17 May 2014

Atasi kebotakan secara alami



Rambut adalah mahkota, tidak hanya bagi wanita namun juga pria. Kebotakan dapat menyebabkan rasa percaya diri anda menurun. Apalagi jika teman-teman anda sampai menyinggung jumlah rambut anda yang kian menipis. Kebotakan bisa terjadi pada wanita dan pria. Penyebab rambut botak adalah kerontokan rambut yang parah pada kulit kepala. Kerontokan rambut dapat disebabkan banyak faktor, misalnya: faktor keturunan atau genetik, penyakit yang diderita, meminum obat-obatan tertentu, lingkungan yang panas, dampak negatif AC, salah menggunakan produk shampo, kesalahan dalam penanganan dan perawatan rambut. Kerontokan rambut sebenarnya merupakan sesuatu yang alami. Setiap harinya, rambut anda bisa rontok hingga 100 helai dan itu termasuk normal. Namun, jika kerontokan parah yang berakibat pada kebotakan telah terlanjur terjadi, anda dapat segera mengaplikasikan beberapa ramuan-ramuan alami atau obat rambut botak sehingga rambut anda akan tumbuh kembali.

Adapun beberapa cara alami menumbuhkan rambut di kepala Anda adalah:

Minyak kelapa
Cara alami menumbuhkan rambut adalah dengan minyak kelapa. Ketombe dapat menghalangi pertumbuhan rambut. Untuk menghilangkan ketombe dan rambut lebih cepat tumbuh, Anda dapat mengusapkan minyak kelapa pada kulit kepala hingga rambut. Pastikan seluruh akar rambut terkena minyak kelapa. Jika proses ini dilakukan setiap hari, maka dalam waktu 15 hari, ketombe akan hilang dan  akar rambut yang kuat, sehingga pertumbuhan rambut bisa lebih cepat.

Ginkgo Biloba
Gingko biloba adalah bahan alami untuk menumbuhkan rambut di kepala anda. Tanaman yang berasal dari Cina ini terkenal untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya adalah untuk mengatasi kerontokkan rambut. Pengobatan alternatif ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menguatkan batang rambut. Cara perawatan menggunakan ginkgo biloba adalah dengan mengoleskan minyak ginkgo biloba pada rambut dan kulit kepala. Minyak ginkgo biloba bisa didapatkan di apotik atau di toko obat cina.

Santan
Santan juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menumbuhkan rambut. Cara ini sudah populer sejak dahulu kala. Terapkan 300 hingga 500 ml santan ke kulit kepala dan rambut, tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Dengan melakukan perawatan ini, rambut juga akan menjadi lebih lembut dan mengkilap. Bila dilakukan secara teratur, dapat terlihat hasil yang signifikan dalam pertumbuhan rambut. Lakukan proses ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Minyak zaitun
Minyak zaitun tidak hanya meningkatkan proses pertumbuhan rambut, tetapi juga dapat menyehatkan kondisi kulit kepala Anda. Caranya cukup teteskan empat hingga lima tetes minyak zaitun setelah keramas, lalu pijatlah kulit kepala. Sebaiknya, lakukan pada malam hari agar kandungan minyak zaitun terserap pada kulit kepala. Pada pagi harinya, cuci rambut hingga bersih.

Telur
Cara alami menumbuhkan rambut dapat dilakukan dengan memanfaatkan kuning telur. Terapkan kuning telur pada rambut dan kulit kepala. Kemudian, pijatlah kulit kepala selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo, agar tidak meninggalkan aroma amis pada rambut. Ada baiknya, melakukan proses ini tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Kulit Apel
Kulit apel memiliki beberapa vitamin dasar yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu dapat menumbuhkan rambut secara sempurna. Buah yang kaya polifenol ini dapat memerangi masalah rambut rontok. Kulit apel dapat menjadikan rambut lebih sehat dan bernutrisi. Haluskan kulit apel, lalu terapkan pada rambut, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Teh Hijau
Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat sirkulasi darah ke rambut menjadi lebih baik. Selain itu, teh hijau juga berfungsi untuk membuat pertumbuhan rambut lebih cepat dan sehat. Cara perawatannya adalah dengan menyeduhkan teh hijau, lalu balurkan pada kulit kepala dan seluruh rambut. Lalu bungkus rambut menggunakan handuk, tunggu hingga 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Biji Kemiri
Biji kemiri memiliki kandungan yang dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut. cara yang dilakukan adalah dengan membakar biji kemiri hingga hangus kemudian digiling. Kemudian oleskan ke bagian rambut. Baik dilakukan pada malam hari tapi jangan lupa untuk membungkus kepala agar bantal tidak ikut hitam. Keramaslah besok harinya dengan shampo.


Ramuan Obat Herbal Tradisional  resep leluhur untuk rabut botak:

Resep 1

1 buah jeruk nipis diambil airnya, oleskan air jeruk nipis tersebut pada kulit kepala hingga merata. Setelah agak kering, oleskan juga kuning telur ayam pada kulit kepala hingga merata. Kepala dibalut dengan handuk selama semalam. Keesokan harinya dikeramas hingga bersih.

Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Resep 2

Air teh kental didiamkan selama semalam

Pemakaian : Gunakan keesokkan harinya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat secara merata dan biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu.

Resep 3

Ambil kemiri secukupnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu kemiri ditumbuk hingga halus. Tambahkan air secukupnya kemudian direbus hingga keluar minyaknya.

Pemakaian : Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala hingga merata. Setelah agak kering, lakukan secara teratur 2 kali seminggu.

Resep 4

Rendam Cabai rawit secukupnya d dengan alkohol 75 % selama 14 hari, airnya dioleskan pada kulit kepala. Lakukan setiap hari.

Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Resep  5

Seledri beserta tangkai secukupnya, dicuci bersih, lalu haluskan.

Pemakaian : Oleskan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Lakukan setiap hari

Resep 6

Daun pare segar secukupnya dicuci bersih , haluskan, lalu peras.

Pemakaian : Gunakan airnya untuk keramas dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Resep 7

Kupas daun lidah buaya

Pemakaian : Gosokkan di kepala sampai merata dan biarkan selama beberapa jam, lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu.

Resep 8

Siapkan 10 lembar daun waru muda yang segar, segenggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 1 lembar daun pandan, 10 kuntum bunga melati, dan 1 kuntum bunga mawar. Setelah disiapkan cuci bersih bahan, potong-potong, masukkan ke dalam panci, tambahkan ½ cangkir minyak kelapa dan ½ cangkir minyak wijen, lalu panaskan sampai mendidih. Setelah dingin, saring.

Pemakaian : Oleskan di kulit kepala sambil dipijit-pijit. Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan esok paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Resep 9

Diamkan air teh kental selama semalam

Pemakaian : Gunakan keesokan harinya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat secara merata dan biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu.

Resep 10

Untuk cara menumbuhkan rambut yang alami lainnya dengan menggunakan campuran dari minyak  zaitun panas. Minyak zaitun panas ini dicampur dengan 1 sdm madu, dan 1 sdt bubuk kayu manis yang dilakukan sebelum mandi. Caranya adalah dengan mengoleskan di kepala dan kemudian didiamkan selama kurang lebih 5-15 menit, dan kemudian setelah itu bilaslah.

Resep 11

Cara menumbuhkan rambut dengan menggunakan madu dan minyak zaitun dengan cara campurlah  1/2 gelas madu dan juga ¼ gelas minyak zaitun (atau gunakan 2 sdm minyak untuk jenis rambut yang normal). Kemudian olesilah rambut dengan menggunakan campuran madi dan juga minyak zaitun hingga benar-benar merata. Bukalah tutup kepala, kemudian keramaslah rambut sampai  bersih dan keringkan.

Resep 12

Bayam memiliki kandugnan protein, lemak, fosfor, vitamin A, B1, dan C yang dapat menyuburkan rambut kepala. Daun bayam juga mudah didapatkan. Bayam secukupnya yang sudah dicuci, digilling halus. Lalu ditambah dengan air matang sebanayk setengah cangkir dan madu satu sendok makan. Lalu peras dan saring. Minum air perasan tersebut sehari 2 kali setengah cangkir.

Resep 13

Bahan: Buah tua asam jawa secukupnya, air secukupnya
Pemakaian: Campurkan buah asam jawa dan air, lalu gunakan untuk mengurut kulit kepala, setelah itu rambut dicuci dengan air.

Resep 14

Bahan: Daun anyang-anyangan secukupnya
Pemakaian: Daun anyang-anyangan ditumbuk kemudian diperas hingga keluar getahnya. Oleskan getah tersebut pada bagian rambut yang rontok.

Resep 15

Ramuan ini digunakan untuk menumbuhkan rambut dan menguatkan akar-akar rambut.
Bahan: Minyak jarak pagar secukupnya
Pemakaian: Kulit kepala dibasahi dengan minyak jarak pagar sambil dipijat-pijat. Lakukan cara ini seminggu sekali.

Resep 16

Bubuk biji lada hitam dicampur dengan kapur untuk dibuat pasta. Pasta ini harus diterapkan pada area yang botak.

Resep 17

Bawang juga berguna untuk mengobati kebotakan. Bawang harus digosok pada daerah yang mengalami kebotakan sampai daerah sedikit berubah merah. Kemudian madu juga harus diterapkan pada area.

Resep 18

Menempatkan potongan Gooseberry kering dalam minyak kelapa dan direbus, efektif untuk pertumbuhan rambut. Hal ini diyakini menjadi salah satu solusi alami terbaik untuk rambut rontok.

Resep 19

Menggunakan minyak kelapa dicampur dengan air jeruk nipis juga cara lain yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Resep 20

250 gram minyak mustard yang direbus dengan 100 gram daun pacar untuk membuat pasta yang menjamin pertumbuhan rambut sehat.


Beberapa tips sederhana untuk menghindari penyakit kebotakan/kerontokan pada rambut, diantaranya:
  • Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, maka dari itu setelah keramas keringkan dengan handuk supaya tidak lepek tetapi rambut jangan dibalut dengan handuk setelah itu, biarkan saja rambut mengering dengan sendirinya.
  • Saat menyisir rambut, gunakanlah sisir yang bergerigi jarang untuk menghindari rontoknya rambut dari akar yang sudah merapuh. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terlebih dahulu menggunakan hairdryer selama menjalani perawatan, karena akan merusak kelembaban rambut.
  • Setelah rambut mengering sebaiknya jangan mengikat atau menjepitnya, karena akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Sebaiknya biarkan rambut tergerai.
  • Saat anda akan bepergian ke suatu tempat dan kondisi cuaca sedang terik, sebaiknya gunakanlah payung atau penutup kepala untuk menghindari sengatan sinar matahari langsung ke kepala. Karena sengatan tersebut akan membuat kulit kepala berkeringat dan akan berpengaruh terhadap kelembapan rambut.
  • Lakukan creambath, hair masker atau hairloss treatment, dua kali dalam sebulan untuk membantu mengembalikan kesuburan dan keindahan rambut. Namun jika kerontokan rambut anda sudah tidak bisa tertangani sendiri oleh anda, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada pakar kesuburan rambut, untuk segera diberikan penanganan agar rambut tidak semakin parah rontoknya.



Sumber: dari berbagai sumber.



1 comment:

Contact Form

Name

Email *

Message *