19 June 2014

Tips sehat menonton piala dunia 2014



Ketika acara Piala Dunia 2014 dimulai, dapat dipastikan rata-rata pola hidup para pecinta bola pun ikut berubah. Acara begadang pasti ditambahkan pada jadwal harian mereka.

Piala Dunia 2014 berlangsung hampir sebulan dan tayang di Indonesia antara jam 22.00-03.00 dinihari. Meski menyita waktu tidur, namun acara ini tetap saja menyenangkan.

Menyaksikan pertandingan spektakuler tanpa cemilan, tentu akan terasa hambar. Jadi butuh teman 'pendamping' yang akan menambah asik suasana.


Berikut ini beberapa sajian yang ramah dikonsumsi tengah malam:

Air
Jika haus, tubuh sering meniru rasa lapar. Jadi, sebelum Anda mengambil makanan atau kudapan dari lemari es, minumlah satu atau dua cangkir air putih. Anda bisa menambahkan rasa pada air putih dengan perasan lemon atau jeruk nipis. Tunggu sepuluh menit dan jika perut Anda masih keroncongan, konsumsilah makanan sehat.

Susu
Susu kedelai menjadi pilihan pas untuk jadi pendamping kudapan Anda. Selain rendah kalori dan lemak, susu kedelai juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Kacang-kacangan
Kacang kaya akan serat yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah Anda bangun tidur sebelum fajar dengan perut lapar. Kudapan bergizi ini juga kaya akan antioksidan, membantu mengatur gula darah, dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh.

Popcorn
Popcorn ialah makanan yang mudah dibuat ketika Anda ingin sesuatu yang sedikit asin di malam hari. Popcorn merupakan sumber karbohidrat kompleks, rendah kalori (asal tidak ditambahkan mentega cair), dan rendah lemak sehingga Anda tidak akan terbangun dengan perasaan kembung atau sakit perut.

Sayuran dan buah
Sayuran dan buah kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang dapat digunakan untuk menyembuhkan dan menyehatkan tubuh. Keduanya juga kaya air, sehingga Anda tidak akan merasa dehidrasi saat bangun tidur.

Biji-bijian
Biji-bijian yang sarat dengan karbohidrat membantu meningkatkan kadar tryptophan (asam yang mempromosikan produksi serotonin). Tapi, karbohidrat olahan seperti pasta, keripik, dan roti putih dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang dapat menyebabkan tidur Anda kurang nyenyak.


Tips lainnya tentang begadang (nonton piala dunia) yang sehat:

1. Siapkan Air Putih dan Madu
Stamina ketika begadang tentu saja sangat menguras energi kita, sedangkan cadangan energi dalam tubuh ini semakin menipis. Oleh karenanya Minum Air putih dan madu sangat membantu menjaga stamina saat begadang. Siapkan sebelum acara dimulai. Anda juga bisa menggantinya dengan wedang Jahe agar badan terasa lebih hangat saat melakukan aktifitas malam hari, enak juga koq kalau dicampur dengan madu.

2. Hindari Angin Malam Secara langsung
Angin malam memang memberikan dampak yang kurang baik jika mengenai kita secara langsung,karenanya gunakan jacket atau baju double jika kondisi badan anda kurang fit, jangan memaksakan diri ketika begadang dengan baju tipis, hal ini bisa mengakibatkan kita terserang masuk angin. 

3. Minum telur setengah matang
Capek memang saat kita bangun pagi sehabis begadang. Dan untuk menjaga stamina awal, minum telur setengah matang sangatlah membantu. Agar stamina kita tidak drop saat bangun dipagi hari. Kandungan gizi dalam telur dipercaya sebagai penguat stamina. Telurnya setengah matang? Kenapa? karena dalam kadar setengah matang adalah posisi yang sangat pas untuk keutuhan zat gizi yang terkandung dalam telur, karena banyak sekali gizi dan vitamin yang akan hilang ketika telur yang kita siapkan tersebut terlalu matang. Ini diakibatkan dari proses pemanasan pada telur tersebut. Agar lebih berasa biasanya dicampur dengan bubuk merica plus sedikit garam agar rasanya tidak hambar, gunakan telur ayam kampung agar lebih menyehatkan.

4. Lakukan Relaksasi atau Senam Ringan
Lakukan gerakan senam ringan. Gerakan-gerakan ringan ini tentunya akan memberikan relaksasi tersendiri bagi tubuh kita. Terlalu serius dengan kegiatan Anda saat begadang akan mengakibatkan urat-urat syaraf Anda tegang. Lakukanlah olah raga ringan seperti menggerak-gerakkan kepala, pergelangan tangan atau kaki untuk membuat Anda lebih rilex dan kembali fit sebelum melanjutkan tugas-tugas malam Anda, bikin gerakan senam Otak sebentar saja, setelah fresh lanjutkan lagi kegiatan anda.

5. Hindari minum kopi Ganti dengan point Pertama
Ini Yang Teramat sulit bagi saya pribadi,akan tetapi saya harus katakana pada anda semuanya.Bagi Anda yang memang pecandu kopi sebaiknya kurangi minum kopi saat begadang. Kafein dalam kopi kurang baik dikonsumsi secara berlebihan, namun minuman tersebut terbukti cukup efektif menjaga ritme jantung sepanjang malam. tapi jika dalam dosis berlebih bisa membuat jantung kurang sehat. 

6. Jika anda perokok, jangan lebih dari 3 Batang
Memang sangat asik malam hari saat kita begadang ditemani kopi dan rokok, dokter manapun akan mengatakan bahwa rokok ini bukan kebiasaan yang baik bahkan bisa menimbulkan banyak penyakit ( Lihat diiklan Rokok ). Jangan merokok terlalu banyak. Karena pada saat malam hari udara terasa sangat dingin, hal ini secara rumus fisika membuat apa yang terbentuk dari gas akan turun. Kemungkinan yang terburuk ketika kita menghisap rokok, karena kondisi dingin ini, penyerapan terhadap nikotin dan Tar akan meningkat, karena asap yang anda hisap tadi banyak yang turun atau masuk keparu-paru.

7. Gunakan sebagai penghangat Tubuh anda Minyak kayu putih atau minyak Telon
Ini termasuk dalam ritual begadang saya kawan,kedengarannya memang kayak anak bayi saja,akan tetapi ini sangat membantu menjaga stamina kita saat begadang ini berlangsung. Badan kita terasa hangat juga otak kitapun terkena relaksasi dengan aroma terapi yang ditimbulkan wangi minyak kayu putih dan minyak telon.

8. Sebagai antisipasi Siapkan Obat Anti masuk angin
Sangat saya anjurkan karena pada waktu malam hari banyak took yang tutup dan kagak jualan yang beginian, karena yang punya took sudah pada tidur. Persediaan obat anti masuk angin ini berguna sebagai pertolongan pertama jika memang anda merasa akan = KO dalam perjalanan begadang anda.

9. Di pagi hari Jangan Langsung Mandi Setelah begadang
Badan kita yang kurang istirahat tentunya kondisi internalnya sangat panas, Anda bisa bayangkan jika tubuh sedang panas langsung diguyur dengan Air dingin, bisa dipastikan minimal akan terkena flu. Setelah begadang Usahakanlah tidur sebentar (meskipun hanya 1 jam) sebelum Anda Mandi. Tapi kalau hari itu merupakan hari libur saya sarankan untuk “Bayar Hutang Tidur” anda.


Tapi ingat jangan begadang terlalu sering!

Dokter mana pun tentu tak akan setuju dengan begadang, sebab kebiasaan ini menyebabkan waktu istirahat berkurang. Keesokan harinya tubuh jadi kelelahan dan mengantuk saat di kantor atau sekolah.

Minimal tujuh jam sehari tubuh kita perlu beristirahat, termasuk waktu tidur siang. Kalau masih ngantuk, pertanda waktu tidur kurang. Tidur kurang bisa berarti durasinya kurang, Bisa juga kualitas tidur kurang baik. Sebab bisa saja durasi tidurnya cukup, tetapi terasa kurang karena tidur tidak nyenyak. Karena itu, tidur nyenyak sangatlah penting. Tanda kenyenyakan adalah bisa bermimpi.

Supaya tidak mengantuk keesokan harinya, tentu kita harus pandai-pandai mengalokasikan waktu tidur agar jatah tujuh jam sehari itu terpenuhi.

Tukar saja jam aktivitasnya. Misal kerja dikantor pukul 16.00 sampai 24.00, diteruskan nonton bola sampai subuh. Tidur pukul 06.00-12.00. Ini khusus untuk pengusaha yang bisa mengatur waktu sendiri.

Buat karyawan, kalau nekat ingin nonton tetapi tidak mau mengantuk saat kerja, minimal sempatkan tidur pukul 02.00. "Lumayanlah nonton satu babak, lalu bangun pukul 06.00. Ini cukup buat pemulihan.



Sumber: dari berbagai sumber.



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *