16 January 2017

Penemuan senyawa buah penghancur batu ginjal



Peneliti dari University of Houston, Amerika Serikat, baru-baru ini mengajukan prosedur baru menghilangkan batu ginjal yaitu dengan menggunakan senyawa asam hydroxycitrate (HSA). Menurut pemimpin studi Jeffrey Rimer ekstrak HSA yang diambil dari buah terbukti mampu menghancurkan dan mencegah terbentuknya kristal.

"HCA menunjukkan potensi menjanjikan untuk menjadi terapi pencegahan batu ginjal. HCA mungkin bisa lebih diutamakan untuk terapi daripada asam sitrat," kata Rimer seperti dikutip dari situs resmi University of Houston, Kamis (11/9/2016).

Selama ini asam sitrat yang banyak terdapat pada buah seperti jeruk dan lemon memang dianjurkan untuk pasien batu ginjal. Biasanya asam sitrat diresepkan dalam bentuk suplemen namun tak semua orang nyaman mengonsumsinya karena bisa menimbulkan efek samping.

HSA sendiri di alam banyak terdapat dalam buah seperti asam gelugur yang asli dari Indonesia.

Penyakit batu ginjal adalah masalah yang umum menyerang laki-laki pada usia produktif disebabkan karena adanya deposit seperti batu keras yang terbentuk di ginjal. Gejala yang ditimbulkan bisa rasa sakit, pegal di bagian pinggang, kolik, atau pada kasus yang parah bisa juga menimbulkan infeksi saluran kemih.

Penyebab dari penyakit ini dijelaskan oleh spesialis urologi dr Dimas Nugroho, SpU, dari RS Bethsaida bisa bermacam-macam mulai dari faktor keturunan, masalah metabolisme, hingga gaya hidup seperti kebiasaan minum dan makan.

Kebiasaan untuk minum air putih ini terutama yang berkaitan dengan masalah metabolisme tubuh sehingga bisa terbentuk batu ginjal. Seorang pria disebut dr Dimas lebih berisiko dari perempuan karena faktor pekerjaan yang lebih aktif memungkinkan seringnya terjadi dehidrasi, membuat cairan kencing lebih pekat, dan pada akhirnya terjadi kristalisasi di ginjal.

Untuk mencegah batu ginjal cara paling sederhana adalah dengan rajin menjaga kondisi tubuh selalu cukup terhidrasi. Namun di luar hal itu, dr Dimas menyarankan juga seseorang bisa mengonsumsi asupan asam sitrat.

Untuk mencegahnya salah satu yang bagus itu adalah dengan banyak mengonsumsi sitrat. Sitrat banyak terkandung di jeruk terutama jeruk nipis. Sitrat itu sudah terbukti dalam penelitian dia bisa mencegah partikel batu untuk jadi berikatan. Jadi yang mencegah itu satu sitrat kedua jaga supaya air kencing jadi encer.

Nah terkait hal tersebut infused water atau air yang telah dicampur dengan irisan buah disebut dr Dimas bisa menjadi solusi yang baik. Dengan mencampurkan irisan jeruk nipis atau lemon, kandungan sitrat di dalam buah bisa masuk ke dalam air sehingga dengan mengonsumsinya dua cara pencegahan batu ginjal bisa terpenuhi.






Sumber: health detik.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *