25 July 2014

Tanaman Herbal Daun Dewa



Daun dewa tergolong tumbuhan semak yang subur pada ketinggian 0-1.000 meter di atas permukaan laut. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 50 cm. Daunnya tunggal bertangkai pendek berbentuk bundar telur berujung lancip. Kedua permukaan daunnya berambut dengan warna putih. Warna permukaan daun di bagian atas hijau tua, sedangkan di bawahnya berwarna hijau muda. Bunganya terletak di bagian ujung batang, berwarna kuning berbentuk bonggol. Efek farmakologis daun dewa adalah antikoagulan (koagulan = zat yang mempermudah dan mempercepat pembekuan darah), mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan perdarahan, menghilangkan panas, dan membersihkan racun. Daun dewa mengandung zat saponin, minyak atsiri, flavonoid, dan tanin. Efek farmakologis didapatkan dari seluruh tanaman. daun dewa juga bisa mengatasi kejang pada anak dan beberapa jenis pendarahan. Untuk mengatasi luka terpukul, tak datang haid, pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk, dan muntah darah seluruh tanaman daun dewa ditumbuk, atau direbus, lalu airnya diminum. Bila anak-anak mengalami kejang beri minum air dari satu batang daun dewa. Bagian daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kutil dan tumor. Untuk kutil haluskan daun dan ditempelkan pada bagian yang sakit dan biarkan hingga keesokkan harinya. Untuk mengatasi tumor, silakan makan daun dewa sebagai lalap. Untuk kanker buatlah ramuan dari 30 gram daun dewa segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang yang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya diminum.

Tanaman daun dewa memiliki kandungan beragam unsur kimia, diantaranya saponin, flavonoid, minyak atsiri, serta antikoagulan. Tidak heran bila ia mempunyai segudang manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut: 

Untuk menghilangkan bisa ular atau binatang lainnya
Bersihkan beberapa bonnggol umbi daun dewa, kemudian tumbuk dengan halus, lalu tempelkan pada bekas gigitan binatang tersebut.

Untuk menghilangkan kutil
Haluskan kuang lebih 5 lembar daun dewa, lalu tempelkan pada bagian kulit yang berkutil.
Diamkan selama satu malam, lalu lepas ramuan tersebut pad esok harinya.

Untuk pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk, dan muntah darah
Siapkan satu batang lengkap daun dewa, lalu rebus dengan air sampain mendidih.
Setelah dingin, minumlah ramuan tersebut dengan cara teratur.

Mengatasi tidak datangnya haid
Bagi para wanita yang mengalami tidak datang haid atau terlambat haid bisa mengobatinya dengan daun dewa. Caranya, 15-30 gram herba daun dewa direbus atau ditumbuk, diambil airnya, campur dengan arak yang sudah dipanaskan, lalu minum.

Kejang pada anak
Bagi para orang tua, jika anak Anda mengalami kejang, segera ambil 1 batang daun dewa, lalu ditumbuk dan ambil airnya, dicampur arak, minumkan pada anak.

Luka terpukul, masuk angin
Ambil 6-9 gram umbi segar ditambah arak kuning (wong ciu) secukupnya, kemudian dipanaskan, minum.

Untuk menurunkan darah tinggi
Daun dewa dapat kita gunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, caranya mmbil 7 lembar daun dewa yang lebar dan siap panen. Kemudian rebus daun dewa dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Setelah itu minum 2 kali sehari setelah makan. Hasilnya akan lebih baik lagi jika daun dewa dijadikan lalapan.

Untuk menghilangkan flek hitam pada wajah
Flek hitam ternyata dapat dihilangkan dengan menggunakan daun dewa, caranya ambil daun dewa yang terdapat getahnya kemudian oleskan pada bagian kulit flek hitam.

Obat Rematik
Ambillah 30 gram daun tanaman daun dewa segar, bersihkan bersih lantas rebus. lumatkan serta peras dengan diberi sedikit air. minum saban hari. atau, siapkan 30 gram daun tanaman daun dewa segar, 10 gram jahe merah, serta 30 gram akar sawi langit. masukkan ke didalam 600 cc air, lantas rebus sampai air tersisa 300 cc. saring dengan kain bersih, minum.

Obat Kencing manis
Ambillah 5 helai daun tanaman daun dewa segar, seduh dengan 110 cc air. minum sekali 1 hari sejumlah 100 cc.

Obat sakit Jantung
Ambillah 10 gram umbi daun dewa segar, tumbuk halus, lantas imbuhkan air 1/2 gelas. saring ampas, lantas minum tiap-tiap sore.

Obat Luka teriris
Tumbuk umbi daun dewa, makin sedikit gula merah sampai jadi adonan layaknya salep. oleskan ke bagian luka bakar atau luka teriris, lantas balut.

Obat Luka bakar
Ambil umbi daun dewa, cuci bersih, lalu digilas (di pipis) halus. Tambah sedikit gula merah sehingga menjadi adonan semacam salep. Ramuan kemudian dibalurkan ke bagian tubuh yang sakit, dan dibalut.

Obat kanker
Buatlah ramuan dari 30 gram daun dewa segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang yang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya diminum.

Obat Ganglion
Makan daun dewa segar sebanyak 7 lembar setiap hari.

Obat Demam berdarah
30 gr daun dewa direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum airnya selagi hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Obat Jantung koroner (penyempitan pada pembuluh nadi koroner yang memasok darah ke jantung)
30 gr daun dewa segar direbus dengnan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Minum airnya selagi hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari. 

Obat Kelainan pada pembuluh darah jantung
Ambil 30 gr daun dewa segar ,rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Minum airnya selagi hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari. Umbi daun dewa (thien chi) yang telah dikeringkan secukupnya dijadikan bubuk. Ambil 10 gr bubuk, seduh dengan air panas secukupnya, aduk dan minum selagi hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari . 

Obat Keseleo
30 gr daun dewa segar, 25 gr temu hitam, dan 25 gr temu lawak direbus denga 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum airnya selagi hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari. 

Obat Tumor
30 gr daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum airnya selagi hangat. Lakukan secara tertaur 2 kali sehari. Setelah dilakukan selama 1 kiur (10 - 12 hari), pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu ,pengobatan dapat dilanjutkan kembali. 

Obat Wasir atau Ambeien
90 gram daun lidah buaya (dikupas kulitnya dan dipotong-potong), 15 gram daun dewa, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum, daging daun lidah buayanya dimakan. atau apabila sudah parah, lakukan terapi berikut, ambil 2-3 lembar daun dewa , remas agar keluar getahnya, dan masukkan ke anus

Obat Stroke
Siapkan 30 gram umbi daun dewa, bersihkan bersih, lantas keringanginkan. tumbuk sampai halus. ambillah 1 sendok teh bubuk umbi daun dewa, lantas campur dengan 5 butir biji ginko. seduhlah didalam segelas air, imbuhkan sedikit madu. silahkan diminum. atau, ambillah 1 sendok makan bubuk umbi dewa, campur dengan 10 butir biji ginko kering yang sudah ditumbuk, lalu masukkan ke didalam kapsul. kapsul lalu siap diminum. kerjakan teratur sepanjang 1-2 bln.

Atau:

60 gr daun dewa segar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Minum airnya selagi hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari. Setelah dilakukan selama 1 kiur (10 - 12 hari), pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu ,pengobatan dapat dilanjutkan kembali. 




Sumber: dari berbagai sumber.




0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *