13 February 2017

Khasiat biji melon bagi tubuh manusia



Saat makan melon, jangan buang bijinya. Konsumsi biji melon ternyata baik bagi kesehatan, bahkan bisa bantu turunkan berat badan!

Biji melon mungkin bukan panganan populer, tetapi bijian ini diprediksi akan jadi camilan populer tahun depan. Biji melon tinggi kandungan serat, zat besi, magnesium, dan protein.

Tiap 100 gram biji melon mengandung 31.1 gram protein. Nutrisi ini berperan penting untuk penurunan berat badan.

Dibandingkan bijian lain, protein dalam biji melon masih lebih unggul. Biji matahari, misalnya, mengandung 21 gram protein dalam tiap 100 gramnya. Sementara biji labu hanya sekitar 19 gram.

Selain protein, kandungan zat besi dalam biji melon membuat konsumsinya mampu cegah kelelahan. Sementara itu, potasium mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Kelebihannya lagi, biji melon bebas gluten sehingga bisa dikonsumsi para vegan dan vegetarian.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “Jurnal Ilmu Terapan Dunia,” ekstrak biji melon memberikan banyak manfaat kesehatan. Penelitian yang dipimpin oleh H. Baghaei Ferdowski dari Ferdowski Universitas Mashhad, Mashhad, Iran, menyelidiki manfaay minuman susu yang terbuat dari biji melon. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak biji melon mengandung protein persen 3,6, lemak 4 persen dan 2,5 persen karbohidrat, yang mirip dengan kandungan gizi susu kedelai. Para peneliti percaya bahwa susu yang terbuat dari biji melon bisa menjadi pengganti susu kedelai sebagai sumber protein, dan mungkin bermanfaat sebagai susu formula bayi.

Biji melon juga bisa diolah dengan beberapa cara. Misalnya dibuat kuaci sendiri. Cara membuat Biji Melon Menjadi Kuaci:
  • Siapkan Biji Melon secukupnya
  • Bersihkan sisa-sisa daging buah melon yang menempel pada biji
  • Setelah bersih biarkan biji melon mengering
  • Kemudian di sangrai di wajan/teflon dengan sedikit minyak atau bisa juga dengan di oven
  • Setelah warnanya menjadi kecoklatan, angkat dan taburkan garam secukupnya secara merata.
  • Dinginkan, biji melon (kuaci biji melon) siap disantap.
Disamping dibuat camilan berupa kuaci biji melon anda juga bisa mendapatkan manfaat biji melon dengan cara diblender untuk dibuat jus. Saat anda membuat jus buah melon, campurkan saja biji melonnya, jangan dibuang. Blender biji melon berserta buah melon dan minumlah seperti anda meminum jus pada umumnya. 

Manfaat biji melon lainnya:

Membersihkan Dahak

Menurut laporan di Vegetarian In Paradise, biji melon juga punya kemampuan membersihkan dahak yang menyumbat

Kaya Vitamin dan Mineral

Biji melon mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Vitamin A, B6, B12, D, E dan K dalam biji tersebut, serta niasin, riboflavin, thiamine, asam pantotenat, betaine dan kolin. Mineral termasuk kalsium, kalium, zat besi, magnesium, natrium, tembaga, seng, fosfor, fluoride, mangan dan selenium.

Pencegah Hiperlipidemia


Kandungan senyawa yang ada dalam biji melon yaitu alfa spinasterol dan stigmasta 7,22,25,trien 3-ol memiliki khasiat utama sebagai pencegah hiperlipidemia sehingga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya Osteoporosis pada wanita menopause.






Sumber: dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *