02 January 2017

Nutrisi ini bisa meningkatkan kesuburan pria



Pria dengan kondisi subur mempunyai kemungkinan besar pada wanita untuk bisa hamil. Kesuburan pria ditandai dengan kualitas dan kuantitas sperma yang sangat baik. Sperma dengan kualitas baik mampu untuk membuahi sel telur.

Kesuburan pria bisa ditentukan oleh jenis makanan-makanan yang mereka konsumsi. Untuk menjaga kesuburan, penting bagi bagi pria untuk mengetahui dan memerhatikan makanan yang mereka konsumsi.

Beberapa jenis makanan bila dikonsumsi oleh pria dapat meningkatkan jumlah sperma dan kadar hormon laki-laki antara lain:

Wortel
Peneliti menemukan bahwa wortel adalah makanan terbaik yang bisa meningkatkan kesuburan sperma. Wortel bahkan punya efek motilitas paling tinggi. Motilitas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan sperma ‘berenang’ mencapai sel telur.

Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau merupakan makanan yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral, yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat. Sayuran hijau seperti bayam juga dikenal dapat meningkatkan kesuburan dan menjaga kualitas sperma tetap prima.

Kerang-kerangan
Kesuburan pria bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan kerang-kerangan. Sangat diajurkan untuk dikonsumsi karena kerang-kerangan mengandung kandungan zinc yang sangat tinggi. Sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan pria.

Jeruk
Setiap warna dari buah atau sayuran memiliki manfaat kesehatan tertentu yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesuburan pria. Jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang diketahui mampu meningkatkan kesuburan pria.

Gandum
Lebih memilih menu gandum, termasuk roti gandum, dibandingkan roti putih atau nasi putih, rupanya memberi efek positif pada gula darah dan tingkat insulin dalam tubuh pria. Jika insulin berfungsi dengan baik, maka kadar hormonnya lebih mungkin untuk tetap seimbang dan membantu meningkatkan kesuburan.

Ikan salmon
Salmon adalah jenis ikan yang kaya mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan kesuburan para pria. Cobalah mengonsumsi jenis ikan ini dengan disertai bawang putih untuk meningkatkan kesuburan.

Alpukat dan almond
Tambahkan alpukat dan almond dalam makanan Anda untuk tetap sehat. Lemak yang ditemukan dalam kedua makanan ini termasuk dalam lemak baik, seperti lemak-trans. Nutrisi ini membantu insulin dalam tubuh pria berfungsi dengan benar, sehingga dapat menyeimbangkan hormon dan meningkatkan kesuburan.

Buncis
Buncis kaya akan asam folat alami yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan pria. Faktanya pria memerlukan asupan asam folat yang cukup untuk meningkatkan jumlah dan kepadatan sperma.

Daging merah dan hati
Pria membutuhkan daging merah dan hati untuk meningkatkan kesuburan mereka. Kedua jenis makanan ini tentunya sangat cocok dikonsumsi, karena daging merah memberikan mereka asam amino essensial. Sedangkan hati memberikan pria zat besi untuk meningkatkan sirkulasi darah ke bagian genital atau kelamin.

Taoge
Taoge diperkirakan memiliki hingga 100 kali enzim yang terkandung dalam bentuk sayur atau kacang-kacangan mentah. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan dan protein, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh pria.

Stroberi
Stroberi adalah buah yang lezat dan kaya akan vitamin C. Sebuah studi menunjukkan bahwa pria membutuhkan minimal 90 mg per hari vitamin C untuk meningkatkan kesuburan.

Pisang
Pisang yang hidup subur di iklim tropis basah dengan tanah lembab dan panas ini mengandung banyak magnesium, vitamin A, B1, C, serta protein yang sangat dibutuhkan pria untuk meningkatkan dan merangsang produksi sperma lebih banyak. Zat-zat yang terkandung dalam pisang inilah yang diklaim bisa meningkatkan keseburuan. Kandungan asam amino L-arginine dan L-carnitine dapat meningkatkan produksi sperma.

Konsumsi Kacang Kenari
Konsumsi 180 gram kenari setiap hari dapat meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, konsumsi kacang kenari yang kaya linoleat alfa dapat melindungi seseorang dari peradangan. Anda dapat langsung menikmati kacang kenari atau kacang kenari yang sudah diolah bentuk panggang.

Semangka
Buah ini kaya asam amino citrulline and arginin, yang keduanya memiliki dampak positif pada tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi pada semangka ini dapat memberikan kelimpahan manfaat, terutama bagi kesuburan pria. Menurut penelitian dari Curtin University of Technology di Australia, semangka juga mengandung banyak antioksidan lycopene yang dapat melindungi pria terhadap kanker prostat.

Vitamin C
Segala macam buah yang banyak mengandung vitamin C, diyakini dapat meningkatkan jumlah sperma dan mobilitas, serta mengurangi stres oksidatif. Sebaiknya konsumsi jus jeruk yang mengandung 124 miligram vitamin C

Tomat
Tomat memiliki banyak kandungan likopen didalamnya. Sebuah penelitian terhadap 30 pria yang mengkonsumsi 2000 miligram suplemen likopen dua kali sehari selama tiga bulan, menunjukkan adanya peningkatan sperma.
mengandung zat kimia antikanker likopen diketahui bisa mengurangi ketidaknormalan bentuk sperma.

Tips untuk menjaga kualitas sperma tetap baik dan sehat:
  • Banyak makanan bergizi dan seimbang
  • Hindari merokok dan alkohol
  • mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E
  • Olahraga teratur
  • Mengurangi tingkat stres
  • Jaga kesehatan tubuh
  • Celana yang digunakan jangan terlalu ketat
  • Jangan seringn mandi atau berendam air panas
  • Tingkatkan kebugaran fisik dan relaksasi mental untuk meningkatkan kesuburan pria.
  • Hindari penggunaan berlebihan pelumas karena akan menyebabkan kematian sperma
  • Jangan simpan ponsel Anda di saku celana, atau menempatkan laptop Anda di pangkuan Anda. Lindungi testis Anda dari radiasi dan panas.
  • Sperma perlu waktu untuk produksi dan pematangan karena itu usahakan tidak ejakulasi paling tidak 2-3 hari sesudah ejakulasi sebelumnya.
  • Tingkatkan asupan vitamin seperti Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E dan Zinc secara teratur.



Sumber: dari berbagai sumber.

1 comment:

Contact Form

Name

Email *

Message *