03 October 2016

Khasiat Bawang Bombay



Salah satu bahan masakan yang digunakan di banyak tempat adalah bawang bombay. Bawang bombay cocok digunakan di banyak masakan, karena memiliki rasa dan aroma harum yang khas ketika dimasak. Dibalik kelezatannya untuk makanan, ternyata bawang bombay juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Bawang bombay memiliki anti inflamasi, memiliki antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas, serta kaya akan sulfur untuk menguatkan antibiotik dan antiseptik.

Inilah manfaat menakjubkan dari bawang bombay :

Batuk
Kupas bawang bombay dan potong menjadi dua. Kemudian, tambahkan satu sendok makan gula coklat pada bagian yang sudah dipotong tersebut dan biarkan beberapa jam. Kemudian, makan bawang yang sudah ditaburi gula tersebut dua kali sehari untuk meredakan batuk.

Muntah
Siapkan teh peppermint, diamkan hingga dingin. Kemudian, remas dengan kain katun hingga keluar cairan dari bawang bombay, dan ambil dua sendok makan. Setelah 5 menit, campurkan dua sendok cairan bawang bombay tersebut dengan teh peppermint yang dingin tadi dan tunggu 10 menit sebelum kamu melakukan treatment. Ulangi hingga gejala hilang dan dalam 20 menit rasa mual akan benar-benar hilang.

Demam
Campurkan minyak kelapa dengan potongan bawang bombay. Kemudian, gunakan bahan tersebut untuk memijat kaki. Gunakan pada bagian yang melengkung, seperti tungkai kaki kemudian pakailah kaos kaki dan biarkan selama semalam.

Nyeri Dada
Campurkan minyak kelapa dengan bawang bombay untuk membuat pasta. Kemudian, oleskan pada dada dan tutup dengan handuk dan kaos untuk menghangatkan, kemudian bilas hingga bersih.

Infeksi Telinga dan Sakit pada Telinga
Masukkan beberapa potong bawang ke dalam kaos kaki, kemudian letakkan pada area yang sakit. Setelah itu, balut dengan perban atau topi, tunggu hingga sakit hilang.

Luka
Kulit bawang bombay dapat antiseptik bagi kulit, sehingga dapat menyembuhkan luka dengan cara menempelkannya.

Penjernih udara
Potongan bawang bombay dapat menghilangkan bakteri dan virus. Jadi, kamu dapat meletakkan potongan bawang di bawah jendela kamarmu, sehingga virus yang masu bersama udara akan disaring terlebih dulu oleh bawang.

Anti-inflamasi
Bawang bombay memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif melawan beberpa jenis bakteri seperti E.Coli dan Salmonella. Jadi tidak salah jika bawang bombay digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran kemih.

Menumpas kanker
Bawang bombay juga memiliki kandungan antioksidan dan quercitin. Kandungan ini berguna untuk melawan kanker, senyawa ini juga berfungsi sebagai anti inflamasi, pencegah alergi dan antibiotik.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Mengunyah bawang bombay mentah dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kemampuan tersebut juga dimiliki oleh buah Apel yang merangsang keluarnya air liur lebih banyak.

Baik bagi kesehatan jantung
Bawang bombay akan membantu penipisan darah serta menghindari pembekuan darah. Ia akan mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada dari lemak tak jenuh, jadi bagi Anda yang ingin meningkatkan kadar kolesterol baik, sangat di anjurkan mengkonsumsi bawang bombay.

Anti alergi
Selain memiliki sifat anti-inflamasi, bawang bombay juga memiliki sifat anti-alergi. Quercetin, adalah suatu zat antihistamin dalam bawang jenis ini yang sangat membantu untuk mengobati alergi. Dibandingkan dengan zat lain, quercetin lebih mudah diserap dalam tubuh.

Obat tradisional asma
Tahukah Anda bila pengobatan tradisional di China sering sekali menggunakan bawang bombay untuk meredakan asma? Bawang bombay akan mencegah formasi senyawa yang menjadi penyebab otot di tenggorokan kejang. Zat alami di dalamnya juga mampu mengeluarkan lendir pada saluran pernafasan.

Mencegah diabetes
Pernahkah Anda merasakan segelas jus bombay yang masih mentah? Perlu Anda ketahui bila ternyata jus ini terbukti sangat ampuh untuk menurunkan kadar gula yang berada di dalam darah, bahkan banyak sekali dokter yang mengatakan bawang bombay jauh lebih baik mengendalikan gula darah bila di bandingkan dengan obat-obatan.

Mendetoksifikasi tubuh
Bawang bombay ini sangat kaya dengan kandungan sulfur, di sulfur terdapat asam amino yang memiliki nama cystine dan amethionine, kedua asam ini memiliki tugas menyingkirkan racun seperti merkuri yang ada di tubuh, selain sulfur bawang bombay juga memiliki kandungan vitamin C, vitamin ini yang berguna untuk mendetoksifikasi tubuh.

Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang sering menyerang usia lanjut. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan tinggi kandungan kalsium sejak dini. Salah satunya adalah bawang bombay karena kandungan kalsiumnya cukup tinggi.

Manfaat Bawang Bombay bagi Kecantikan
Selain berguna untuk kesehatan, ternyata bawang bombay juga berguna untuk kecantikan, seperti:

  • Obat jerawat - Untuk mengobati jerawat, Anda tinggal menghaluskan bawang bombay, kemudian tempelkan dalam wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih. Lakukan dengan cara teratur, jerawat akan berangsur-angsur mengecil.
  • Membuat wajah nampak merona - Kandungan berbagai macam vitamin yang berada dalam bawang bombay ini juga berpartisipasi mampu membuat wajah menjadi merona. Anda bisa menjadikannya sebagai masker wajah alami. Lakukan hal ini secara teratur agar anda bisa lebih cepat melihat manfaat bawang bombay bagi wajah Anda.
  • Diet - Manfaat bawang bombay yang lainnya adalah membantu program diet. Bila Anda ingin mencoba diet sehat, Anda bisa menggunakan bawang bombay sebagai menu diet, tinggal membuatnya sebagai salad sayur dan mengonsumsinya setiap pagi.
  • Menyuburkan rambut - Rambut Anda tipis dan sering rontok? Jangan khawatir, atasi dengan bawang bombay. Bawang ini mengandung banyak sulfur yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Caranya, bawang bombay dibersihkan lalu diblender hingga halus. Saring dan ambil airnya, gunakan untuk keramas setiap pagi.






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *