10 July 2014

Rahasia manfaat kulit buah-buahan yang berkhasiat



Dalam kehidupan kita sehari-hari terkadang, kulit buah hanya berakhir di tempat sampah karena cuma daging buahnya saja yang dianggap enak. Padahal jika diekstrak, kulit buah punya kandungan nutrisi yang tidak kalah bermanfaat dibandingkan daging buahnya.

Kulit manggis banyak dipercaya mengandung antioksidan yang bermanfaat. Mulai dari memperlambat proses penuaan, hingga mencegah reaksi radang atau inflamasi penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker. Meski butuh serangkaian penelitian ilmiah untuk membutikannya, ekstrak kulit manggis cukup populer belakangan ini.

Bukan hanya manggis, beberapa jenis buah yang bisa dijumpai dalam keseharian juga dipercaya mengandung senyawa-senyawa bermanfaat.

1. Kulit pisang
Luiz Oliveria, seorang pengusaha catering di London mengklaim bahwa kulit pisang secara tradisional dipakai sebagai bahan untuk membuat cake di Brazil. Kulit pisang diblender, dicampur air lalu dicampur dengan adonan kue.

Berbagai sumber menyebut, kulit pisang mengandung serat lebih banyak dibanding daging buahnya. Di dalamnya juga banyak kandungan kalium, yang dibutuhkan oleh otot untuk bekerja.

2. Kulit Apel
Dalam sebuah penelitian, Prof Ana Maria Mendoza-Wilson menyebut bahwa ekstrak kulit apel mengandung senyawa polifenol. Senyawa tersebut merupakan antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker dan sakit jantung.

3. Kulit Jeruk
Sama seperti buahnya, kulit jeruk juga kaya akan Vitamin C. Selain itu, kandungan seratnya disebut-sebut 4 kali lebih banyak dibandingkan buahnya. Di dalamnya, terkandung pula tangeretin dan nobiletin, sejenis flavanoid penyegah kanker, diabetes dan radang.

4. Kulit Semangka
Sebuah penleitian di United States Department of Agriculture (USDA) menyebut bahwa bagian putih pada kulit semangka banyak mengandung citrulline. Senyawa ini merupakan sejenis asam amino yang membantu memperbaiki peredaran darah.

5. Kulit Anggur
Buah-buahan berwarna ungu mengandung banyak senyawa glikosida anthocyanidin. Senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan tersebut juga terdapat di buahnya, tetapi paling banyak tersimpan persis di bawah lapisan kulitnya.

6. Kulit lemon
Meski rasanya sedikit pahit, namun kulit lemon adalah makanan yang ampuh melancarkan pencernaan, meredakan kram, meningkatkan sirkulasi darah, dan menguatkan sistem imun. Biasanya kulit lemon bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan makanan.

7. Kulit kiwi
Salah satu kulit buah yang tak kalah menyehatkan adalah kiwi. Kulit kiwi kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Kulit buah ini juga mampu menyehatkan jantung yang bisa dinikmati dalam bentuk smoothie atau salad.

8. Kulit Buah Naga 
Kulit dari buah naga memiliki berbagai senyawa aktif seperti triyepene, pentacyclic, dan juga taraxast. Senyawa tersebut bermanfaat untuk menjaga melindungi kelenturan pembuluh darah. Yang lebih hebatnya lagi ternyata juga berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel tumor b16f10 yang kebenaranya sudah di uji di Chinan University.

9. Kulit buah sirsak 
Salah satu manfaat kulit buah sirsak adalah dapat memperlancar saluran pencernaan. Proses ini terjadi karena pada kulit sirsak terdapat kandungan tinggi serat. Selain itu mengandung vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses regenerasi sel didalam tubuh.

10. Kulit rambutan
Manfaat kulit rambutan untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai obat demam dan obat disentri.

11.Kulit pepaya
Sama seperti daging buahnya, kulit pepaya juga bisa dimakan. Kulit pepaya memiliki banyak manfaat nutrisi, tetapi hanya kulit pepaya yang tumbuh secara organik tanpa bahan kimia dan residu pestisida. Kulit pepaya juga ampuh untuk mengobati ruam dan terbakar sinar matahari, serta untuk menghilangkan noda-noda hitam karena penuaan.

12.  Kulit buah delima 
Dapat digunakan untuk pengobatan sakit perut karena cacingan, buang air besar mengandung darah dan lendir (disentri), diare kronis, perdarahan seperti wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorok, radang telinga, keputihan (leukorea) dan nyeri lambung.

13. Kulit buah jamblang
Buah ini berasal dari kawasan India Timur dan tumbuh dengan baik di wilayah tropis. Oleh karena itu, jamblang termasuk ke dalam buah-buahan tropis. Bagian kulit kayu bermanfaat untuk mengobati diabetes; Zat antosianin yang memberikan warna ungu pada kulit buah jamblang, juga merupakan sumber pewarna alami yang sangat potensial digunakan dalam industri pembuatan makanan.

14 Kulit buah sukun
Berkhasiat untuk obat mencairkan darah untuk wanita yang baru selesai melahirkan sekitar 8 sampai 10 hari.

15. Kulit batang buah cempedak
Institut of Tropical Disease Universitas Airlangga kini telah mengembangkan obat anti malaria yang berasal dari ekstrak kulit batang buah cempedak.

16. Kulit duren (buah durian)
Ternyata kulit durian bisa digunakan sebagai obat sakit perut dan bisul.






Sumber: berbagai sumber.



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *