21 July 2014

Tips sederhana meredakan pusing saat mudik



Pada saat bepergian mudik terkadang rasa sakit pada kepala seringkali mengganggu kenyamanan perjalanan. Nah berikut ini ada beberapa tips sederhana untuk meredakan rasa sakit kepala (pusing):

1. Minum Air Putih 

Jika anda pusing bisa jadi itu disebabkan oleh dehidrasi. Ketika anda dehidrasi darah akan mengental dan akan memperlambat laju darah sehingga suplai oksigen ke daerah kepala terganggu mengakibatkan kita merasa pusing. Cobalah untuk duduk kemudian minumlah air putih secara perlahan. Tenangkan diri sebentar sampai cairan tubuh tergantikan dan pusing berangsur hilang.

2. Mengatur Nafas

Cobalah sejenak untuk mengatur nafas panjang secara perlahan agar udara yang terhirup lebih banyak sehingga asupan oksigen lebih maksimal. Agar lebih rileks cobalah barengi dengan posisi senyaman mungkin kemudian pejamkan mata anda. Dengan cara ini ketegangan pada mata yang memacu kerja otak akan menjadi sedikit mengendur. 

3. Jauhi Gadget

Bisa jadi pusing yang anda rasakan akibat terlalu lama berhadapan dengan gadget, kemudian cobalah juga untuk melihat daun-daun segar yang berwarna hijau, dengan begini akan membuat mata anda menjadi rileks.

4. Menekan Hidung

Cobalah untuk menekan hidung bagian atas dekat mata menggunakan telunjuk dan ibu jari anda. Cara ini cukup efektif dan saya yakin anda pasti pernah melakukan cara ini walaupun tidak sengaja saat anda sedang merasa pusing.

5. Minum Teh Hangat

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan pusing. Bisa jadi pusing yang anda rasakan akibat masuk angin, dengan meminum teh hangat maka anda akan memudahkan mengeluarkan angin dari tubuh anda. Bila anginnya keluar maka pusing akan segera hilang. Tanda anginnya keluar biasanya anda akan mual kemudian sedikit muntah.

6. Berendam di Air Hangat

Untuk mengurangi pusing yang anda rasakan, anda bisa berendam di air hangat sehingga anda akan merasa rileks dan mengendurkan syaraf-syaraf anda yang tegang akibat lelah beraktivitas seharian.

7. Pijit

Untuk menghilangkan pusing bisa anda lakukan dengan cara di pijat karena ada kemungkinan pusing yang anda rasakan diakibatkan oleh masuk angin. Selain itu dengan melakukan pemijatan akan merilekskan otot-otot dan syaraf yang tegang sehingga peredaran darah menjadi lancar. Dengan lancarnya peredaran darah maka suplai oksigen ke otakpun jadi lebih maksimal dan pusingpun akan berkurang.

8. Meditasi

Saat muncul sakit kepala cobalah untuk bermeditasi. Pejamkan mata, tarik napas dan tahan selama lima detik kemudian buang secara perlahan. Fokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu Anda bisa mengurangi ketegangan otot pemicu sakit kepala, akibat tekanan psikologis.

9. Jangan Membaca 

Membaca memang dapat menghilangkan kejenuhan saat menempuh perjalanan jauh, namun aktivitas ini justru bisa membuat kita pusing karena karena kita harus memfiksasi mata. Mata juga ada kaitannya dengan keseimbangan.




Sumber: dari berbagai sumber.



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *