16 June 2014

Makanan ini akan menjaga tubuh tetap ramping



Perlu Anda ketahui bahwa alam memberikan kita banyak sekali manfaat, salah satunya bagi tubuh. Selain obat-obatan yang ternyata banyak terhampar di alam, maka resep manjur untuk tubuh rampingpun telah disediakan oleh alam. Berikut, beberapa diantaranya agar tubuh tetap ramping:

1. Jamur
Jamur mengandung vitamin D dan antioksidan. Mengonsumsi jamur secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi berat badan dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Dalam 100 gr jamur kuping hanya mengandung sekitar 0,9 gr karbohidrat.

2. Lobak
Sayuran berwarna putih dan renyah ini dapat dibuat ampuran sup. Lobak merupakan sayuran yang bermanfaat bagi penderita diabetes, menjaga berat badan dan juga kurangi sembelit atau konstipasi. Jika tak suka aroma lobak, sebelum diolah, remas lobak dengan garam, cuci bersih, tiriskan dan olah menjadi masakan lezat.

3. Paprika
Paprika merupakan sumber vitamin C terbaik dan mengandung senyawa lycopene yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu paprika juga dapat membantu mencegah limbah yang ada dalam darah sehingga dapat meringankan fungsi ginjal.

4. Mentimun
Mentimun merupakan sayuran yang biasa digunakan sebagai lalapan untuk teman makan sambal yang segar dan krenyes. Sayuran menyegarkan ini memiliki kandungan vitamin A, B, C, asam folat serta vitamin D. Semua vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, mengurangi kadar asam urat, mengobati sembelit dan mengurangi berat badan. Karena dalam 100 gr mentimun mengandung karbohidrat sebesar 1,4 gram.

5. Buah zaitun
Buah ini banyak dijual di berbagai pasar modern atau supermarket. Buah zaitun merupakan "superfoods" yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mampu menjaga kesehatan kulit hingga meningkatkan kesehatan jantung. Lima buah zaitun baik yang hijau atau hitam mengandung sekitar 0,1 hingga 0,7 gram karbohidrat.

6. Teh hijau
Beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori lebih besar melalui phytochemical yang disebut catechin.
Tips : minum teh hijau pagi hari, tmbunan lemak semalam akan mudah larut dengan konsumsi the hijau di pagi hari

7. Jeruk Nipis
Jeruk nipis kaya akan vitamin C, potasium, dan asam folat. Dengan rasa asam, jeruk nipis terbukti membantu melarutkan lemak.
Tips :  Minum secara teratur perasan  jeruk nipis yang dicampur dengan air putih, sebelum makan.

8. Nanas
Nanas merupakan salah satu sumber vitamin C, juga sangat membantu mengatasi masalah sembelit dan memperlancar pencernakan.
Tips :  Haluskan dengan blender atau parut satu nanas muda, kemudian peras airnya. Minum air nanas secara rutin, dua kali sehari.

9. Wortel dan Timun
Wortel yang kaya akan betakaroten dipadukan dengan timun yang mempunyai kandungan air melimpah ternyata merupakan resep jitu untuk membantu melangsingkan tubuh.
Tips :  Ambil sari dari perasan timun dan wortel, tambahkan sari jeruk nipis. Minum secara rutin ± 2 kali sehari.

10. Daun  Delima
Buah delima yang mengandung vitamin C, baik untuk membantu metabolism tubuh Anda, sedang bagian daun buah delima ternyata juga berkhasiat untuk membantu membuat tubuh lebih ramping.
Tips:  Tumbuk daun buah delima, campur garam secukupnya dan  air hangat lalu peras, dan saring. Perasan daun delima ini, baik diminum malam menjelang tidur.


Selain hal di atas, ada beberapa hal penting untuk diperhatikan, yaitu hal-hal yang bisa menyebabkan tubuh menjadi gemuk dan Anda harus menghindarinya:

1. Tidak minum cukup air
Sekitar 70 persen dari tubuh kita adalah cairan. Menurut The Institute of Medicine minum air putih minimal delapan gelas sehari dapat membuat kulit tetap lembab dan kencang. Selain membuat kulit sehat, mengonsumsi cukup air juga dapat membantu tubuh menyaring racun melalui ginjal.

2. Makan larut malam
Sebuah studi di Cell Metabolism menemukan bahwa tikus yang makan malam lebih awal dan kemudian berpuasa selama 16 jam memiliki tubuh lebih ramping. Dibandingkan dengan tikus diberi makan lebih malam dengan jumlah kalori yang sama.

Para peneliti berpendapat bahwa semakin lama selang waktu antara makan dan tidur memungkinkan tubuh untuk mengolah makanan lebih efisien. Menurut National Institutes of Health, makan larut malam dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang mengganggu tidur dan timbulkan penumpukan lemak.

3. Makan terlalu banyak natrium
Orang Amerika, rata-rata mengonsumsi sekitar 1.000 mg natrium dalam sehari. Menurut sebuah studi di New England Journal of Medicine, mengurangi kandungan natrium dalam makanan sehari-hari dapat berkontribusi menurunkan sekitar 9 persen resiko penyakit jantung. Untuk menghindari natrium sebaiknya jangan mengonsumsi makanan seperti fast food. Masak dengan menggunakan rempah-rempah yang bervariasi untuk kurangi garam.

4. Makan siang di meja kantor
Saat sedang di kantor sebaiknya jangan makan di meja kerja, hal ini dapat memicu jumlah asupan makan. Menurut penelitian, makan siang tanpa gangguan dapat menghasilkan rasa kenyang sekitar 30 menit setelah makan. Menyantap makanan sambil mengerjakan tugas kantor atau menonton TV dapat mengakibatkan makan dan ngemil lebih banyak.

5. Memasak dengan minyak zaitun
Meskipun minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu melawan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Akan tetapi minyak ini bukan pilihan yang tepat untuk menggoreng karena titik asapnya lebih rendah. Saat dipanaskan senyawa yang ditimbulkan bersifat karsinogenik. Sebaiknya gunakan minyak zaitun tanpa proses pemanasan.

6. Sanitasi dapur
Selain mengonsumsi makanan sehat, sanitasi dalam dapur pun harus diperhatikan. Spons pencuci piring di dapur berpotensi 150 kali lebih banyak mengandung bakteri dan jamur. Untuk menghindari spons dari kuman sebaiknya masukkan spons selama dua menit dalam microwave setiap hari dan menggantinya setiap dua minggu sekali.


Beberapa bahan makanan ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga berat badan secara optimal.

1. Protein
Penelitian terbaru dari Purdue University telah membuktikan bahwa protein dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan. Putih telur dan kacang-kacangan dapat membantu tubuh mengontrol nafsu makan. Anda dapat menjadikan kacang-kacangan seperti chickpeas, kedelai dan kacang merah sebagai camilan yang menyehatkan.

2. Buah dan sayur
Cara ini merupakan salah satu cara mudah untuk menurunkan berat badan. Setidaknya 2-3 porsi buah dan sayur harus ada setiap kali makan. Hal ini dapat membatasi nafsu makan  Buah dan sayur rendah kalori tetapi tinggi serat dan juga vitamin sehingga sangat baik untuk membantu penurunan berat badan.

3. Sup
Sup dengan kaldu jernih plus potongan sayuran dapat membantu penurunan berat badan. Agar kandungan nutrisinya tak cepat hilang, kukus atau tumis sayuran kemudian tambahkan  sedikit kaldu. Mengolah sayuran dengan tambahan bumbu, membantu Anda menikmati sayuran  sekaligus menurunkan berat badan. Hindari makanan tinggi lemak agar berat badan terkontrol.

4. Gandum
Gandum mengandung serat yang terbukti dapat menurunkan berat badan. Roti gandum dengan biji utuh yang kasar dapat dibuat campuran adonan roti. Jenis roti ini dapat menurunkan berat badan karena roti ini dapat dicerna dalam tubuh selama 18 jam sehingga dapat membuat Anda tak mudah lapar.

5. Makanan rendah garam

Mengurangi kadar natrium dan makanan yang tinggi pati memang dapat menurunkan berat badan. Mengkonsumsi banyak garam dapat menyebabkan retensi cairan. Selain itu mengurangi asupan garam dapat membuat Anda tidak makan secara berlebihan.



Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *