15 May 2014

Biji-bijian ini bisa merampingkan tubuh



Kacang dan biji-bijian dapat membantu dalam pencernaan makanan dan memiliki serat yang lebih rendah. Inilah mengapa, kacang menjadi makanan yang penting bagi program penurunan berat badan atau program diet anda. Karena selain memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya, kacang-kacangan juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh.

Manfaat kacang untuk mermpingkan tubuh:

1. Kacang lentil

Penelitian menunjukkan, kebanyakan orang mengalami kekurangan zat besi. Padahal mineral merupakan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan berat badan. Jadi jika Anda ingin meningkatkan metabolisme dan membakar beberapa kalori, sertakan kacang lentil dalam menu makanan harian.

2. Kacang almond

Penelitian terbaru menunjukkan, meskipun kacang almond berkalori tinggi, kacang ini mengandung banyak asam lemak esensial , yang membantu meningkatkan metabolisme. Jadi, jika Anda ingin lebih sehat dan lebih ramping, makanlah segenggam kacang almond setiap hari.

3. Kacang hitam
Kacang jenis ini kaya akan protein, serat, dan sejumlah nutrisi penting lainnya serta tidak mengandung lemak. Warnanya yang pekat menunjukkan bahwa kacang jenis ini kaya akan flavonoid, yang baik untuk menghancurkan lemak pada perut. Protein yang terdapat pada jenis kacang ini sama dengan daging merah.

4. Gandum
Gandum utuh kaya akan serat yang bisa membuat tubuh merasa kenyang sepanjang hari. Kandungan karbohidrat pada gandum juga bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lemak serta memelihara saluran pencernaan.


Manfaat biji untuk merampingkan tubuh:

1. Biji wijen
Biji yang berukuran sangat kecil ini merupakan sumber kalsium, zinc, besi dan tembaga. Biji wijen ini mengandung sesamin dan sesamolin yang dapat menurunkan kolesterol dan mengendalikan tekanan darah.

2. Biji bunga matahari
Biji ini memiliki jumlah yang mengesankan dari vitamin E yang merupakan vitamin larut lemak yang bertindak sebagai antioksidan. Merupakan sumber selenium yang dibutuhkan untuk kesehatan tiroid.

3. Biji Chia
Biji chia, kini sedang menjadi tren dikalangan para wanita yang ingin menurunkan berat badan. Biji ini mengandung asam lemak omega 3. Dalam 1 sendok makan biji chia mengandung sekitar 1,3 gram asam lemak omega 3 yang 8 kali lebih besar dari salmon. Selain itu biji ini juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat dalam biji chia ini dapat membantu  menurunkan berat badan.

4. Biji labu kuning
Biji ini merupakan biji yang mengandung basa di dalam tubuh sehingga dapat membentuk makanan menjaga pH darah agar seimbang. Biji ini juga mengandung asam amino triptofan yang sangat penting untuk meningkatkan mood.

5. Biji delima
Walaupun biji delima dianggap sebagai buah, akan tetapi biji ini memiliki antioksidan yang tinggi serta mengandung polifenol yang dapat melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah kanker. Selain itu biji ini tinggi akan vitamin C dan potasium.


Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *