14 June 2014

Terapi dan resep herbal untuk mengatasi selulit




Banyak orang mengira selulit adalah suatu penyakit yang harus disembuhkan. Padahal, selulit (kata ini dipopulerkan oleh seorang pemilik spa di Amerika Serikat, 30 tahun yang lalu) tak lain adalah lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit.  Sebagian lemak yang gagal dibuang oleh tubuh ini akan menggumpal dan menimbulkan kesan tidak rata atau bergelombang pada permukaan kulit. Oleh sebab itu segera atasi selulit dengan terapi herbal sebagai berikut:

1. Perawatan Rumput Laut
Masker dan scrub dari rumput laut efektif dalam menangani selulit. Sebagai exfoliant alami, rumput laut dapat merangsang sirkulasi dan menghilangkan toksin yang membantu mengurangi penampakan selulit. Rumput laut bubuk sangat tepat digunakan untuk scrub tubuh.
Untuk membuat campur rumput laut bubuk dengan clay, air jeruk nipis dan madu. Selain itu, scrub dapat pula dibuat dari campuran bubuk rumput laut, garam, minyak zaitun dan essential oil. Bubuhi scrub ke selulit lalu pijat area tersebut. Lakukan sekali sehari sebelum mandi.

2. Masak dengan Pasta Tomat
Pasta tomat memiliki dosis likopen tinggi, lebih banyak dari yang didapat saat makan buah tomat segar. Penelitan menunjukkan antioksidan seperti yang terkandung dalam likopen, dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV dan membantu mencegah kerusakan kolagen. Dengan menjaga kolagen pada kulit, selulit pun jadi terlihat berkurang.

3. Menjaga Hidrasi
Minum air putih 8-10 gelas sehari dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga kelembaban kulit. Makanan dengan kadar air tinggi juga dapat meningkatkan hidrasi kulit.
Buah segar dan sayuran terutama melon, mentimun serta sayuran hijau memiliki kandungan air tinggi dan rendah kolesterol. Konsumsi makanan ini membantu mengontrol berat badan dan penyimpanan lemak.

4. Bersantai dengan Secangkir Teh
Penelitian menyebutkan hormon tertentu terutama insulin dan kortisol yang meningkat saat sedang stres, dapat mengubah fungsi sel lemak. Uniknya  molekul catechin yang terdapat dalam teh hijau dan teh putih dapat menurunkan resistensi insulin sel lemak. Jadi cobalah beristirahat selama lima menit sambil minum secangkir teh.

5. Mulailah Hari dengan Flaxseed
Flaxseed membantu menjaga kadar estrogen dan pertumbuhan kolagen. Kolagen adalah komponen utama dari jaringan ikat dimana jika kulit makin kencang maka penampakan selulit dapat berkurang. Cobalah tiap hari tambahkan dua sendok makan flaxseed pada oatmeal, sereal, yogurt atau flaxseed dapat dimakan begitu saja.


Berikut ini beberapa resep herbal untuk mengatasi masalah selulit:

Resep 1
1 cangkir ampas kopi yang masih baru
1 putih telur
1 sendok makan minyak zaitun
Campurkan bahan-bahan di atas dan gunakan untuk memijat bagian tubuh Anda yang berselulit. Pijat dengan gerakan memutar, kemudian bilas. Ramuan ini juga bisa dioleskan ke selulit, kemudian 'bungkus' bagian tersebut dengan plastik dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan ritual ini 3 kali seminggu.

Resep 2
1/4 cangkir ampas kopi hangat
1 sendok makan minyak zaitun
Campurkan bahan-bahan di atas, kemudian balurkan ke atas loofah atau handuk wash lap sebelum memijat bagian yang berselulit. Lakukan 2 kali seminggu.

Resep 3
Campurkan ampas kopi dengan sabun cair atau body lotion. Balurkan ke tubuh, diamkan beberapa menit, lalu bilas. Lakukan setiap hari.

LULUR KOPI (Coffee) terbuat dari bahan-bahan alami tradisional pilihan.
Bubuk kopi yang digosok-gosokkan akan mengeluarkan minyak, sehingga lulur/scrub kopi dapat menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah. Antioksidan yang terdapat dalam kopi dapat mencegah penuaan dini, mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati. Kulit menjadi cerah, lembab, halus.

Manfaat:
* Menghilangkan lelah pada kulit, memperbaiki sirkulasi O2 dan peredaran darah tepi.
* Badan menjadi segar, kulit kencang, bersih, halus dan berseri-seri.
* Pemakaian secara teratur dapat mencegah keriput, kulit menjadi kencang, harum dan bersih.
* Mandi scrup spa, mandi spa mengangkat dan membersihkan kotoran pada tubuh.
* Memperlancar aliran darah.
* Memberikan nutrisi, melembabkan dan menjadikan kulit menjadi harum alami.

Cara Pemakaian:
* Campur lulur bubuk dengan air hangat/air mawar/madu.
* Tambahkan olive oil bila perlu.
* Oleskan ke kulit tubuh dan diamkan sesaat.
* Urut perlahan dan bilas setelahnya lalu lakukan mandi seperti biasa.
* Lakukan secara teratur dua kali seminggu untuk hasil optimal.

Resep  4
Anda dapat juga menggunakan ramuan herbal yang digunakan oleh salah satu spa ternama. Campurkan 1 cangkir minyak jagung dengan 1/2 cangkir jus jeruk bali dan 2 sendok teh thyme kering. Pijat ke pinggul, paha, dan daerah pantat. Tutup dengan bungkus plastik untuk mengunci panas tubuh. Untuk tambahan hasil, anda dapat memberikan panas tambahan di atas plastik tersebut, seperti membungkusnya dengan handuk hangat.

Resep 5

Minyak zaitun dapat bermanfaat untuk mengilangkan selulit, anda dapat mencobanya dengan menggunakan massage minyak zaitun. Caranya dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada daerah yang terdapat selulit, setelah itu massage dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 10-15 menit setiap hari. Maka dalam beberapa hari anda dapat merasakan kulit menjadi lebih kencang dan selulit menjadi samar.

Resep 6
Lidah buaya dapat bermanfaat untuk mengurangi selulit dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang mengalami selulit sambil dipijat secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal lakukanlah cara tersebut secara rutin dan teratur.

Resep 7

Anda dapat mencoba menggunakan wortel untuk mengurangi selulit. Caranya dengan merebus wortel hingga matang, kemudian haluskan dengan menggunakan plastik dan gosok pada bagian kulit yang terkena selulit sambil dipijat-pijat secara perlahan. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilaslah dengan air bersih.


Berikut adalah makanan yang disarankan saat melakukan diet:

1. Buncis dan kacang polong
Kaya serat dan mengandung beberapa nutrisi. Misalnya, potasium, yang membantu mengatasi masalah kelebihan cairan, protein, dan kalsium.

2. Kacang-kacangan
Misalnya, kacang tanah, kacang mete, almonds, dan kacang Brazil. Tinggi protein, mengandung vitamin E yang dapat membantu memperlancar sirkulasi, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu tubuh membakar lemak.

3. Oat cereal
Kandungan antioksidan dan seratnya baik sebagai pembakar lemak dan membuat Anda berenerji sepanjang hari.

4. Alpukat
Buah ini memang tinggi kalori. Namun, mengandung asam lemak esensial yang baik bagi kesehatan kulit. Juga mengandung vitamin E dan beta sitosterol, serat yang membantu mengatasi masalah kolesterol.

5. Pisang
Mengandung potasium dan vitamin B6, yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kelebihan cairan dalam tubuh.

6. Nanas
Memiliki manfaat antiperadangan dan membantu memperbaiki serat kolagen yang rusak. Selain itu, juga mengandung vitamin C.

7. Pir
Bermanfaat sebagai detoksifikasi, pir mengandung yodium (mineral yang membantu menstimulasi metabolisme yang lambat), serat, dan potasium.

8. Semangka
Mengandung likopen (sejenis antioksidan), potasium, dan serat yang berguna memperlancar pencernaan.

9. Citrus fruits
Misalnya, jeruk manis, jeruk sitrun, atau grapefruit. Sebuah jeruk berukuran sedang memiliki 80 mg vitamin C (dua kali lipat asupan yang disarankan), yang bermanfaat untuk membentuk serat kolagen. Juga mengandung methoxyhted bioflavonoids, yang berguna memperlancar sirkulasi dan memperkuat pembuluh rambut.

10. Asparagus
Memperkuat pembuluh vena dan pembuluh rambut serta membantu mengkontrol tekanan darah. Juga mengandung glutathione, enzim yang bersifat detoksifikasi dan pelawan radikal bebas.

11. Bawang merah dan bawang putih
Bumbu dapur ini mudah disertakan dalam setiap masakan. Kandungannya antara lain sulfur (membantu mengatasi efek buruk paparan radikal bebas), vitamin C dan E.

12. Brokoli
Mengandung alpha lipoic acid (mencegah pengerasan kolagen), selenium (memaksimalkan kerja vitamin C, E, dan beta karoten), dan kalsium.

13. Daging sapi rendah lemak
Tidak selamanya produk hewani harus dijauhi. Pilih yang rendah lemak. Daging sapi mengandung conjugated linoleic acid (CLA). yang berfungsi untuk membakar lemak. Juga zat besi agar Anda tetap berenerji, terutama Selama berolahraga.

14. Daging ayam
Salah satu sumber protein yang terbaik, asal Anda tidak mengkonsumsi kulitnya. Juga mengandung zat besi dan vitamin B kom-pleks.

15. Ikan
Jenis ikan seperti salmon, tuna, atau sardin mengandung asam lemak esensial dan prostaglandin (membantu memperlancar sirkulasi).

16. Telur
Di dalam tubuh, akan membentuk komponen berbasis sulfur yang membantu proses detoksifikasi dan mengurangi jumlah radikal bebas.

17. Semi-skimmed milk dan keju rendah lemak
Kaya kalsium dan CLA yang membantu proses pembakaran lemak dan pembentukan otot.


Dengan melakukan diet sehat, merubah gaya hidup yang diselingi dengan terapi tradisional maka yang anda dapat adalah selulit hilang, berat badan turun, dan kulit kembali elastis. Sehingga saat anda langsing nanti, kulit tidak kering, kusam dan bergelambir.





Sumber: dari berbagai sumber.




0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *