11 May 2014

Tanaman Herbal Keji Beling



KEJI BELING

Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh”, sementara di tanah pasundan dikenal dengan sebutan “remek daging”, “reundeu beureum”, dan orang ternate menyebutnya dengan nama “lire”. 

Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Kegunaannya sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol. 

Daun tanaman ini selain direbus untuk diminum airnya, juga dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut. Untuk mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. Sama juga prosesnya untuk mengobati batu ginjal. Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari. Demikian pula untuk mengobai penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag dengan cara dimakan secara teratur.

Berikut adalah resep keji beling untuk pengobatan:

1. Mengobati kencing batu

Bahan: Daun Keji beling 1 gram; Daun tembuyung 10 gram; 
Caranya: Cuci semua bahan sampai bersih. Kemudian rebuslah dengan menggunakan  100ml air. Minumlah sehari sekali sebanyak 1/4 gelas secara teratur.

2. Mengobati kencing manis

Bahan: Segenggam daun keji beling
Caranya: Rebuslah daun keji beling dengan 5 gelas air. Biarkan sampai airnya tinggal separuhnya. Biarkan dingin dan diminum 3 kali sehari satu gelas.

3. Mengobati batu ginjal

Bahan: Daun keji Beling; Meniran segar; Daun ungu 
Caranya: Rebuslah semua bahan tersebut dengan 5 gelas air dan biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal separuhnya. Biarkan hingga dingin dan saring hingga tak ada ampasnya. Minumlah 3 kali sehari 1/2 gelas setiapkali minum.

4. Obat sembelit

Bahan: Daun keji beling segar 1/2 genggam 
Caranya: Cucilah terlebih dahulu daun keji beling sampai bersih. Kemudian rebuslah dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tinggal setengahnya. Minumlah ramuan tersebut secara rutin. 

5. Mengobati diabetes mellitus

Bahan: Daun Keji Beling mentah dan segar 4 lembar
Caranya: Daun keji beling dicuci bersih dan dimakan mentah mentah dijadikan sebagai lalapan. Lakukan secara sering dan teratur.

6. Batu kandung empedu

Cuci 5 lembar daun keji beling segar, 7 lembar daun ungu segar, sampai bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Air rebusan diminum seperti teh.

7. Kencing kurang lancar

Cuci 25 g daun keji beling segar sampai bersih kemudian di rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum sekaligus. Minum pada pagi atau siang hari.

8. Wasir

Rebus 40 g daun keji beling segar dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas (untuk 3 hari). Setelah dingin, saring air rebusan dan minum 3 kali  masing-masing 1 gelas per hari. 

9. Tumor

Bahan: Daun Keji Beling mentah dan segar 3 lembar.
Cara pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.
Pantangan: Ikan Asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkong, nangka, es, alkohol dan tape, limun dan vitzin.

10. Lever (sakit Kuning)

Bahan: Daun Keeji Beling mentah dan segar 3 lembar.
Cara Pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.
Pantangan: makanan yang mengandung lemak.

11. Kolesterol tinggi

Bahan: Daun Keji Beling mentah dan segar 3 lembar.
Cara Pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.
Pantangan: makanan yang berlemak.

12. Maag

Bahan: Daun Keji Beling mentah dan segar 3 lembar.
Cara Pemakaian: dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.
Pantangan: makanan pedas atau asam.

13. Kena Bisa Ulat dan Semut Hitam
Bahan: Daun Keji Beling mentah dan segar 1 lembar.
Cara Pemakaian: digosokkan pada bagian tubuh yang gatal hingga daun tersebut mengeluarkan air dan hancur. Dilakukan 2 kali setelah berselang 2 jam.



Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

  1. Yang butuh bibit tanaman Kejibeling, Pegagan,Sambiloto dan kumis kucing bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia @Trims Prabowo JOgja

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *