30 June 2014

Cara alami obati bekas gigitan nyamuk



Gigitan nyamuk bisa menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu. Selain gigitannya sakit, bisa membuat kulit kita jadi gatal dan merah-merah. Bahkan beberapa di antaranya sampai menimbulkan luka.

Umumnya, bila kita digigit nyamuk, maka reaksi pertama kita adalah menggaruknya atau mencari minyak kayu putih untuk meredakan rasa gatal di bekas gigitan nyamuk. Nah, ada beberapa cara alternatif yang bisa meredakan gigitan nyamuk dan membuatnya tidak menyisakan bekas merah di kulit.

Kulit Pisang
Banyak orang yang tak mengetahui bahwa senyawa pada bagian dalam kulit pisang bisa membantu menghilangkan racun dalam bekas gigitan dan menenangkan kulit. Hal ini lebih baik daripada Anda harus menggaruknya dan menyisakan bekas merah di kulit.

Cuka Apel
Cuka apel kabarnya mampu meredakan rasa gatal pada bekas gigitan nyamuk. Oleskan cuka apel pada bekas gigitan nyamuk, atau rendam bekas gigitan nyamuk dalam air yang diberi beberapa sendok makan cuka apel.

Lemon
Buah lemon memiliki kandungan yang mampu mengusir kuman dan racun bekas gigitan nyamuk. Perasan lemon atau parutan kulit lemon bisa membantu mengatasi bekas gigitan nyamuk agar tidak semakin infeksi.

Baking Soda
Campurkan baking soda dengan air, lalu rendam atau basuhkan bekas gigitan nyamuk di dalamnya selama beberapa saat. Teknik ini bisa membantu mengurangi gatal dan nyeri bekas digigit nyamuk.

Lidah Buaya
LIdah buaya memiliki manfaat untuk menenangkan kulit dan menjaganya tetap sejuk. Gunakan lidah buaya untuk mengurangi peradangan, gatal dan kemerahan pada kulit. Selain itu kulit jadi terasa lebih sejuk dan nyaman.

Kantung Teh
Kantung teh basah yang sudah digunakan bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi gatal dan mengeluarkan racun akibat gigitan nyamuk. Kompreskan pada bagian yang diinginkan agar meredakan panas dan gatal di kulit.

Minyak Vitamin E
Bintik hitam akibat bekas gigitan nyamuk dapat diatasi dengan memanfaatkan minyak vitamin E dari kapsul vitamin E yang telah dibuang kulit luarnya kemudian ditambahkan beberapa tetes minyak kelapa. Oleskan secara rutin ramuan ini setiap malam untukmendapatkan hasil yang lebih cepat.

Madu
Madu merupakan obat alami yang multi khasiat, selain dapat mengobati penyakit pada bagian dalam tubuh kita juga dapat dimanfaatkan sebagai obat luar. Beberapa pemanfaatan madu dalam dunia kecantikan seperti untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat, memutihkan kulit secara alami dan lain sebagainya. Khusus untuk masalah noda hitam dan bentol akibat gigitan nyamuk ini cukup dengan mengoleskan sedikit madu pada kulit yang terkena dampak.

Bengkoang
Bengkoang yang biasa ditemukan sebagai salah satu kandungan cream pemutih wajah, bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan segala jenis noda pada kulit termasuk dalam hal ini noda hitam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Cukup menghaluskan bengkoang ini sebelum dioleskan pada kulit. Gigitan nyamuk selain dapat menyebabkan penyakit demam berdarah dan beberapa jenis penyakit lainnya, juga bisa meninggalkan noda hitam yang dapat merusak kecantikan kulit kita.

Minyak Lavender
Minyak lavender tak hanya untuk relaksasi. Oleskan minyak lavender ke bekas hitam gigitan nyamuk dan biarkan hingga 15 – 20 menit lalu bilas air. Lakukan 2 – 3 kali per hari sesuai keperluan.

Shea Butter
Shea butter adalah cairan dari buah Shea dari Afrika—namun tenang saja, shea butter telah cukup banyak beredar di Indonesia baik dalam campuran produk-produk kecantikan atau bentuk murni. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa shea butter dapat mengurangi 30% melanin pada kulit yang mengalami bintik hitam. Banyak testimoni menyatakan keberhasilan shea butter menyamarkan sampai melenyapkan bintik hitam kulit baik disebabkan oleh gigitan nyamuk, luka, atau bekas cacar/chicken pox.

Jus kentang
Kentang memiliki efek pemutih alami. Buatlah jus kentang lalu usapkan pada bekas gigitan nyamuk, biarkan selama mungkin di kulit.

Teh hijau
Teh hijau dipercaya memiliki efek dapat menghilangkan noda-noda hitam di kulit. Walau belum ada penelitian yang membuktikan, tak ada salahnya dicoba. Seduh teh hijau dengan air hangat, biarkan 5-10 menit hingga polifenolnya benar-benar larut, kemudian usapkan ke bintik hitam kulit. Tapi perlu dicatat, gunakan teh hijau seduh yang asli yang TIDAK menggunakan gula dan pengawet, karena keduanya dapat mengurangi khasiat dari teh hijau.

Lobak
Potong-potong lobak sekecil mungkin, lalu rendam dalam susu selama setengah jam. Lobak yang telah direndam lalu diusapkan ke bekas hitam gigitan nyamuk kulit.

Kulit Semangka
Setelah makan semangka, sisa berupa lapisan luarnya yang keras diusapkan ke bekas hitam gigitan nyamuk, lalu bilas dengan air dingin.

Basil
Daun beraroma alami ini mengandung kapur barus dan timol, dua senyawa yang dapat mengurangi rasa gatal. Anda bisa menghancurkan beberapa helai daun dan mengoleskannya pada gigitan atau membeli minyak esensialnya. 

Peppermint
Mungkin Anda pernah mendengar bahwa seoles pasta gigi dapat meringankan gatal, tapi mungkin itu berkat aroma mint-nya yang bekerja. 

Susu dan Air
Sebagai kompres untuk menenangkan kulit, direkomendasikan untuk mencampurkan susu dan air ke dalam saputangan dan mengoleskannya pada kulit. "Cara ini sangat menenangkan dan membantu mengurangi gatal, pembengkakan dan peradangan. Bahkan ini merupakan teknik yang hebat untuk menghilangkan nyeri akibat sengatan matahari. 

Minyak Esensial
Minyak pohon teh bersifat antiinflamasi maka minyak ini dapat memerangi gatal, bengkak dan nyeri. Bahkan tampaknya minyak ini juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mencegah infeksi pada bekas gigitan. 

Es
Terapi dingin yang mengejutkan akan meredakan gatal-gatal dan mencegah pembengkakan. Sebenarnya es mematikan saraf yang menyebabkan gatal dan nyeri sehingga Anda takkan merasakannya lagi.




Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

  1. informasi yang sangat bermanfaatnih smoga bisa kehindari dari gigitan nyamuk..

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *