09 June 2014

Khasiat air minum lemon bagi tubuh



Lemon adalah salah satu jenis buah sitrus yang tak hanya digunakan sebagai minuman, tetapi juga dalam berbagai masakan. Tak hanya air lemon yang sering dipakai, bahkan kulitnya juga terkadang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan dan masalah kulit.

Lemon sering digunakan untuk campuran minuman, kue atau saus. Rasanya yang asam dan aromanya yang segar banyak disukai orang. Ternyata khasiatnya juga beragam.

Air lemon paling baik dikonsumsi di pagi hari sebelum beraktivitas. Minum air lemon di pagi hari ternyata dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Di pagi hari, perut sering terasa tidak enak. Minumlah segelas air lemon hangat yang  bisa diberi campuran madu. Asam pada lemon bisa membantu pencernaan menjadi lebih baik. Minum air lemon tiap pagi adalah cara alami untuk membersihkan sistem pencernaan, terutama usus dan mencegah sembelit.

Lemon dapat membantu meringankan masalah pencernaan bila dicampur dengan air hangat, termasuk di antaranya mual, mulas dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan). Mengkonsumsi jus lemon hangat secara teratur dapat merangsang saluran pencernaan dan gerak peristaltik dalam dinding usus sehingga membantu mengeluarkan sampah secara lebih efisien, dan menyembuhkan sembelit.

2. Menjaga kekebalan tubuh
Lemon mengandung vitamin C dan asam askorbat yang tinggi. Vitamin C dapat membantu melawan pilek dan mencegah infeksi lainnya. Asam arkobat membantu penyerapan zat besi yang juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. 

Faktor utama yang membuat wabah flu dan batuk tidak pernah absen mampir adalah kondisi Ph tubuh kebanyakan bersifat asam. Hal ini akan menurunkan daya tahan tubuh kita serta membuat bakteri dan virus dapat berkembang biak dengan bebas. Lemon mampu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. 

Apabila flu atau batuk datang menyerang, minumlah lemon yang dicampur dengan raw honey dan air hangat minimal 3-4 kali sehari. Lemon dapat dinikmati ketika perut kita dalam keadaan kosong sekalipun, seperti pada pagi hari atau sebelum makan.

3. Menghilangkan bau mulut
Bau mulut di pagi hari bisa dicegah dengan minum air lemon. Air lemon dapat memerangi bakteri dalam mulut sehingga mengurangi potensi bau mulut. Namun, harus tetap hati-hati karena asam pada lemon dapat mengikis email gigi. Kumurlah  dengan air biasa  dahulu sebelum minum air lemon.

4. Membersihkan racun tubuh
Air lemon adalah diuretik alami yang membantu untuk membuang cairan dan racun dalam tubuh. Asam sitrat dapat membantu memaksimalkan enzim yang bisa merangsang dan memurnikan hati. Membantu membersihkan dan mengeluarkan racun juga zat kimia dalam tubuh.

5. Menambah energi
Kombinasi air dan lemon dapat membantu tubuh menghidrasi dan mengoksidasi darah sehingga membuat Anda merasa lebih berenergi. Anda bisa mengganti kopi, minuman pagi Anda dengan segelas air lemon.

6. Menjaga kulit sehat
Ketika tidur, tubuh kehilangan cairan sehingga membuat kulit tampak kusam. Awalilah hari Anda dengan minum air lemon. Vitamin C pada lemon mengandung antioksidan yang berperan penting menjaga kesehatan kulit.

Lemon sebagai obat antiseptik alami, bisa membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan kulit. 

Mengkonsumsi air lemon secara rutin dapat membuat penampilan wajah anda lebih bercahaya. Lemon juga memproduksi kolagen yang mencegah  penuaan dini, seperti kerutan di kulit, komedo dan jerawat. Jika dioleskan pada daerah bekas luka dapat menyamarkan noda di kulit yang bermasalah.

7. Membantu Penurunan Berat Badan
Beberapa orang meyakini bahwa salah satu manfaat lemon adalah dapat digunakan dalam diet untuk menurunkan berat badan. Ada banyak orang yang rela setiap hari mengkonsumsi jus lemon sebagai bagian dari diet mereka. 

Caranya: Siapkan 1 gelas air hangat kemudian tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam air tersebut. Aduk hingga madu larut sepenuhnya dalam air. Potong lemon menjadi beberapa bagian kemudian peraskan airnya ke dalam gelas yang berisi air madu. Aduk hingga rata. Minum larutan air madu dan lemon tersebut sebelum makan.

8. Perawatan Gigi
Air lemon juga bisa digunakan dalam perawatan gigi. Apabila jus lemon segar diteteskan ke area gigi yang sakit, dapat membantu menyingkirkan rasa sakit. Memeras jus lemon pada gusi dapat menghentikan perdarahan gusi. Cara ini juga mengusir bau mulut dan gangguan lain yang berkaitan dengan gusi.

9. Melawan Kanker
Ini adalah yang terbaru di bidang pengobatan, efektif untuk kanker! Lemon (Citrus) adalah produk ajaib untuk membunuh sel Kanker yang 10,000 kali lebih kuat dari chemotherapy. Mengapa kita tidak tahu tentang ini? Karena ada laboratorium-laboratorium yang lebih tertarik untuk membuat versi sintetik yang menghasilkan keuntungan besar. Rasanya enak dan tidak menimbulkan akibat yang mengerikan seperti chemotherapy. Kita dapat memakan buah ini dengan berbagai cara: kita dapat memakan ampasnya, sebagai juice, sorbets (eskrim), dan lain-lain.

10. Mencegah Dehidrasi
Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, organ tubuh tidak dapat melakukan semua fungsinya dengan optimal sehingga menyebabkan penumpukan racun, stres, sembelit dan masalah kesehatan lainnya. Lemon mengandung mineral dalam jumlah yang banyak dan akan membantu Anda terhindar dari bahaya dehidrasi.

11. Menyembuhkan Infeksi Tenggorokan
Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, berkumurlah dengan menggunakan setengah gelas jus lemon.

12. Tekanan Darah Tinggi
Kandungan kalium di dalam lemon bisa membantu bagi orang yang memiliki gangguan jantung. Diet tinggi kalium juga dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah, pusing, mual, membantu relaksasi tubuh dan pikiran,mengurangi stress dan depresi mental.

13. Bertindak Sebagai Diuretik Alami
Minum jus lemon akan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Sehingga racun-racun dalam tubuh akan sesegera mungkin dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan membuat saluran kemih tetap sehat.


Taruh 2-3 irisan tipis lemon di dalam cangkir yang berisi air minum. Air itu akan menjadi "air alkali". Minum sepanjang hari dengan hanya menambahkan air. Jadikan itu sebagai minuman sehari-hari. Itu baik untuk kesehatan.



Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

  1. Ini artikel yang menarik soal lemon. Setuju sekali kalau lemon itu memiliki banyak manfaat, ada yang bisa turun berat badan sampai 4 kg dalam waktu kurang dari 2 minggu, dengan minum air lemon, silahkan cek melalui http://1minggucantik.blogspot.com/2015/07/testimoni-sari-lemon-murni-aqiilah-fresh.html

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *