28 July 2014

Tanaman Herbal Kumis Kucing



Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia. Nama daerah: Kumis kucing (Melayu – Sumatra), kumis kucing (Sunda), remujung (Jawa), se-salaseyan, songkot koceng (Madura). Spesies kumis kucing yang terdapat di Pulau Jawa adalah O. aristatus, O.thymiflorus, O. petiolaris dan O. tementosus var. glabratus. Klon kumis kucing yang ditanam di Indonesia adalah Klon berbunga putih dan ungu. Daun kumis kucing basah maupun kering bermanfaat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.

Beberapa khasiat dan manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan, diantaranya : 

Peluruh kencing 
Daun kumis kucing segar sebanyak 1/4 genggam direbus dalam segelas air. Didihkan hingga tersisa 1/2 gelas. Angkat, dinginkan, lalu saring. Diminum 2 kali sehari, setiap kali minum 1/2 gelas.

Mengatasi kencing batu 
90 gram daun kumis kucing dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, diminum sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh.

Atasi nyeri buang air seni
Seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh, boleh juga kalau diberi gula aren.

Obati sakit pinggang
7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan segelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.

Obat masuk angin
1 sendok daun kumis kucing direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.

Mengobati batu ginjal
Cara 1:
Siapkan Daun kumis kucing 25 gram, daun ngokilo 25 gram, daun keji beling, dicuci 25 gram, daun meniran dengan akarnya 25 gram, lalu semua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak empat gelas sampai mendidih. Minum sampai habis air ramuan tersebut dalam sehari.

Cara 2:
Siapkan daun kumis kucing yang masih segar 3 genggam, daun keji beling 5 lembar, cuci sampai bersih, kedua ramuan tersebut rebus dengan air sebanyak dua gelas sampai mendidih. Minum rebusan ramuan tersebut 2x sehari pagi dan sore selama 10 hari.

Cara 3:
Bahan:
11 lembar Daun kumis kucing
5 biji Kencur yang sudah tua
1 jari tangan Jahe merah
1/4 gelas Beras/direndam dulu selama 3 jam

Cara buat:
Semua bahan dicuci sampai bersih, lalu direbus bersamaan dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Angkat dan saring. Ramuan ini diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sesudah makan. Jika setelah 1 minggu ada perubahan membaik, teruskan lagi selama 1 minggu. Selama mengikuti terapi pengobatan penderita gangguan ginjal harus berpantang kopi, teh kental, makanan berlemak dan bersantan, dan mengurangi garam.

Encok, Asam Urat
4 - 5 helai daun kumis kucing, 4 - 5 tanaman meniran, rebus dengan air bersih hingga tinggal setengah airnya dan minum 3x sehari.

Keputihan
Daun kumis kucing dan beluntas masing - masing 1 genggam, jintan hitam 1 sendok teh dan kemukus 10 biji, lalu direbus dan diminum 2x sehari.

Menghilangkan Panas dan Lembab serta Masuk Angin
Rebus 30-60g tumbuhan kumis kucing kering atau 90-120g tumbuhan kumis kucing basah. Minum Air rebusan seperti minum teh.

Infeksi Kandung Kemih ( Batu dalam kandung kemih )
Rebus 5-10 helai daun kumis kucing dalam setengah gelas air. Minum air rebusan 2x sehari.

Infeksi saluran kencing, sering kencing sedikit-sedikit ( anyang-anyangan )
Cuci bersih 30g kumis kecing, 30g meniran ( phyllantus urinaria ), dan 30g akar alang-alang. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 
1 1/2 gelas. Setelah dingin, minum 1/2 gelas air rebusan 3x sehari.

Bengkak kandung kemih
Cuci bersih 30 g herba kumis kucing, 30 g daun sendok, dan 30 g rumput lidah ular. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Rematik
Sesendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4. Saring. Lalu diminum.

Untuk mengobati penyakit infeksi ginjal dan hipertensi (tekanan darah tinggi)
Caranya :
Cuci 30 gram herba segar kumis kucing, herba daun sendok dan rumput lidah ular. Rebus di dalam 3 gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas sebanyak dua kali sehari.

Stabilkan gula darah
Bahan:
11 lembar Daun kumis kucing segar
11 lembar Daun sambiloto segar
3 jari tangan Kulit pohon pule
17 lembar Daun pegagan

Cara membuat:
Cuci semua bahan, lalu rebus dalam 5 gelas air hingga tersisa 4 gelas. Angkat lalu saring. Minum 3 kali sehari 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan selama 3 minggu. Cek kadar gula darah, jika sudah stabil dosis bisa diturunkan menjadi 2 kali sehari.

Radang ginjal 
Siapkan 40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.

Nephritis, edema (bengkak)
Kumis kucing 30 gr, daun urat 30 gr, rumput  lidah ular 30 gr, semuanya direbus.

Obat Asam Urat
Bahan:
Daun kumis kucing 4-5 lembar
Herbal meniran 4-5 tanaman
Air bersih

Cara Membuat:
Cuci sampai bersih semua bahan. Rebus sampai mendidih, biarkan hingga tinggal setengahnya.
Minum ramuan beberapa kali sehari.

Obat Batuk
Bahan:
Tanaman kumis kucing 15-20 gr
Air bersih 1 gelas

Cara Membuat:
Cuci bahan sampai bersih, lalu rebus sampai mendidih.
Minum ramuan herbal obat tradisional ini 1-3 x 1 hari sebanyak 1 gelas.





Sumber: dari berbagai sumber.




1 comment:

  1. Yang butuh bibit tanman kumis kucing bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia @Trims Prabowo JOgja

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *