26 September 2016

Makanan ini bisa atasi sembelit dengan cepat



Sering sembelit bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Karenanya segera atasi dengan makanan alami yang kaya serat (misal brokoli dan ubi). 

Konstipasi atau sulit BAB sebagai tanda tubuh kurang asupan serat. Orang dewasa perlu asupan 25-30 gram per hari. Untuk menambah asupan serat, perbanyak konsumsi makanan enak yang kaya serat ini dan jangan lupa perbanyak konsumsi air agar BAB lebih lancar. 

Buah beri
Ingin sesuatu yang manis? Makan buah beri yang rendah kalori namun kaya serat ini bisa bantu pencernaan lebih lancar. Setengah cangkir strawberry punya 2 gram dan blackberry punya serat 3,8 gram serta raspberry 4 gram.

Popcorn
Camilan teman nonton ini juga punya kandungan serat yang baik dan rendah kalori. Sebaiknya tidak ditambahkan mentega dan garam. 

Polong-polongan
Jenis polong-polongan seperti kacang polong, kacang merah atau kacang hijau kaya serat. Sebab, serat yang terkandung dari secangkir kacang polong bisa dua kali lebih banyak dari sayuran. 

Buah kering
Seperti plum berukuran besar yang mengandung sorbitol (sejenis karbohidrat yang punya struktur molekul mirip dengan gula)bisa jadi pencahar alami. Bisa juga konsumsi kurma, aprikot atau kismis dengan kandung serat yang baik untuk atasi sembelit.

Roti gandum
Sebelum beli roti gandum, pastikan ada label yang menyatakan roti tersebut terbuat dari gandum secara utuh. Gandum terkenal kaya serat namun rendah lemak dan merupakan sumber karbohidrat kompleks. sangat baik untuk usus.




Sumber: everydayhealth.com

0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *