22 June 2014

Makanan dan minuman yang cepat menguruskan badan



Program diet atau penurunan berat badan dapat menjadi proses yang sangat panjang dan membutuhkan kesabaran ekstra terutama bagi mereka yang kurang sabar dan kurang disiplin. Namun sayangnya kesabaran, kedisiplinan, dan pengorbananlah yang Anda butuhkan agar program penurunan berat badan Anda dapat berjalan dengan sukses.

Selain olahraga, mengonsumsi makanan sehat dan ramuan minuman alami tertentu juga dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan secara cepat alami. 

Inilah makanan dan minuman alami yang dapat menurunkan berat badan secara efektif:

1. Yogurt
Makanan yang biasanya ditempatkan dalam wadah berbentuk gelas ini mengandung banyak kalsium. Penelitian menunjukkan kalsium bisa membantu menghambat pertambahan berat badan dengan membantu absorpsi lemak pada usus kecil.

2. Telur
Ganti sarapan pagi dengan makanan pembakar lemak, alih-alih pancake lebih baik, ganti dengan telur dua butir. Berdasarkan penelitian, telur mengalahkan karbohidrat dalam hal mengenyangkan dan bisa membuat kita tahan untuk tidak memakan kudapan. Di sinilah terbukti telur mampu membantu menurunkan 65 persen berat tubuh. 

3. Kacang-kacangan
Kacang mungkin banyak mengandung lemak. Namun, kacang seperti pisctachio mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan. Dan seperti kacang lainnya, pistachio memberi tambahan protein dan serat. Semua ini menjelaskan kenapa pistachio mampu membantu orang diet dengan menekan selera makan dan menurunkan berat badan.

4. Jeruk Bali
Dari semua makanan yang dikabarkan bisa memicu penurunan berat badan, jeruk bali adalah yang paling terkenal. Penelitian menunjukkan bahwa buah ini mampu membantu mendapatkan tubuh ramping seperti seorang selebritas. Penelitian lain menunjukkan makan setengah buah ini sebelum makan besar bisa membantu orang yang melakukan diet kehilangan beberapa kilogram berat tubuhnya

5. Alpukat
Buah hijau yang diyakini buah para dewa di surga ini dengan rasanya yang manis bisa membantu mengecilkan pinggul. Ini benar! Para ilmuwan menduga lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat bisa meningkatkan hormon penunda lapar yang disebut Leptin. Hormon ini bisa membuat otak Anda berpikir kalau tubuh sudah kenyang sehingga Anda berhenti makan.

6. Jamur
Jika Anda ingin mencoba trik menurunkan kalori yang mudah dan lezat, ganti daging dengan jamur untuk setiap resep masakan Anda. Secara otomatis, Anda akan memotong 420 kalori dari makanan Anda, sebagian karena Anda mengurangi lemak jenuh yang terdapat pada daging. Dan penelitian menunjukkan jamur sama nikmatnya dan mengenyangkan seperti daging.

7. Minyak Zaitun
Minyak yang kaya rasa ini bisa ditemukan pada salad dan marinade, mengandung lemak tunggal tak jenung yang disebut Asam Oleik. Asam ini memicu proses rumit di dalam usus yang secara langsung memerintahkan otak berpikir Anda kenyang dan membuat Anda berhenti makan. Minyak Zaitun juga berperan dalam diet gaya Meditteranian yang menyehatkan jantung.

8. Biji-bijian utuh atau Oat
Siap menukar perut buncit Anda dengan perut ramping? Maka gantilah sarapan Anda dengan bahan yang berasal dari biji-bijian utuh atau oat. Penelitian menunjukkan bahwa bahan makanan ini membantu mengecilkan bagian perut. Hasil penelitian juga menunjukkan 3.000 pria dan wanita yang beralih ke biji-bijian utuh bisa mendapatkan perut yang rata. Contoh makanan yang masuk kategori ini adalah beras merah, quinoa, sereal gandum, roti gandum, dan pasta. 

9. Cabai merah
Bagi orang Asia, cabai bisa memicu nafsu makan. Tapi, bagi orang Barat, menambahkan sedikit rasa pedas pada makanan bisa menjadi cara efektif untuk menurunkan berat badan. Sepiring cabai cayyene atau jalapeno atau cabai merah mengandung Capsaicin, pemicu rasa pedas pada cabai, yang menurut para ilmuwan bisa menurunkan selera makan dan mengurangi jumlah makanan di kemudian harinya. Komponen yang sama pada cabai juga bisa menghilangkan cadangan lemak.

10. Buncis
Buncis adalah sumber protein yang kaya akan flavanoid. Dalam penelitian selama 14 tahun, antioksidan spesial ini menunjukkan bisa membantu menurunkan akumulasi lemak berlebih pada perut. Kecilkan perut dan tubuh Anda dengan makanan ini.

11. Nasi dengan sayuran
Menambahkan sayuran berserat tinggi, seperti brokoli dan wortel pada nasi, akan membantu menurunkan jumlah kalori. Tapi, bukan hanya itu, menambahkan sayuran pada nasi pada saat makan siang mampu memperlambat perut menjadi kosong. Hasil akhirnya? Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dalam penelitian, orang akan mengurangi jumlah makan malam kalau mereka menambahkan sayuran pada makan siang mereka.

12. Kayu manis dan madu
Tambahkan satu sendok madu dan setengah sendok kayu manis ke dalam segelas air. Jangan memakai air panas atau air hangat karena dapat menghilangkan nutrisi dari kedua bahan tersebut. Minuman ini mampu mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh Anda.

13. Madu dan jeruk nipis
Ambil segelas air dan kemudian tambahkan satu sendok makan penuh madu serta air perasan jeruk nipis. Kedua bahan ini terkenal dapat mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh.

14. Air putih
Air putih adalah minuman terbaik untuk mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan penurunan berat badan. Hindari menambahkan perasa ke dalam air putih sebab tindakan ini akan menambahkan kalori ke dalam air putih.

15. Kopi hitam
Kopi hitam tanpa susu dan gula ampuh untuk menurunkan berat badan karena dapat mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh. Kopi hitam adalah sumber potensial energi dan thermogenesis yang merupakan stimulan untuk metabolisme.

16. Jus sayuran
Jus yang terbuat dari sayuran segar mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Jus sayur memberikan stimulan pada tubuh untuk menurunkan berat badan namun tetap memenuhi kebutuhan nutrisi penting dan serat untuk tubuh.

17. Teh hijau
Teh hijau dapat dipilih sebagai salah satu minuman untuk menurunkan berat badan sebab teh hijau mampu merangsang metabolisme namun tidak menambah kalori di dalam tubuh. Zat anti oksidan yang terkandung di dalam teh hijau inilah yang merupakan stimulan penurun berat badan.

18. Minuman raspberry
Raspberry adalah salah satu jenis buah beri yang merupakan sumber anti oksidan yang baik namun juga dapat menurunkan berat badan Anda. Untuk membuat minuman ini, Anda dapat mencampur 3 cangkir raspberry, 40-45 ml santan, 2 sendok makan madu, 1/4 sendok teh kayu manis, serta air secukupnya dan kemudian haluskan dengan menggunakan blender.

19. Jus pisang dan kurma
Campur pisang, kurma, susu, dan sedikit kayu manis di dalam blender. Semua bahan-bahan ini mampu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh dan melawan rasa lapar.

20. Jus kacang almond dan apel
Menunda rasa lapar dan mempercepat proses metabolisme dalam tubuh adalah manfaat dari minuman ini. Untuk membuah minuman ini yang Anda butuhkan adalah 5 buah kacang almond, 1 buah apel, 1 buah pisang, setengah cangkir susu rendah lemak, 3/4 cangkir yogurt, dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis. Campur semua bahan ke dalam blender. Minuman ini dapat Anda jadikan sebagai menu sarapan sehat Anda.

21. Jahe dan jeruk nipis
Tambahkan jahe dan irisan jeruk nipis ke dalam segelas air. Minuman ini mampu mempercepat proses pembakaran lemak dan menginduksi metabolisme.

22. Smoothie buah
Smoothie yang terbuat dari buah-buahan mampu menurunkan berat badan Anda jika Anda membuatnya dengan bahan-bahan yang tepat. Sebagai contoh, Anda dapat mencampur setengah cangkir melon, mangga, nanas, dan air secukupnya untuk membuat smoothie buah ini.

23. Teh dandelion
Teh dandelion terbuat dari akar tanaman yang dikenal sebagai stimulan yang kuat untuk menurunkan berat badan.

24. Jus nanas
Bromelain adalah salah satu nutrisi yang terkandung di dalam buah nanas yang baik untuk menurunkan berat badan. Jadi campur 1 1/2 cangkir nanas segar, 1 buah pisang, 1 sendok teh jahe bubuk, 1/2 cangkir yogurt, dan air secukupnya untuk membuat jus nanas yang lezat.

25. Jus apel
Campur 5 buah apel, 2 buah jeruk, dan 2 batang seledri. Campur semuanya sebagai bahan untuk membuat jus apel. Minuman ini tidak hanya dapat mempercepat proses metabolisme namun juga dapat melawan kanker, menyehatkan jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

26. Jus apel dan stroberi
Jus yang terbuat dari campuran 2 buah ini mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda. Jadi campur 2 buah apel, 2 cangkir stroberi, dan air jeruk nipis yang diambil dari setengah buah jeruk nipis. 

27. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah
Solusi jika ingin langsing dalam waktu cepat adalah mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi karena sulit dicerna, tubuh jadi menggunakan banyak energi yang berguna mengurangi kalori. Nasi merah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks yang kaya serat.


Tips lainnya:

1. Tingkatkan Waktu Olahraga
Cara ini sudah terbukti bisa menurunkan berat badan. Anda bisa memulai dengan olahraga kecil seperti jalan ditempat dan lainnya. Agar lebih efektif anda bisa membuat jadwal rutin berolah raga. Anda juga bisa datang ke gym dan mencoba menggunakan elliptical trainer selama 40 menit dalam 5 hari, ini akan membatu anda untuk menurunkan berat badan, dan tentunya badan anda akan terasa lebih bugar.

2. Hindari Minuman Bersoda
Bila anda sudah terbiasa meminum minuman bersoda maka mulai saat ini kurangi atau tinggalkan minuman tersebut. Karena didalam sebotol kecil minuman berseoda tersebut terdapat 250 kalori yang berasal dari gula. Bagi wanita yang sering mengkonsumsi minuman bersoda akan lebih besar kemungkinannya terserang obesitas. Bahkan bukan hanya obesitas, namun juga diabetes dan osteoporosis.

3. Lupakan Junk Food
Tahukah anda kalau makanan cepat saji sarat akan kalori. Dan kalori dalam makanan cepat saji tersebut kebanyakan berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji terutama yang jenis junk food mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Maka kurangi konsumsi makanan cepat saji, jika dipikir mungkin anda bisa memasak sendiri, dengan begitu tubuh anda akan selalu bergerak, tentunya ini bisa mengurangi berat badan juga meskipun tidak seberapa.

4. Kurangi Porsi Makan
Bila anda sudah terbiasa makan berlebih, mulai sekarang kurangilah porsi makan anda. Tentu ini membutuhkan kesabaran, namun dengan cara ini anda bisa menurunkan berat badan.

5. Makanlah Lebih Sering Dalam Porsi Kecil
Makan lebih sering dalam porsi kecil ini bertujuan untuk mengurangi rasa lapar anda, sehingga bisa mencegah rasa lapar dan hasrat ingin makan yang berlebihan.

6. Minumlah Sebelum Makan
Tahukah anda ternyata minum air putih 5-10 menit sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar anda. Jadi 5-10 menit sebelum makan pastikan anda minum air putih terlebih dulu, ini bisa mengurasi porsi makan anda, karena anda sudah merasa sedikit kenyang.

7. Cari Aplikasi yang Membantu Program Diet
Nah untuk cara menurunkan berat badan secara alami yang satu ini terbilang unik dan modern. Yakni dengan aplikasi program diet. Sekarang sudah banyak sekali aplikasi untuk membantu memudahkan program diet. Anda bisa mencarinya di Google atau tempat aplikasi sesuai gadget anda, semisal kalau android bisa mengunjungi Android Market.

8. Hindari Makanan yang Digoreng
Konsumsilah makanan yang direbus, panggang, pepes, kukus atau sup. Dan kurangi makanan yang digoreng. Ini dikarenakan makanan yang digoreng sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh.




Sumber: dari berbagai sumber.




2 comments:

  1. mantaapp nih tipsnya. makasih gan.
    apakah anda semua sudah tahu tentang minuman berenergi yang aman dan tidak berbahay? beneran ada lho, minuman berenergi yang mengandung gula alami dan mengandung cafein kecil dan lebih besar dari kandungan cafein dalam secangkir kopi.
    jika ingin tahu minuman berenergi aman tidak berbaha tersebut, silakan simak info lengkapnya DISINI>> minuman berenergi aman tidak berbahaya

    ReplyDelete
  2. Program dietnya mantap banget nih sis 😃
    Bisa dicoba ya berbagai minuman untuk diet tsb
    www.jual.produkkecantikanaman.com

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *