt tiap hari bisa bikin napas jadi fresh serta menghindar bau mulut. Dikarenakan yoghurt bisa turunkan kandungan bahan pemicu bau mulut, layaknya hidrogen sufida yang ada didalam mulut.

Madu
Dosis untuk madu adalah 4 tetes untuk sekali minum, sementara dosis minyak jinten 1 sendok makan. Jika hal ini susah diterapkan, maka coba salah satu dahulu, misal: minum madu dahulu dalam beberapa minggu, tetapi dosisnya tidak terlalu banyak, cukup seujung sendok makan. Lakukan minimal 4 kali dalam sehari, terutama sehabis bangun tidur sebelum buang air, pagi, siang dan sore. Usahakan jangan minum madu sebelum tidur, jika dalam satu minggu belum ada perubahan, komsumsilah minyak jinten 2 kali sehari, pagi dan sore dengan dosis sekali minum 1 sendok teh.

Kopi Hitam
Kopi hitam yang baru ditumbuk, dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Caranya, ambil satu kepalan kopi hitam yang baru ditumbuk, kemudian makan. Walaupun rasanya pahit, tapi kopi hitam ampuh untuk mengusir bau mulut.

Susu
Hmm, siapa sih yang gak tahu susu, selain enak susu juga menjadi sumber kalsium. Ternyata selain tinggi kalsium susu juga ampuh untuk mengatasi bau mulut. Caranya campurkan susu kental manis tdi dengan satu gelas air hangat, kemudian diminum.




Sumber: dari berbagai sumber.



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *