03 May 2014

Kumpulan Resep Alami Untuk Sakit Asma



Selain dengan pengobatan medis, penyakit asma juga bisa disembuhkan dengan oat-obat tradisional. Berikut ini beberapa resep alami tradisional untuk mengobati penyakit asma.

Bunga Kenanga Kering
Bahan: 3 kuntum bunga kenanga kering dan 200 cc air.
Cara pengobatan: Bunga kenangan kering diseduh dengan 200cc air yang mendidih, kemudian tutup rapat. Setelah agak dingin airnya diminum sekaligus. Minum ramuan ini secara teratur setiap hari.

Buah Cermai
Bahan: 6 biji buah cermai [ciremai], 2 siung bawang merah, 1/4 genggam akar kara, 8 buah lengkeng dan 2 gelas air.
Cara pengobatan: Cuci bersih buah lengkeng, lalu ditumbuk dengan semua bahan yang lain. Kemudian, rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin airnya disaring dan diminum.

Kencur
Bahan:
Kencur secukupnya
2 sendok makan Madu murni
1 butir telur ayam kampung
1/4 Jerik nipis
Cara pengobatan: Kencur dicuci bersih lalu parut dan peras airnya. Hasil perasannya dicampur madu dan telur ayam dan jangan lupa campur juga perasan jeruk nipis lalu aduk sampai semuanya benar benar tercampur. Cara menggunakannya Minum ramuan tersebut pada sore dan malam menjelang tidur

Daun sirih
Bahan:
7 lembar daun sirih
1 sendok teh lada putih
Minyak kayu putih secukupnya
Cara pengobatan: Gerus lada putih dan daun sirih hingga halus. Hasil gerusan tadi dicampur dengan minyak kayu putih secukupnya. Cara menggunakan ramuan ini adalah sebagai obat luar yaitu balurkan ramuan ini di dada dan leher penderita asma.

Daun Ki tolod
Bahan: 2 lembar daun ki tolod dan 2 gelas air.
Cara pengobatan: Daun ki tolod dicuci bersih kemudian direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari setiap pagi dan sore.

Seledri
Bahan: Daun seledri, daun waru, garam dan juga gula aren. Apabila semua bahan tersebut sudah anda siapkan, tumbuk semua bahan racikan tersebut dengan perbandingan daun waru lebih banyak jika dibandingkan daun seledri. Misalnya untuk daun seledri 3 tangkai, daun waru 9 lembar. Setelah cukup hancur semua bahan tersebut, tambahkan air panas ½ gelas dan aduk hingga merata. Minum racikan ini di pagi hari dan lakukan secara rutin hingga anda merasa penyakit asma anda sudah membaik.

Bawang putih
Bawang putih sebanyak 5 siung kemudian anda tumbuk atau anda potong kecil-kecil kemudian anda rebus dengan air sebanyak 1 gelas. Tunggu hingga mendidih dan volume air berkurang sekitar 1/2 nya. Tambahkan madu satu sendok makan untuk membantu menutupi rasa dari bawang putih. Dalam cara mengobati penyakit asma ini, minum minimal 2 kali dalam sehari dengan selalu membuat racikan baru. Sebaiknya pengobatan ini anda lakukan secara rutin, di pagi dan juga sore hari dalam waktu minimal 1 minggu.

Daun randu
Dibutuhkan 6 helai daun muda randu kapuk yang kemudian dicuci dan digiling hingga halus. Hasil gilingan ini kemudian diseduh dengan air panas setengah cangkir dan satu sendok makan madu. Disajikan seperti teh, hasil saringan pun diminum dua kali dalam sehari dengan dosis dua sendok makan saja.

Daun Tanjung
Jenis daun ini mungkin sedikit tidak familiar di telinga. Daun ini berasal dari pohon tanjung yang bercirikan mempunyai bunga berwarna putih yang biasa digunakan untuk mengharumkan pakaian bahkan ruangan. Daun dari pohon ini bisa digunakan untuk menyembuhkan asma dengan cara dijemur hingga kering dan kemudian ditumbuk halus. Kemudian, campur dengan dua sendok makan kikisan kayu cendana. Cara pengobatannya pun cukup nyentrik. Dengan dilinting layaknya rokok, ramuan ini dihisap saat penyakit asma kambuh.

Gula aren
Bahan: gula aren 1 potong, temulawak 1 ½ rimpang dan air 5 gelas.
Cara membuatnya yaitu temulawak terlebih dahulu diiris tipis-tipis lalu dikeringkan. Kemudian temulawak yang sudah kering direbus dengan air 5 gelas dan juga masukkan gula arennya. Sampai mendidih serta biarkan hingga airnya menjadi 3 gelas. Setelah itu,disaring dan siap dikonsumsi.

Bawang merah
Bahan: madu dan bawang merah.
Cara membuatnya yaitu bawang merah terlebih dahulu diparut lalu diperas untuk diambil airnya. Kemudian campurkan perasan bawang merah dan madu. Aduk sampai merata. Diminum setiap pagi dan sore hari. Ulangi hingga beberapa kali.

Asam jawa
Bahan: kulit pohon asam jawa 2 potong, air 1 liter dan adas pulawaras.
Cara membuatnya yaitu kulit pohon asam jawa dan adas pulawaras terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Setelah itu, direbus dengan air 1 liter hingga mendidih. Lalu, disaring. Dikonsumsi sehari 2 kali.

Jintan hitam
Bahan: bubuk jintan hitam satu sendok.
Cara penggunaannya yaitu bubuk jintan hitam diminum setiap hari pada pagi dan sore hari. Bisa juga dengan cara menghirup uap minyak jintan hitam yang sudah dipanaskan. Dilakukan setiap pagi dan sore hari. Serta dapat juga mengolesi pada bagian dada dan pangkal tenggorokan dengan minyak jintan hitam setiap menjelang tidur pada malam hari. 

Putri malu
Bahan: akar putri malu 30 gram dan air 400 cc.
Cara membuatnya yaitu akar putri malu terlebih dahulu dicuci hingga bersih. Lalu akar putri malu tersebut direbus dengan air 400 cc sampai mendidih, biarkan hingga airnya menjadi setengahnya. Air rebusan diminum masih hangat sehari 2 kali.

Bunga Melati
Bahan: bunga melati 15 gram dan air 400 cc.
Cara membuatnya yaitu bunga melati dicuci hingga bersih. Kemudian bunga melati direbus dengan air 400 cc sampai mendidih dan biarkan hingga airnya menjadi setengahnya. Air rebusan dikonsumsi masih hangat sehari 2 kali secara teratur.

Tampal besi
Bahan: Batang dan cabang tampal besi (Phyllanthus reticulatus) 15 gr, air 3 gelas.
Cara Membuat: Cuci bagian batang dan cabang tanaman herbal tampal besi sampai bersih. Rebus sampai mendidih, biarkan airnya tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan dan saring. Minum ramuan tampal besi 2 x 1 hari sebanyak ½ gelas.

Tapak dara 
Bahan: Akar tapak dara (Cantharanthus roseus) 1 genggam, air bersih 3 gelas.
Cara Membuat: Cuci akar tapak dara sampai bersih, rebus hingga mendidih. Minum herbal tapak dara 1 x 1 hari sebanyak 1 gelas. 

Kemangi
Bahan: Daun kemangi (Ocium sanctum) 2-3 lembar, Ggaram ½ gr.
Cara Membuat: Cuci daun kemangi sampai bersih, kunyahlah bersama garam, lalu semprotkan ke dada. Diamkan selama 10-15 menit. Lakukan 2-3 x 1 hari. 

Pare
Bahan: Pare (Momordica charantia) 3 buah, madu 1 sendok makan.
Cara Membuat: Buah pare yang masih segar sebanyak tiga buah ukuran sedang dicuci terlebih dahulu agar bersih. Buang biji-bijinya kemudian ditumbuk hingga halus, saringlah atau peras untuk diambil airnya. Tambahkan satu sendok makan madu, dan aduk supaya bercampur rata. Ramuan herbal pare sudah siap. Minum sehari satu kali secara rutin. Lakukan selama 3 bulan. 

Burung sikatan
Bahan: Burung sikatan
Cara Membuat: Bakar burung sikatan beserta bulu-bulunya sampai matang. Makan secara langsung atau bisa dijadikan lauk. 

Patikan kebo
Bahan: Daun patikan kebo (kerbau) beberapa genggam, air.
Cara Membuat: Rebus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, saring. Lalu minum ramuannya.

Madu
  • Satu sendok teh madu dengan air diminum setiap hari.
  • Satu sendok teh air hangat ditambah seperempat sendok teh bubuk kunyit diminum dua kali sehari.
  • Satu sendok teh madu dengan setengah sendok teh bubuk kayu manis diminum sekali sehari (baik pagi atau malam).
  • Satu sendok makan madu, satu sendok teh bawang putih tumbuk (jus bawang putih), dan setengah sendok teh asafetida. Campur semua bahan ini bersama-sama dan diminum dua kali sehari.
Jahe
  • Satu sendok teh jahe dengan satu cangkir ramuan fenugreek diminum sekali sehari.
  • Jus jahe segar (jage tumbuk) dicampur dengan madu diminum sehari sekali.
  • Sediakan setengah sendok teh jahe segar, satu sendok teh biji jinten, sejumput pala, dan segelas air. Campurkan semua bahan tersebut dan didihkan. Minum ramuan selagi hangat.

Resep obat alami asma lainnya adalah sebagai berikut:

Resep 1

Bahan:
Daun seledri (Apium graveolens) 3 tangkai
Daun kapuk (Ceiba pentandra) 3 lembar
Garam secukupnya
Gula aren secukupnya
Air matang ½ gelas

Cara Membuat:
Cuci sampai bersih daun seledri dan daun kapuk, lalu tambahkan garam dan gula aren secukupnya. Setelah semua bahan menjadi satu kemudian tumbuklah sampai lembut, tambahkan air matang setengah gelas, aduk ramuan sampai bercampur rata, lalau saring.
Minum ramuan secara rutin. Lakukan sebelum sarapan pagi.

Resep 2

Bahan:
Bawang putih
Madu
Air 1 gelas

Cara Membuat:
Iris kecil-kecil bawang putih lalu rebus hingga tinggal setengahnya. Tambahkan madu, aduk sampai rata.
Minum ramuan 2 x 1 hari. Tiap ramuan diminum sekali habis sampai sembuh. Hindari rokok, udara dingin, cukup istirahat serta mandi dengan air hangat.

Resep 3

Bahan:
Jahe 3 gr
Lengkuas 3 gr
Daun pacu kuda 3 gr
Keningar 3 gr
Kencur 3 gr
Daun iler 3 gr
Air bersih 2 gelas

Cara Membuat:
Setelah semua bahan dicuci bersih, jahe dan lengkuas diparut, kencur dihaluskaan atau ditumbuk bersama keningar, setelah itu campur jahe, kengkuas, kencur dan keningar yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan daun pacu kuda dan daun iler, potong-potong seperlunya terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah merebus semua bahan dengan dua gelas air bersih, biarkan hingga airnya tinggal 1 gelas, saring ramuan.
Minum obat herbal ini secara rutin.



Obat tradisional asma lainnya yang bisa dipilih adalah jahe, kapulogo, kemukus, cengkeh, daun sirih, bawang putih, cendana, kayu manis. Pilh resep sesuai dengan ketersediaan bahan.

Resep 1 
Bahan :
Jahe .......................... 1 ½  jari tangan
Bawang putih tua ...... 3 biji
Kayu cendana ..... ...... ½ jari tangan

Cara Meramu :
Bakar jahe, jangan sampai hangus.Setelah itu kupas dan geprek memarkan. Kupas bawang putih dan iris tipis. Kemudian rebus kedua bahan bersama kayu cendana dalam 3 gelas air hinggga tersisa separuhnya. Angkat dan saring. Simpan ramuan dalam botol steril.

Aturan Pakai :
Minum ramuan dengan disis sebagai berikut,
 - Anak umur  5 – 8 tahun, 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok maka
  -  Anak umur 9 – 12 tahun, 3 kali sehari, masing-masing 6 sendok makan.
- Dewasa, 3 kali sehari, , masing-masing 8 sendok makan

Peringatan :
Walaupun sudah minum ramuan ini, penderita tetap harus mentaati peraturan dan pantangan makan.

Resep 2
Bahan :
Daun sirih setengah tua ........... 3 lembar
Daun tanjung setengah tua ...... 5 lembar
Cengkih ..................................... 7 biji
Kemukus .................................... 7 biji
Kapulaga .................................... 7 biji
Kayu manis ................................ ½  jari tangan
Adas ........................................... ½  sendok teh
Gula batu sebesar telur ayam ..... 1 biji

Cara meramu :
Rebus semua bahan dalam 3 gelas air hingga kira-kira tersisa 1 ½ gelas. Angkat dan saring.  

Aturan pakai :
      Minum ramuan  dengan dosis sebagai berikut,
             - Anak umur 1-3 tahun, 3 kali sehari masing-masing,  1 sendok makan 
             - Anak umur 4 – 5 tahun, 3 kali sehari , masing-masing 2 sendok makan
            - Anak umur 6 – 8 tahun, 3 kali sehari, masing-masing  6 sendok makan

Resep 3 
Bahan :
Sereh tua .......................... 9 batang
Jahe .. ............................... 3 jari tangan
Gula aren / gula jawa ........ 1 lira

Cara meramu :
Bakar jahe, jangan sampai hangus. Kupas jahe tersebut lalu digeprek dimemarkan. Kupas satu lapis batang sereh, lalu bersihkan.
Kemudian geprek/memarkan serehnya . Selanjutnya rebus semua bahan dengan 6 gelas air sampai tersisa sekitar  5 gelas.
Ramuan ini dapat dijadikan  sebagai pengganti teh yang berkhasiat membantu melonggarkan pernafasan.

Aturan pakai :
Minum ramuan dalam keadaan segar. Jika merasa haus, minum ½ gelas untuk dewasa.
Untuk anak umur lebih dari 6 tahun, cukup minum ¼ gelas saja saat haus.
Bagi anak umur 4 – 5 tahun cukup 2 sendok makan.
Bagi anak umur 1 – 3 tahun, minum 1 sendok makan

Resep 4 
Ramuan ini bisa juga digunakan untuk mengobati  batuk 
(Obat Tradisional  Batuk Hitam =  OBH)
Bahan :
Daun Sirih setengah tua................... 5  lembar
Jahe emprit  ..................................  3  jari tangan
Adas ..............................................1  sendok teh
Kayu manis ................................... 1  jari  tangan
Kapulogo .....................................  7  butir
Kemukus ......................................  7  biji
Cengkih ......................................... 7  biji
Gula batu sebesar telur itik ............  2  biji
Gula Pasir ...................................... 1 sendok makan
Minyak permen .............................. 3 tetes

Cara meramu :
Sangrai gula sampai hangus (gosong), lalu tuangi air sebanyak 5 gelas, Jahenya dicuci dan dibakar.Kemudian masukan juga  bahan lainnya, terkecuali minyak permen.
Rebus terus bahan dengan api sedang  dan diangakat  sampai  airnya tersisa sekitar 3 gelas. Angkat dan saring. Setelah dingin, teteskan minyak permen dan aduk rata.

Aturan pakai :
Minum ramuan dengan dosis sebagai berikut,
-  Anak umur 5 – 8 tahun, 3 kali sehari, masing-masing 2 sendok makan.
- Anak umur 9 tahun ke atas, 3 kali sehari, masing-masing 2 ½  sendok makan



Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

Contact Form

Name

Email *

Message *