15 July 2014

Manfaat dan khasiat kulit duren



Banyak di antara kita yang mengira bagian durian yang penting hanya daging buah dan biji. Padahal hampir semua bagian dari tanaman durian memiliki manfaat, termasuk kulit buah durian (duren) sekalipun. Informasi yang kuran membuat limbah ini lebih banyak diabaikan, dibuang begitu saja atau dikeringkan agar bisa jadi bahan bakar pengganti kayu. Manfaat kulit durian sebenarnya lebih dari itu. Berikut kami rangkum untuk Anda.

Sebagai Obat Sakit Perut
Perut yang sakit bisa diatasi dengan kulit durian. Caranya mudah, cukup dengan membersihkan kulit durian yang telah disiapkan. Kemudian kulit tersebut dilumatkan, bisa dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya, lumatan kulit durian kemudian dibalurkan pada perut yang sakit. Diamkan sampai sakit berkurang atau hilang sama sekali. 

Mengatasi Bisul
Manfaat kulit durian yang satu ini sudah banyak diketahui orang. Jika Anda terkena bisul, jangan buru-buru pakai obat kimia. Cukup ambil kulit durian kemudian bakar sampai berubah jadi arang. Kemudian haluskan arang tersebut sampai menjadi bubuk. Bubuk kulit durian ini ditambahkan dengan air cukup dan dibalurkan pada bisul sampai sembuh.

Mengatasi Sembelit
Caranya sama seperti mengobati sakit perut dengan cara kulit durian dilumatkan terlebih dahulu, bisa dengan cara ditumbuk atau diblender. 

Menghilangkan Aroma Tak Sedap
Tahukah Anda bahwa kulit durian bisa mengusir aroma daging buah durian? Caranya mudah, cukup dengan menaruh air pada cekungan kulit durian. Air tersebut selanjutnya digunakan untuk mencuci tangan. Cara ini juga praktis mengusir aroma durian pada mulut, gunakan air dengan cara kumur-kumur.

Batre Alami
Manfaat kulit durian lainnya adalah untuk menghasilkan energi listrik layaknya batre. Caranya dengan mengupas kulti durian, pisahkan bagian berduri dengan kulit dalam yang putih. Ambil bagian putih tersebut dan tumbuk halus. Selanjutnya, ambillah batre bekas dan buang arang di dalam batre tersebut. Ganti dengan kulit durian yang telah halus. Tutup kembali batre dan ceklah dengan menggunakan AVO meter. Maka batre bekas Anda tadi sudah bisa digunakan seperti batre baru. Batre dengan kulit durian ini bisa bertahan lima jam. Cukup lumayan bukan?

Sebagai Pupuk Organik
Manfaat kulit durian lainnya adalah sebagai pupuk organik. Hal ini ditemukan oleh seorang siswa SMA Negeri 1 Sawahlunto bernama Alen Salvo Pratomo. Pupuk organik dari kulit durian ini cukup baik sebab seratnya banyak sehingga bagus dalam meresap air. Cara membuat pupuk organik ini mudah sekali. Pertama, rebuslah kulit durian. Setelah itu, jemur sampai kering. Kemudian haluskan kulit durian tadi dan campur bersama tanah.

Membersihkan tumpahan minyak

Sifat menyerap pada kulit durian bisa digunakan untuk membersihkan tumpahan minyak di daerah pantai yang mengakibatkan dampak negatif, bukan saja terhadap seluruh makhluk laut, tapi juga terhadap aktivitas ekonomi manusia. Kulit durian yang notabene merupakan sampah pertanian memiliki potensi komersil besar dikarenakan efisiensinya dalam menyerap minyak, efektif secara finansial ditambah sifat biodegradasinya.

Obat Nyamuk

Selain tadi jadi obat perut sekarang obat untuk nyamuk gan  orang purba pake ini gan  Orang-orang tua zaman dahulu yang memanfaatkan kulit durian ini untuk bahan bakar pengusir nyamuk atau bahan bakar untuk memasak maka ini terbukti berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kalor kulit durian yang diperoleh menunjukkan angka sebesar 3786,95 kal/gram dengan kadar abu rendah yaitu 4 persen.

Bahan Pengental

Kandungan kimia kulit durian yang dapat dimanfaatkan adalah pektin. pektin merupakan senyawa yang baik digunakan sebagai pengental dalam makanan. Sehingga pektin yang diperoleh dari kulit durian dapat dimanfaatkan sebagai pengental dalam pembuatan cendol  atau dapat dijadikan sebagai tepung.

Bagaimana, masih berpikir kulit durian sekedar limbah tak berguna? Manfaat kulit durian juga tak sebatas yang kami sajikan di atas. Dengan pengolahan yang tepat, kulit durian juga bisa dijadikan bahan pembuatan kertas, penyerap limbah minyak di lautan dan juga obat nyamuk. Untuk obat nyamuk gampang saja, cukup jemur kulit durian sampai kering lalu bakar seperti biasa. Jadilah obat nyamuk alami Anda. 



Sumber: dari berbagai sumber.



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *