12 July 2014

Manfaat dan khasiat sukun bagi tubuh



Buah yang termasuk dalam keluarga moraceae ini seringkali disebut sebagai breadfruit atau buah roti tentu kita sudah mengetahui buah sukun, biasanya kita mengolahnya dengan cara merebus, digoreng atau dijadikan keripik. Sukun merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di dataran rendah yang panas. Sudah sejak dulu bahwa sukun terutama dibagian daunnya banyak digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit hati, imflamasi, ginjal, jantung, sakit gigi, dan juga gatal-gatal. Akar dan batangnya juga dapat digunakan untuk pengobatan penyakit hati dan hipertensi. Buah sukun dapat dikonsumsi sebagai pengganti beras, buah sukun yang telah dimasak cukup bagus sebagai asupan vitamin A, vitamin B komplek, namun miskin akan vitamin C. 

Sukun sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanamannya juga tersebar di seluruh nusantara. Sukun secara tradisional juga telah dimanfaatkan dalam kehidupan. Walau nampaknya sederhana, ternyata menyimpan jutaan manfaat tanaman sukun.

Manfaat sukun tersebar secara lengkap mulai dari buah sukun yang lezat seperti roti, daun sukun yang berkhasiat obat, dan batang sukun selain untuk bahan bangunan juga menyimpat zat aktif untuk kesehatan.

Manfaat daun sukun

Khasiat daun sukun sangat efektif dapat mengobati macam-macam penyakit seperti penyakit liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembengkakan limpa, jantung , obat tradisional asam urat dan ginjal.

Daun sukun sangat baik untuk kesehatan karena mengandung zat-zat berkhasiat seperti: Asam Hidrosianat, Aseticolin, tannin, riboflavin dll. Zat yang dapat mengatasi peradangan secara effektif. Daun sukun secara empiris dapat menyembuhkan ginjal yang sakit. Menurut penelitian daun sukun juga bisa bermanfaat untuk proses penyembuhan penyakit kardiovaskular.

Khasiat daun sukun untuk pengobatan:

1. Daun Sukun Membuat Ginjal Sehat
Daun sukun juga bisa dijadikan alternative untuk menyembuhkan ginjal yang sakit. Dengan Cara yang sangat mudah dan bisa diiringi dengan disiplin dalam mengkonsumsinya. Dengan rebusan air daun sukun secara rutin dan teratur dapat menyembuhkan ginjal yang sakit dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Daun Sukun Dapat Mengobati Penyakit Jantung
Daun Sukun juga dapat mengobati penyakit jantung. Karena daun sukun sangat beik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah maupun jantung. Cara mendapat manfaat daun sukun dengan memanfaatkan 1 lembar daun sukun yang sudah tua yang masih berada di pohon. Daun sukun yang sudah tua memiliki kadar kimia yang maksimal.

3. Daun Sukun Dapat Menurunkan Kolesrol
Selain untuk menjaga kesehatan ginjal dan Jantung. Daun sukun juga dapat menurunkan kolestrol.

4. Dapat Mencegah Kanker
Selain dapat melindungi Jantung. Daun sukun juga dapat mencegah inflamasi atau mencegah peradangan. Dan daun sukun juga dapat disebut juga sebagai antiinflamasi.

5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes
Sukun yang telah berwarna kuning dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan Menurunkan Gula darah. Karena daun sukun mengandung phenol, quercetin dan champorol dan juga dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat penyembuh kulit yang bengkak atau gatal.

6. Mengatasi asam urat
Manfaat daun sukun juga bisa menjadi pengobatan tradisional penyakit asam urat. 


Manfaat buah sukun

Buah Sukun mengandung karbohidrat yang tinggi ( bahan Makanan ),dan kandungan gizi pada buahnya juga tinggi. Seperti kandungan Asama Amino esensial ( isoleusin, methionin, lysine, Histidine, Tryptophan, valin ) kandungan mineral tersebut dapat digunakan untuk sistem pencernaan, memperkuat gigi dan tulang, penyakit ginjal, yang mengalami sakit liver dan diabetes.

Buah sukun mengandung banyak manfaat seperti kandungan yang ada pada buah sukun mencapai berkali-kali lipat dari serat yang terkandung diberas. Dengan kandungan serat yang ada pada buah sukun dapa membantu alat pencernaan dalam tubuh terutama pada proses pencernaan. Buah sukun juga bisa untuk orang yang mengalami sakit diabetes karena dapat menurunkan gula darah.
Buah sukun mengandung niasin, vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan besi. Pada kulit kayunya ditemukan senyawa turunan flavanoid yang terprenilasi, yaitu artonol B dan sikloartobilosanton.

Manfaat Kulit Sukun

Batang dan kulit sukun juga memiliki khasiat untuk obat mencairkan darah untuk wanita yang baru selesai melahirkan sekitar 8 sampai 10 hari.

Manfaat Bunga Sukun

Bunga sukun yang dibakar kemudian menjadi arang juga dapat di gunakan sebagai obat untuk sakit gigi.


Cara pembuatan resep obat:

Obat Sakit Jantung
  • Petik 1 lembar daun sukun yang tua.
  • Cuci bersih dan jemur sampai kering.
  • Rebus dengan 5 gelas air.
  • Setelah mendidih tambahkan air lagi sampai jumlahnya kurang lebih 5 gelas.
  • Angkat dan dinginkan. Minum rebus air sukun ini secara rutin, dan rasakan bedanya setelah minum selama 1 bulan.
Obat Sakit Liver
  • Petiklah beberapa lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu Anda rebus dengan air secukupnya sampai berwarna merah tua.
  • Bila sudah dingin, minumlah airnya. Lakukan setiap hari 2 kali, yaitu tiap pagi dan sore dengan dosis sekali minum 1 gelas.
Obat Pencegah Kanker
  • Sediakan 1 lembar daun sukun yang telah tua, 
  • cuci bersih dan rebus dalam 5 gelas air sampai mendidih. 
  • Setelah mendidih, tambah lagi 5 gelas air dan tunggu hingga mendidih lagi. 
  • Tambahkan kembali 5 gelas air dan saring. Air rebusan tersebut siap untuk diminum.
Obat Asam Urat
Daun sukun untuk mengatasi asam urat dengan cara segenggam daun sukun yang telah dikeringkan diseduh dengan air panas atau direbus. Jika sudah dingin air rebusan tersebut diminum secara teratur.

Obat Kolestrol
Pengobatan bisa Anda lakukan dengan cara menyediakan segenggam daun sukun dan dikeringkan. Daun sukun yang sudah kering kemudian diseduh dengan air panas. Air seduhan daun sukun tersebut dapat diminum setiap hari.

Obat Demam
Bahan:
Daun segar 20 gr
Air matang 2 gelas
Cara Membuat:
Cuci daun sukun sampai bersih, lalu potong hingga kecil-kecil. Setelah itu tambahkan air matang, rebus ramuan selama 15 menit, setelah lima belas menit baru diangkat, dinginkan sebelum disaring.
Minum ramuan sehari dua kali. Lakukan setiap pagi dan sore hari.

Memperlancar ASI
Bahan:
Daun sukun 20 gr
Air matang 2 gelas
Cara Membuat:
Cuci daun sukun sampai bersih, lalu potong hingga kecil-kecil. Tambahkan air matang, rebus selama 15 menit, dinginkan lalu saring.
Minum ramuan sehari dua kali, yaitu setiap pagi dan sore hari.

Obat Ginjal
Resep 1
Bahan:
Daun tua segar 1 lembar
Air bersih 1 gelas
Cara Membuat:
Jemur daun di bawah terik sinar matahari sampai kering. Setelah kering rebus sampai mendidih, biarkan hingga airnya tersisa setengahnya, angkat, saring ramuan.
Minum ramuan Artocarpus communis ini setiap hari secara rutin agar lekas sembuh.

Resep 2
Bahan:
Daun sukun 7 gr
Sambiloto 5 gr
Brotowali batang segar 10 cm
Meniran 10 gr
Air bersih 3 gelas
Cara Membuat:
Cuci bersih semua bahan. Kemudian daun sukun, sambiloto, dan meniran dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah kering rebus semua bahan dengan air bersih hingga mendidih, biarkan beberapa saat hingga airnya tinggal setengahnya. Setelah itu kemudian angkat, dinginkan dan saring.
Minum ramuan sehari tiga kali. Setiap kali minum sebanyak setengah gelas.

Obat Sakit Kuning
Rebus selembar daun sukun yang berwarna kuning dengan 4 getas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Ramuan itu diminum sehari sekali. Dalam 2,5 bulan.




Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *