09 January 2017

Tips atasi gejala asam lambung tinggi secara alami



Penyakit naiknya asam lambung, atau dalam istilah medis disebut GERD, memang sering dianggap penyakit sepele bagi sebagian orang.

Padahal, GERD termasuk penyakit kronis, yang bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang berujung pada kematian.

Gejla yang paling umum ditandai rasa nyeri atau panas seperti terbakar di sekitar dada. Kondisi ini disebut dengan heart burn, kemudian diikuti dengan gejala lain seperti mulut memahit karena naiknya asam lambung.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang menderita GERD. Bisa karena kegemukan, kebanyakan makan cokelat, keju atau lemak tinggi, rokok, alkohol. Bisa juga orang itu punya kebiasaan makan dua jam sebelum tidur.

GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti munculnya lesi pra-kanker, erosi gigi, penyakit tenggorokan kronis (faringitis), asma, hingga paru-paru (Fibrosis paru Idiopatik). Hal ini terjadi karena asam lambung yang naik akan menyebabkan bagian-bagian yang terkena menjadi luka.

Asam lambung ini kan normalnya ada di lambung. Tapi, bisa juga naik ke kerongkongan, terus balik arah sampai paru-paru. Ini yang membuat pita suara orang jadi serak, atau kalau naik ke paru-paru bisa jadi sesak napas.

Jika mengalami keluhan seperti yang disebutkan, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Biasanya akan diberikan obat anti sekresi asam lambung.


Ada beberapa minuman yang harus dihindari penderita GERD:

Alkohol dan minuman berkarbonasi
Alkohol dapat merangsang lambung untuk memproduksi asam lebih banyak. Sementara minuman berkarbonasi akan membuat perut terasa penuh dan tak nyaman.

Minuman berkafein
Kafein memperburuk kadar asam di lambung. Mminuman berkafein terdapat pada kopi, teh, dan soda. Mengurangi minuman ini membantu meminimalisir gejala.

Cokelat
Beberapa jenis cokelat mengandung kafein yang dapat meningkatkan gejala asam lambung. Hindari cokelat dalam bentuk minuman cokelat panas.

Jus buah citrus
Jus yang terbuat dari buah citrus rentan memperburuk kondisi pasien GERD.


Kebalikan dari minuman di atas, maka minuman ini justru bisa meminimalisir gejala asam lambung:

Teh jahe
Jahe adalah penenang perut yang alami, yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung. Gunakan madu sebagai pemanis terbaik.

Yogurt
Produk susu terkadang efektif mengurangi gejala GERD. Namun, disarankan minum yogurt dengan rasa tawar, bukan yogurt dengan rasa buah.

Susu
Susu rendah lemak dapat meringankan gejala. Sebaliknya, susu dengan kandungan lemak tinggi dapat memperburuk gejala. Susu almond juga efektif karena cara kerjanya yang mampu menetralisir keasaman.


Obat alami lainnya yang bisa membantu meredakan gejala asam lambung yang tinggi adalah sebagai berikut:

Mentimun

Cara Membuat Ramuan:
  • Pilih Mentimun yang masih segar. Pastikan kulit mentimun berwarna hijau tanpa bintik-bintik kuning atau hitam. Mentimun yang berwarna kekuningan atau layu menunjukkan bahwa mentimun tersebut kurang segar.
  • Iris memanjang mentimun setebal kurang lebih 1 cm. Makan 2 potong setiap 2 jam untuk menyembuhkan kelebihan asam lambung.
  • Anda dapat makan irisan mentimun lebih banyak atau sedikit tergantung pada keparahan gejala.
  • Kupas kulit dan buang biji mentimun untuk menjaga kesegaran dan kandungan nutrisinya.
  • Campur mentimun dengan bahan-bahan lain yang juga berkhasiat meredakan keasaman lambung, seperti yogurt, wortel, mint, atau bawang putih mentah.
  • Cara lain, campur 1 cangkir yoghurt dan setengah buah mentimun parut dengan garam, merica, dan bawang putih secukupnya.
  • Anda bisa mencampurkan saus ini pada salad atau roti untuk mencegah keasaman lambung.
  • Gunakan irisan mentimun dalam salad, tapi jangan terlalu banyak menggunakan cuka untuk menyembuhkan keasaman lambung.
  • Cuka yang terlalu banyak hanya akan membuat lambung semakin asam.

Kunyit

Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung yang telah dilakukan, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan yang signifikan.

Caranya:

  • Siapkan kurang lebih 2 jari tangan kunyit.
  • Dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang.
  • Setelah itu, diperas melalui kain bersih.
  • Hasilnya didiamkan dan diambil airnya.
  • Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan.
  • Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Kacang Hijau

Kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk pengobatan sakit maag karena mampu menebalkan lapisan lambung. Selain itu, juga bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Cara mengkonsumsinya cukup makan bubur kacang hijau buatan sendiri yang tanpa santan. Usahakan jangan terlalu lama memasaknya. Makan bubur tersebut secara rutin pagi dan sore hari.


Kencur

Caranya:
  • Ambil lebih kurang 1 jari rimpangnya.
  • Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya.
  • Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, kemudian minum air hangat.
  • Lakukan 3 kali dalam sehari secara rutin.

Pisang Raja

Buah ini mampu melindungi selaput lendir lambung dari asam lambung karena mengandung antitukak peptik (anti luka pada lambung). Cara menggunakannya sangat mudah : 
  • Pilih pisang yang sudah tua tetapi belum matang. 
  • Potong pisang tersebut kecil-kecil menyerupai keripik. 
  • Jemur potongan tersebut dengan cara diangin-anginkan. 
  • Setelah kering, blender atau tumbuk hingga terlihat seperti tepung. 
  • Cara mengkonsumsinya cukup campur 2 sendok bubuk pisang tadi dengan madu asli, setelah itu diminum pada pagi dan malam hari.

Lidah Buaya

Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya yang dapat meredakan luka bakar, ternyata juga dipercaya dapat mengurangi peradangan yang ada di dalam perut dan kerongkongan penderita GERD. Meski lidah buaya bagus untuk penderita asam lambung, tapi lidah buaya juga dapat bersifat laksatif (seperti pencahar). Jadi perhatikanlah takaran saat mengonsumsi lidah buaya, serta pilihlah jus lidah buaya instan yang telah menghilangkan kandungan laksatif di Konsumsi setidaknya ½ cangkir lidah buaya sebelum makan.



Alternatif lain yang bisa dicoba untuk atasi asam lambung yang tinggi adalah sebagai berikut:

Baking Soda

Baking soda mengandung jumlah sedikit sodium bikarbonat yang dapat menetralkan asam lambung. Namun, bagi Anda yang sering mengalami sakit perut, baking soda bukan pilihan yang tepat. Karena baking soda tinggi kadar garamnya dan dapat menimbulkan mual serta pembengkakan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan baking soda sesekali sebagai pereda asam lambung, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air. Dengan sekitar ½ atau 1 sendok teh baking soda dan segelas air.


Licorice 

Licorice memiliki pereda alami untuk sakit perut, sehingga dipercaya dapat meredakan rasa mulas hingga ke sumber masalah. Meski begitu, konsumsi licorice yang berlebihan juga tidaklah baik. Karena dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan efek samping serius lainnya. Pilihlah licorice yang tidak mengandung asam glycyrrhizic yang berbahaya atau yang jenisnya DGL guna menghindari efek sampingnya.


Permen Karet

Selain dengan mengonsumsi beberapa hal di atas, Anda juga bisa menjadikan permen karet untuk mengurangi asam lambung. Karena mengunyah permen karet dapat merangsang laju aliran saliva atau air liur. Sehingga, asam yang ada di dalam perut Anda dapat dibilas oleh air liur dengan cepat dan akhirnya meredakan gejala GERD.



Tips lain untuk meredekan gejala asam lambung yang tinggi:

Tidur menyamping

Cara mengobati asam lambung tinggi yang ini tidak berhubungan dengan mengolah atau mengkonsumsi ramuan obat, yang perlu Anda lakukan disaat asam lambung sedang tinggi adalah tidur menyamping. Tidur menyamping tepat ke sisi maupun sisi yang kanan dinilai mampu untuk menekan rasa nyeri yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung. Sebaliknya, jika Anda tidur dengan posisi tengkuran yang justru akan memperburuk asam lambung yang sudah tinggi.

Makan dalam porsi kecil

Cara mengobati penyakit asam lambung adalah dengan memerhatikan porsi makan kita dan menghindari beberapa makanan yang dinilai dapat memperbarah kondisi lambung. Pastikan jika Anda mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil jika perlu hentikan terlebih dahulu kebiasaan jajan sembarangan dan kebiasaan makan siang di restoran cepat saji. Makan dalam porsi kecil juga akan membantu menurunkan berat badan jadi tidak ada salahnya untuk dilakukan secara teratur terlepas ada penyakit asam lambung tinggi atau tidak.

Memakai pakaian longgar

Pakaian yang terlalu ketak akan membuat asam lambung yang normal menjadi tinggi, sebaliknya dengan mengenakan pakaian yang longgar akan menghindari Anda dari naiknya asam lambung maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih semua model pakaian yang ukurannya satu tingkat di atas ukuran Anda, jangan terlalu ketat atau pas badan agar lambung pun terasa nyaman.

Berdiri tegap

Percaya atau tidak, memperbaiki postur tubuh bisa menjadi salah satu cara alternatif yang baik untuk mengobati asam lambung, kebiasaan buruk Anda yang seringkali berbaring setelah mengkonsumsi makanan akan membuat asam lambung naik, maka dari itu, setelah selesai makan, usahakanlah agar berdiri tegap selama beberapa saat untuk membandu makanan terdorong ke perut.



Cara mengobati asam lambung kini tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia lagi karena ada beberapa cara alternatif yang bisa kita andalkan untuk menurunkan asam lambung yang naik secara mendadak. Naiknya asam lambung bila tidak segera diatasi akan menjadi hal yang berbahaya, jadi alangkah bijaksananya jika Anda mencegah naiknya asam lambung atau segera menurunkannya disaat asam lambung menjulang tinggi.



Sumber: dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *