31 May 2014

Kumpulan resep obat herbal demam berdarah



Penyakit Demam Berdarah dengue atau yang disingkat sebagai DBD adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti betina lewat air liur gigitan ketika menghisap darah manusia. Selama nyamuk aedes aegypti tidak terkontaminasi virus dengue maka gigitan nyamuk DBD tersebut tidak berbahaya.

Jika nyamuk tersebut menghisap darah penderita DBD maka nyamuk menjadi berbahaya karena dapat menularkan virus dengue yang mematikan. Untuk itu perlu pengendalian nyamuk jenis aedes aegypti agar virus dengue tidak menular. 

Tanda Tanda Penyakit Demam Berdarah

Ketahui dari sekarang ciri ciri penyakit demam berdarah yang akan ditimbulkan dan memberikan gejala gejala penyakit demam berdarah yang umumnya sepertI berikut ini:
  • Demam dan menggigil
  • Mengeluarkan keringat berlebih
  • Lemah dan lesu
  • Adanya rasa nyeri di seluruh tubuh
  • Adanya ruam yang timbul ketika awal demam atau panas berbentuk flushing
  • Adanya Pendarahan dari luar dan dala
  • Mual dan muntah
  • Timbul rasa sakit kepala
  • Timbulnya rasa panas di belakang bola mata
  • Timbul rasa sakit perut
  • Diare atau sulit buang air besar.
Beberapa gejala yang ditimbulkan dari penderita demam berdarah dengue:
  • Demam mendadak 2 – 7 hari dengan suhu 38 – 40 derajat Celsius
  • Sakit Kepala
  • Nyeri di belakang mata
  • Rasa nyeri pada otot tubuh
  • Tulang terasa nyeri
  • Munculnya bercak merah dikulit (ruam)
  • Sel darah putih (Leukosit) menurun/ rendah
  • Munculnya tanda pendarahan
  • Uji serologi Dengue dinyatakan positif
  • Ada tetangga yang sudah positif terjangkit DBD.

Berikut merupakan beberapa jenis tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengatasi demam berdarah (dan juga khasiat kesehatan lainnya):

Meniran
Meniran atau Phyllanthus Urinaria memiliki kandungan yang dapat meningkatkan trombosit darah sehingga sangat baik digunakan sebagai obat alternatif dalam mengatasi demam berdarah dengue (DBD). Di dalam Meniran terkandung zat yang disebut flavonoid yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Selain itu, Meniran juga mengandung beberapa senyawa berkhasiat lainnya seperti alkaloid, asam fenolat, tanin, dan triterpenoid. Selain dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah, rebusan daun Meniran juga sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit lainnya seperti penyakit hati, penyakit kelamin, obat batuk, anti-diare, sariawan, panas dalam, dan lainnya.

Kunyit
Sama halnya dengan Meniran, kunyit atau nama latinnya Curcuma domestica ini juga bermanfaat untuk mengobati demam berdarah. Di samping itu, kunyit juga memiliki khasiat lainnya seperti anti-mikroba, anti-virus HIV, antioksidan, anti-tumor, anti-invasi sel kanker, menghambat perkembangan tumor payudara, dan juga mengobati penyakit pencernaan.

Pepaya Gandul
Beberapa kandungan yang dimiliki oleh pepaya antara lain kontinin, miosmin, glikosida, karposid, karpain, papain. Pepaya yang lebih efektif digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah ialah daun Pepaya jantan (Pepaya Gandul).

Adapun manfaat lainnya dari daun Pepaya (selain untuk pengobatan demam berdarah) yakni untuk obat pencahar, demam malaria, penyakit cacing, merangsang sistem ekskresi empedu serta membantu proses pencernaan.

Menurut hasil penelitian, kandungan Papain dalam daun Pepaya memiliki efek terapi pada penderita pembengkakan organ hati, kelamin, mata dan usus halus. Adanya pembengkakan organ hati ditemukan pada penderita demam berdarah. Daun Pepaya juga memiliki manfaat sebagai antioksidan, anti-koagulan, dan dapat menyembuhkan luka pada lambung dan usus.

Temu Ireng
Temu ireng juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit akibat kerusakan sel-sel hati yang biasanya terjadi pada penderita demam berdarah. Selain itu, Temu ireng memiliki manfaat lainnya seperti untuk mengobati luka lambung dan usus, penyakit asma, batuk, menambah nafsu makan, mencegah terjadinya obesitas, rematik, dan lainnya.

Jambu Biji
Sama halnya dengan Meniran, Jambu biji juga mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Dalam daun Jambu biji terbukti mengandung tanin, minyak atsiri, dan minyak lemak. Dalam buahnya mengandung vitamin C yang tinggi.

Dalam sejumlah penelitian, terungkap bahwa daun Jambu biji sudah terbukti dapat menghambat aktifitas enzim reverse transcriptase dari virus dengue, kandungan tanin yang mampu menghambat enzim reverse transcriptase maupun DNA polymerase dari virus serta menghambat terjadinya pertumbuhan virus yang berinti DNA maupun RNA.

Menurut uji klinis, pemberian ekstrak kering daun Jambu biji selama 5 hari bisa mempercepat pencapaian jumlah trombosit >100.000/µl, pemberian ekstrak kering setiap 4-6 jam meningkatkan jumlah trombosit >100.000/µl setelah 12-14 jam, tanpa menimbulkan efek samping yang berarti.

Cara membuat resep herbal untuk obat demam berdarah:

Cara 1
Bahan:
Kelapa muda hijau 1 butir
Jeruk nipis 

Cara Membuat:
Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya. Lalu ambil kelapa muda hijau, lubangi bagian atasnya. Tambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam buah kelapa muda hijau.
Minum ramuan setiap hari secara rutin.

Cara 2
Bahan:
Jambu biji atau Jambu klutuk (Psidium guajava)
Temulawak 10 gr
Kunyit 10 gr

Cara Membuat:
Cuci sampai bersih buah jambu biji, temulawak dan kunyit. Setelah itu potong-potong secukupnya semua bahan, kemudian diblender atau dibikin jus.
Minum sehari dua kali. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Cara 3
Bahan:
Daun jambu biji (Psidium guajava) 25 gr
Temulawak 10 gr
Sambiloto 10 gr
Madu murni secukupnya
Air bersih 600 ml

Cara Membuat:
Cuci daun jambu biji, temulawak dan sambiloto sampai bersih. Setelah bersih kemudian rebus dengan 600 ml air bersih, biarkan hingga airnya tinggal setengahnya. Sebelum diminum tambahkan madu murni secukupnya.
Minum obat herbal ini sehari dua kali. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Cara 4
Bahan:
Daun jambu biji (Psidium guajava) 10 lembar
Daun dewa 5 lembar
Jeruk nipis 1 buah
Madu 1 sendok teh
Air bersih 5 gelas

Cara Membuat:
Cuci daun jambu biji dan daun dewa. Setelah itu rebus dengan 5 gelas air bersih, biarkan beberapa saat hingga airnya tinggal 2 gelas. baru kemudian diangkat, dinginkan, saring. Sebelum diminum tambahkan madu murni secukupnya.
Minum ramuan sehari dua kali. Setiap kali minum sebanyak 2 gelas. Lakukan sampai sembuh.

Cara 5
Bahan:
Herbal meniran 10 gr
Herbal pegagan 10 gr
Air bersih 5 gelas

Cara Membuat:
Cuci herbal meniran dan pegagan sampai bersih. Kemudian rebus dengan lima gelas air bersih, biarkan hingga airnya tinggal tiga gelas.
Minum 2 x 1 hari. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Cara 6
Bahan:
Herbal pegagan 16 gr
Herbal tapak dara (Catharantus roseus) 15 gr
Daun dewa 15 gr
Daun jambu biji (Psidium guajava) 10 lembar
Air bersih 600 ml

Cara Membuat:
Cuci herbal pegagan, tapak dara, daun dewa, serta daun jambu biji sampai bersih. Kemudian rebus dengan air bersih, biarkan hingga airnya tinggal setengahnya. Setelah itu baru diangkat dari perapian, dinginkan, lalu saring.
Minum sehari dua kali. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Cara 7
Bahan:
1 buah Daun Pepaya (*)
1 genggam pohon meniran (kurang lebih 5 – 6 pohon) (*) banyak tumbuh ditempat yang lembab, daunnya mirip daun duri yang ketika tersentuh kemudian menutup, tapi dibalik daun itu ada bintik bintik sebesar menir (beras)
1 ruas (ibu jari) temu ireng(*)
1 ruas (ibu jari) kunyit kuning (*)
1 ujung sendok teh garam dapur
air matang 500 ml

Fungsi masing masing ramuan:
1. Daun pepaya, untuk membunuh virus
2. Kunyit sebagai anti biotik
3. Temu ireng menyembuhkan luka lambung, sekaligus menaikkan nafsu makan
4. Daun meniran untuk menaikkan trombosit.
5. Garam untuk menaikkan tekanan darah.

Cara pembuatan:
Semua bahan herbal alami tersebut dicuci bersih, lalu (*) ditumbuk, Air matang dituang kedalam hasil tumbukan Hasil tumbukan diperas Sarinya ditampung di tempat yang bersih dan diberi garam dapur Aduk garam dapur sampai larut, Ramuan ini diminum sehari 3 kali sesudah makan. 

500 ml ramuan cukup untuk 3 kali minum, jangan lupa sediakan segelasair putih yang langsung diminum setelah meminum ramuan ini, karena ramuan ini rasanya pahit sekali dan asin juga agak berbau.

Efek sampingan dari ramuan diatas :
penderita sakit akan merasa haus sekali dan lapar sekali sesaat setelah meminum ramuan ini.

Bila anda hanya ingin menambah jumlah trombosit di dalam tubuh anda, anda juga bisa membuat ramuan berikut ini:

2 sendok makan angkak (seperti beras atau ketan yg berwarna merahdan biasanya tersedia di pasar atau di supermarket deretan bumbu-bumbu Cina)

* 2 gelas air Rebus sampai mendidih dan menjadi hanya 1 gelas.
* Dinginkan lalu minum

Atau ramuan diatas tanpa pohon meniran: daun pepaya, kunyit kuning,kunyit hitam, garam dan air.

Cara 8
Bahan:
Ambil pucuk daun ubi jalar kira-kira sebanyak satu ikat ( kurang lebih 20 an pucuk), lalu cuci bersih.

Cara pembuatan:
Rebus dengan 1 liter air selama +/-  1 jam. Alat merebus sebaiknya dari bahan tanah atau kaca (menurut pakar herbal, prof. Hembing sangat baik dibanding pakai panci dari alumunium). Tapi kalau tidak ada tidak mengapa.

Lalu saring rebusan daun ubi jalar tadi dan ambil airnya lalu minumkan ke penderita DBD sebagai pengganti air minum.  Dosisnya +/- seliter sehari (cukup 1 kali rebusan).


Resep obat demam berdarah lainnya:

Resep 1
10 g sambiloto
30 g temulawak
25 g daun jambu biji
Madu secukupnya
Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
Tambahkan madu, minum 2 kali sehari.

Resep 2
1 sdt angkhak
1 buah jambu biji merah yang matang
7 butir angco (kurma tiongkok)
Haluskan bahan, lalu seduh dengan 100 cc air panas.
Setelah hangat, gunakan airnya untuk memblender jambu biji.
Tambahkan angco, lalu minum 2-3 kali sehari secara teratur.

Resep 3
15 g tapak dara
15 g pegagan
15 g daun dewa
5 butir angco
Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring.
Minum 2 kali sehari.

Resep 4
Buatlah jus yang terdiri dari jambu klutuk/jambu biji secukupnya, 10 gram kunyit, dan 10 gram temu lawak.
Pemakaian : Minum 2 kali sehari

Resep 5
30 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc.
Pemakaian : Minum selagi hangat sebanyak 2 kali sehari

Resep 6
Rebus 30 gram daun patikan kebo dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.
Pemakaian : Minum selagi hangat 2 kali sehari

Resep 7
Jika demam tinggi: 60 gram daun sambiloto direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc.
Pemakaian : Minum airnya selagi hangat, konsumsi 2 kali sehari

Resep 8
Lubangi ujung 1 butir buah kelapa. Peras 1 butir jeruk nipis, lalu masukkan airnya ke dalam kelapa.
Pemakaian : Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Resep 9
10 gram meniran dan 10 gram pegagan dicuci bersih, lalu rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas air.
Pemakaian : Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.


Minuman jus yang bisa membantu menambah kadar  trombosit dalam tubuh:

1. Jus Kulit Manggis.
Kulit manggis begitu banyak mempunyai kandungan gizi dan khasiat, antara lain untuk mempercepat pemulihan kondisi saat sakit demam berdarah karena mengandung super antioksidan dalam kulitnya.

2. Sari buah Kurma
Sari buah kurma belakangan sering terdapat di samping pasien demam berdarah. Kala terserang demam berdarah biasanya trombosit dalam tubuh akan berkurang dengan drastis dan bisa jadi mengakibatkan kematian. Sari buah kurma dapat dengan cepat menaikkan kadar trombosit dalam tubuh pasien.

3. Jus Jambu Biji
Jambu biji atau jambu merah dipercaya dapat dengan cepat mendongkrak trombosit. Bahkan beberapa dokter di rumah sakit menyarankan pasiennya mengkonsumsi jus jambu biji ini secara teratur guna menaikkan trombosit.

Selain mengkonsumsi tiga jus tersebut, tentu saja untuk memastikan apakah trombosit sudah mengalami kenaikkan harus melalui cek laboratorium.



Sumber: dari berbagai sumber.


3 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *