07 July 2014

Hindari Perut Kembung Saat Puasa dan Pengobatan Alaminya



Mengalami gangguan pencernaan saat Anda sedang berpuasa, pastilah sangat tidak nyaman. Sebut saja kembung, mulas, dan diare yang disebabkan makanan yang kurang bersih atau terlalu pedas.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sebab bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan. Di antaranya: 

1. Gula buatan
Gula buatan dapat menyebabkan diare dan kram perut. Bahan ini dapat ditemukan di permen karet bebas gula yang mengandung sorbitol. Nah, bila Anda mengonsumsi lebih dari 50 gram sorbitol dalam sehari, usus pun akan bermasalah sebab tubuh manusia tidak dapat mencerna sorbitol.

2. Fruktosa
Makanan atau minuman yang mengandung fruktosa dapat menyebabkan diare, kembung, dan kram. Misalnya, soda, permen, jus buah, atau pastry.  

3. Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng dapat memicu terjadinya diare. Terutama bila makanan mengandung banyak mentega dan krim. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih makanan yang dikukus. 

4. Makanan pedas
Makanan pedas dipercaya sebagai pencetus terjadinya heartburn. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa makanan berbahan dasar cabai atau menggunakan banyak merica bisa memicu terjadinya heartburn. 

5. Makanan berserat
Terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat justru menyebabkan perut kembung dan dipenuhi gas. 

6. Aneka produk susu
Gangguan pencernaan yang sering muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi susu dan produk olahan susu adalah diare, perut kembung, dan permasalahan usus. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya enzim untuk mencerna laktosa dan gula yang terdapat dalam susu.


Jika perut Anda terlanjur kembung dan terasa sakit, berikut ini cara tradisional yang bisa dilakukan untuk mengobatinya secara aman dan alami, antara lain adalah:

1. Selain teh hangat, kita bisa minum obat simethicone sesuai kebutuhan untuk menetralisir gas di lambung.

2. Perut diberi minyak angin dengan cara menggosok-gosok untuk menenangkan perut kembung

3. Gunakan daun jarak, banyaknya daun jarak yang akan digunakan sesuai dengan ukuran perut yang sakit, lalu daun jarak diolesi minyak kelapa, dan dihangatkan dengan api, kemudian tempellah daun jarak di perut.

4. Kompres perut dengan air hangat yang sudah ditaruh dalam botol atau minum-minuman yang hangat seperti teh manis.

5. Konsumsi daging lidah buaya tanpa perlu dimasak. Buang kulitnya, lalu ambil isinya. Sebaiknya di potong kotak-kotak seperti potongan es batu. Lalu campurkan jus apa saja yang anda suka ke dalam daging lidah buaya . Kemudian langsung minum dan di kunyah daging lidah buaya tersebut.

6. Ambil setengah gelas air tajin lalu berikan sedikit garam dan gula sesuai selera. Minumlah pada pagi dan sore.

7. Jahe digepengkan lalu masukan dalam gelas berisi air panas, beri gula lalu aduk rata.

8. Ambil beras 1 sendok cuci dan rendam sebentar. Sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, lalu ditumbuk sampai lumat bersama dengan 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis. Setelah itu diseduh dengan air panas, tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa dan saring. 

9.  Ambil 1 buah beligo ukuran sedang, lalu kupas kulitnya, potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan takaran air secukupnya hingga matang. Dinginkan dan saring airnya hingga dapat setengah gelas, lalu minum airnya.

10.  1/4 sendok teh bubuk kayu manis dan 2 sendok makan madu. Diseduh dalam segelas air panas aduk rata, tunggu hingga suam-suam kuku kemudian minum setiap hari sebelum makan. Buatlah ramuan ini hingga perut kembung hilang. Guna dari ramuan ini untuk menurunkan dan mengurangi kadar asam dalam perut serta membantu organ pencernaan mencercah makanan seperti daging.

11.  Siapkan 2-3 siung bawang merah, kupas kulitnya lalu gosokkan secara perlahan pada bagian punggung setelah itu balurkan minyak kayu putih atau minyak kelapa agar tidak lengket. Jika pada bayi atau anak-anak cukup dengan memarkan atau dengan diremas-remas dan campurkan dengan minyak kayu putih atau minyak kelapa kemudian balurkan pada bagian dada, punggung, kaki dan tangan.


Resep ramuan herbal milik leluhur untuk atasi perut kembung:

Resep 1 
Bahan:
Kencur ............ 250 gr
Cengkih .......... 10 butir
Kapulaga ........ 7 butir
Sereh .............. 2 batang
Cara meramu:  
Cuci semua bahan, iris tipis-tipis kencur. Kemudian rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa sekitar 1,5 gelas. Angkat dan saring.
Aturan pakai:
Minum ramuan dalam keadaan hangat 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Resep 2 
Bahan:
Temulawak ....................... 25 gr
Jahe .................................. 15 gr jahe
Kulit jeruk mandarin .......... 7 gr  kering
Gula aren secukupnya
Cara Meramu:
Cuci semua bahan, iris tipis-tipis temulawak dan jahe. Kemudian rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 1,5 gelas. Angkat dan saring.
Aturan pakai:
Minum ramuan dalam keadaan hangat 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Resep 3
Bahan:
Kunyit  ....................20 gr
Jahe ......................... 10
Adas ......................... 1 sdt
Daun mint ................ 5 lembar
Cara Meramu:
Aturan Pakai:
Cuci semua bahan, iris tipis-tipis kunyit dan jahe. Kemudian rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 1,5 gelas. Angkat dan saring.
Aturan pakai:
Minum ramuan dalam keadaan hangat 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Pilih salah satu resep berdasarkan ketersediaan bahan dan lakukan secara teratur.




Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *