22 July 2014

Anti mual alami saat mudik



Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami saat mudik adalah mabuk perjalanan dengan gejala mual, pusing dan bahkan muntah-muntah. Seseorang yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh akan mengalami kondisi ini, yang dipicu oleh rasa lelah dan masuk angin.  

Selain itu juga pegal di seluruh tubuh, kantuk, flu, dan batuk. Di balik rasanya yang pedas, jahe atau nama ilmiahnya Zingiber officinale mengandung bahan berkhasiat untuk mengatasi masalah saat mudik tersebut.

Jahe secara efektif dapat menghalau terjadinya mual dan mengurangi ketidaknyamanan pencernaan secara umum. Banyak cara untuk menikmati obat alami tersebut. Jika anda tidak terbiasa dengan menikmati jahe segar yang panas dan pedas, Anda dapat mengakalinya dengan mengolahnya sebagai campuran.

Menyeduh teh hangat dengan irisan tipis jahe, dipercaya dapat memberikan dosis yang lebih ringan bagi perut. Jangan memberikan dosis jahe yang besar pada perut Anda, karena dapat membuat perut teriritasi dan menyebabkan diare.

Selain itu masih ada beberapa makanan yang ternyata dapat meredakan rasa mual. Aman dikonsumsi kapan saja dan memberikan efek yang instant. 

Apel
Buah yang kaya akan serat ini terbukti dapat meredakan rasa mual dalam sekejap. Perut jadi lebih tenang dan tidak membuat Anda resah dan gelisah.

Kacang
Rasa mual juga bisa diakibatkan karena tubuh kekurangan protein. Anda boleh ngemil kacang-kacangan seperti almond atau kacang tanah untuk menggantikan sumber protein lain bila sekedar ingin meredakan mual.

Biskuit Cracker
Tepung yang terdapat pada biskuit cracker ini dapat membantu menyerap asam di dalam lambung, sehingga sedikit meredakan mual. Tetapi disarankan untuk memilih yang rasanya plain saja, bukan yang manis bertabur gula atau bertabur abon.

Pisang
Makan buah pisang dapat meningkatkan energi serta menghilangkan mual dalam perut. Pisang ini juga cukup ampuh untuk membantu mengatasi problem pencernaan.

Sari jeruk lemon
Peras sari lemon, tambahkan sedikit gula serta seduh dengan air hangat. Ramuan ini akan membantu meredakan mual, meningkatkan energi dan menaikkan kembali mood Anda. Lemon sendiri akan menjaga kelembaban tubuh sehingga tidak sampai kekurangan cairan.

Mint
Bila Anda tak menemukan daun mint, maka Anda bisa mencari jenis permen yang mengandung daun mint. Dihisap-hisap dan rasa pedasnya akan membuat segar tenggorokan serta perut. Rasa mualpun akan mereda.

Jus buah
Nah, selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mengkonsumsi jus buah kesukaan Anda. Pastikan agar kadar gulanya dikurangi sehingga tidak malah memicu mual ya. Biasanya asam yang dikandung oleh buah-buahan akan ampuh mengatasi mual di perut.



Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *