08 May 2014

Tanaman Herbal Kayu Akway



Tanaman ini hanya ada di Papua terutama di daerah perbukitan Manokwari. Akway termasuk tanaman langka yang tumbuh di cagar alam pegunungan Arfak, kabupaten Manokwari pada ketinggian 2500 meter di atas permukaan laut. Masyarakat Papua sering menggunakan tanaman akway sebagai obat penambah stamina. Bahkan daya tahan tubuh seseorang tidak berkurang meski harus berjalan jauh dengan medan yang cukup menantang di pedalaman hutan papua.

Selain itu tanaman ini juga bisa untuk meningkatkan kejantanan pria, mengatasi mani encer, dan lemah syahwat. Sedangkan bagi kaum perempuan tanaman ini bermanfaat untuk mengatur jarak kelahiran dan mengurangi rasa sakit pada saat haid. Masyarakat Papua biasa menggunakannya dengan cara menyeduh atau merebus kayu, daun, dan akar akway dengan air panas kemudian diminum selagi hangat. Bagian daunnya memiliki aktivitas bioaktif paling kuat, dengan kandungan kimia meliputi flavonoid, saponin, dan tanin, begitu juga dengan bagian akar dan batangnya. 

Tumbuhan Obat yang mempunyai bahan aktif, seperti akway umumnya bersifat afrodisiak yaitu berperan meningkatkan kerja hormon testosteron. Biasanya tumbuhan jenis tersebut mengandung senyawa-senyawa turunan sterol, saponin, alkaloid, tanian dan senyawa lain yang berkhasiat sebagai penguat tubuh dan memperlancar peredaran darah. Sejauh ini penggunaan ekstrak akway secara tradisional terhadap masyarakat Papua tidak menunjukkan efek samping yang berarti. Namun untuk itu sebaiknya tetap mengkonsumsinya dalam jumlah wajar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kayu Akway adalah tanaman obat dengan nama latin Drymis sp.banyak ditemukan dihutan-hutan papua dan merupakan tumbuhan endemik, Philipina, Australia, Amerika Latin. Kayu akway banyak digunakan masyarakat pedalaman miyambo (sebelah selatan manokwari) dan sekitarnya.


Kandungan pada daun, batang, kulit batang kayu akway memiliki aktivitas antibakteri yang kuat. Masyarakat papua dalam kehidupan sehari-hari biasa menggunakan kayu akway ini untuk mengobati sakit pada persendian (reumatik), sebagai obat kulit alami (baik untuk kudis), KB alami (digunakan untuk mengatur jarak kelahiran) bisa juga untuk mengurangi nyeri haid, asma, TBC, Bronchitis, Penumonia serta ampuh mengobati demam yang disebabkan malaria.

Ciri-Ciri Kayu Akway (tanaman obat kuat kayu akway papua)

Apabila anda berminat untuk mencoba tanaman obat kayu akway ini sebaiknya berhati-hati dalam memilih ataupun membelinya jangan sampai tertipu, karena tampilan, bau serta warna mirip sekali dengan kayu masohi.

Perhatikan ini jika membeli:
Kulit dan aroma harum mirip sekali dengan kayu manis, warna coklat, pedas saat digigit (hati-hati saat menggigit, lidah anda bisa saja melepuh jika terlalu banyak).

Manfaat Kayu Akway untuk pria

Selain khasiat yang sudah admin sebutkan sebelumnya.ternyata manfaat kayu akway lebih menitik beratkan pada kegunaannya sebagai obat kuat penambah stamina pria atau disebut juga afrodiasak. Beberapa kajian telah dilakukan untuk mengungkap kandungan tanaman obat kayu akway melalui uji senyawa seperti uji alkoliod, uji saponin, uji tanin terhadap ektrak kayu akway didapatkan hasil bahwa memang kayu akway bermanfaat dan sangat baik untuk menambah stamina.

Kandungan kimia ditemukan 12 jenis senyawa  antara lain senyawa epoksi isomagron, dimetil fanantren, dimetil-3-etilfuran, dll. Senyawa golongan fanantren ini menurut Harbone (1987) bersifat afrodiasak atau mampu meningkatkan hormon testosteron pria.merujuk pada hasil-hasil kajian yang dilakukan para peneliti, bolehlah kita berbangga menyebut kayu akway ini viagra alami dari papua atau pasak buminya papua. Pemanfaatan tanaman obat kayu akway pada pria antara lain untuk: Untuk mengatasi ejakulasi dini, pengobatan mani encer, lemah syahwat.

Cara Komsumsi

Penggunaan kayu akway dapat dilakukan dengan merebus langsung batangnya atau bisa juga dengan mengikis kulit batang kemudian dicampur air segelas kemudian rebus.dosisnya 2 sendok makan diminum seminggu 2 kali.

Biasanya masyarakat lokal (papua) merebus batangnya dan diminum selagi masih hangat. Untuk stamina baik diminum sekali dalam 2 hari, tetapi jika untuk penyembuhan 3 kali 1 hari. 

Efek setelah minum tanaman obat kayu akway ini adalah:

Badan setelah diminum terasa hangat mirip reaksi setelah minum ramuan jahe, keluar keringat, stamina kuat, nafas jadi ringan.

Khusus diminum untuk pria berkeluarga, kami tidak menganjurkan untuk pemuda lajang kecuali akan menempuh perjalanan jauh dengan jalan kaki atau pemuda dengan aktivitas tinggi misal: olahragawan.


Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *