13 April 2016

Gigi putih dengan cara alami




Pengobatan alami terbukti efektif serta tak menyebabkan efek samping untuk tubuh Anda. Anda dapat mencoba beberapa resep alami di bawah ini yang dapat Anda siapkan sendiri dirumah. Resep di bawah ini tidak cuma bakal memutihkan gigi Anda, namun dapat juga menyingkirkan bau mulut, plak serta karang gigi yang membandel. 

Jangan ragu untuk coba resep di bawah ini serta senyum Anda bakal kembali indah:

1. Strobery serta baking soda.
Sediakan campuran strobery serta baking soda. Hancurkan strobery serta berikan satu sendok teh baking soda. Lalu, pakai kombinasi ini untuk menyikat gigi.

Catatan : Anda tak diperbolehkan lakukan perawatan ini lebih dari 2 kali dalam seminggu.

2. Cuka apel serta baking soda.
Campur ke-2 bahan hingga Anda memperoleh campuran yang terlihat seperti pasta gigi. Lalu, sikat gigi Anda memakai kombinasi ini.

Catatan : Janganlah pakai kombinasi ini terus-terusan, lantaran baking soda berbentuk asam serta bisa merusak enamel gigi (Pakai kombinasi ini maksimal 2 kali dalam seminggu).

3. Minyak zaitun.
Bilas mulut Anda dengan minyak zaitun. Berkumurlah memakai minyak zaitun. Minyak zaitun tak berbentuk asam, jadi Anda bisa melakukannya sehari-hari. Bila Anda tak suka dengan rasanya, rendam bola kapas dalam minyak zaitun serta gosokkan pada gigi Anda.

4. Kulit pisang.
Gosok gigi Anda memakai kulit pisang. Ini mungkin terlihat aneh, namun cara yang satu ini begitu efektif.

5. Lemon serta kulit jeruk.
Gosok gigi Anda dengan kulit jeruk atau lemon.

6. Garam.
Berikan sedikit garam meja kedalam pasta gigi Anda, dengan cara ini, gigi Anda akan lebih putih dari sebelumnya.

7. Konsumsi apel.
Makanlah apel sehari-hari, karena apel begitu efektif untuk membersihkan serta memutihkan gigi Anda.

8. Berikan susu kedalam kopi atau teh.
Berikan susu kedalam kopi atau teh Anda. Selain mengandung kalsium, susu juga dapat mengurangi noda kopi atau teh yang dapat menempel di gigi Anda.

9. Kurangi cafein serta gula.
Konsumsi cafein, teh serta minuman energi yang mengandung banyak gula, terbukti cukup berbahaya.

10. Memutihkan Gigi dengan Memakai Siwak
Merawat gigi juga dapat dilakukan dengan menggunakan Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Cara ini sudah dilakukan kaum muslim sejak jaman dahulu untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi. Semua dahan atau akar pohon bisa digunakan untuk bersiwak jika memenuhi syarat yaitu lembut dan harus terjaga kebersihannya.

11. Memutihkan Gigi dengan Memakai Arang Kayu
Tips memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan arang kayu.  Aneh memang, memutihkan gigi dengan benda yang jelas-jelas berwarna hitam. Cara ini memang termasuk cara yang tradisional namun ampuh menghilangkan warna kuning. Tapi Anda juga harus berhati-hati dalam memakai arang kayu, penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Jadi lakukan sewajarnya saja.

12. Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Alami Dari Daun Salam
Untuk membuat pasta gigi tradisional terlebih dahulu kita sediakan daun salam serta kulit jeruk kemudian jemur keduanya sampai kering. Tumbuk hingga halus lalu tambahkan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami yang sudah anda buat untuk menggosok gigi, ramuan ini ampuh membuat gigi terlihat lebih putih. 

13. Memutihkan gigi dengan menggunakan biji buah pinang
Biji buah pinang bermanfaat untuk merawat gigi kita. Biji buah pinang diyakini oleh masayarakat dulu dapat membantu untuk memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan membakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut. Lalu gosokan biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi kita dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali. Dan tunggu hasilnya. Oh iya, selain dapat memutihkan gigi, biji pinang juga dapat memperkuat gigi.

14. Memutihkan Gigi dengan Lemon
Lemon memiliki sifat pemutih yang dapat menghilangkan gigi kuning. Siapkan beberapa sendok makan garam dan beberapa tetes perasan air lemon. Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu gosok gigi Anda dengan menggunakan campuran tersebut. Biarkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

15. Memutihkan Gigi dengan Mimba
Mungkin terdengar asing di telinga Anda, namun mimba atau dalam bahasa Inggrisnya margosa dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Ini merupakan salah satu cara tradisional untuk memutihkan gigi. Mimba juga dapat menghilangkan bau mulut. Ambil daun mimba dan ambil minyaknya saja, kemudian campurkan dengan pasta gigi biasa. Sikat gigi Anda menggunakan pasta gigi yang sudah dicampur dengan minyak mimba tersebut dan lakukan 2 kali sehari.

16. Memutihkan Gigi dengan Cokelat Hitam
Mungkin terdengar aneh, hal ini karena cokelat dapat membuat gigi menjadi keropos. Namun, cokelat hitam dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Hal ini karena cokelat hitam mengandung zat yang dapat memperkuat permukaan gigi serta dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Jangan lupa untuk membatasi asupan mengkonsumsi cokelat hitam. Terlalu banyak mengkonsumsi cokelat dapat membuat kegemukan.

17. Memutihkan Gigi dengan Wortel
Mengkonsumsi wortel setiap hari dapat menghilangkan gigi kuning. Cukup dengan mengkonsumsi 1 buah wortel setiap hari. Namun, Anda juga dapat melakukan cara lainnya yaitu dengan mengkupas kulit wortel terlebih dahulu, lalu celupkan dalam jus lemon, dan gosok seluruh gigi Anda dengan campuran tersebut. Lakukan 1 kali dalam sehari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

18. Memutihkan Gigi dengan Jahe
Jahe dapat bermanfaat untuk menghilangkan gigi kuning dan dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Buat pasta dari jahe dan gosok gigi Anda dengan menggunakan pasta tersebut. Namun, jangan terlalu banyak, hal ini dapat membakar lidah Anda.

19. Memutihkan Gigi dengan Air Hangat
Menggunakan air hangat merupakan salah satu cara sederhana yang dapat memutihkan gigi. Siapkan air hangat, lalu campurkan dengan garam dan lemon. Gunakan air hangat yang sudah dicampur tersebut untuk berkumur selama 1 menit atau lebih dan lakukan secara berulang-ulang sampai beberapa kali.

20. Mengunyah permen karet berxylitol
Mengunyah permen karet bebas gula bertujuan agar mulut memproduksi air liur sama seperti mengunyah buah dan sayur.Jika buah dan sayur sudah mengandung vit dari alam,penggunaan penambahan xylitol dari permen karet berxylitol dapat mengurangi ph asam di mulut dan menggerus plak lebih cepat.


Tips lainnya yang bermanfaat agar gigi Anda menjadi putih alami:

  • Sikat gigi minimal 2 kali sehari. Menyikat gigi sangat penting dan sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari. Menyikat gigi dapat menghilangkan plak dan bakteri yang menempel dan dapat menodai gigi putih Anda.
  • Hindari kopi dan soda berlebihan. Kopi dan soda dapat menyebabkan noda kuning pada gigi. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi kopi dan soda secara berlebihan. Keduanya tidak hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga untuk kilau gigi Anda.
  • Makan buah-buahan. Buah-buahan berserat bertindak sebagai ‘sikat gigi alami’. Jeruk merupakan penghilang noda alami karena membuat mulut untuk menghasilkan air liur lebih banyak. Air liur ini membantu membersihkan dan memutihkan gigi. Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti stroberi dan kiwi juga dapat memperkuat gusi. Selain itu, apel dan pir juga berguna karena memiliki kandungan air yang tinggi.
  • Konsumsi produk olahan susu, keju dan yoghurt. Produk olahan susu dapat menurunkan risiko penyakit gusi dan membantu mempertahankan lapisan email atau putih alami pada gigi. Selain itu, keju yang berstruktur keras seperti cheddar lebih efektif dalam membersihkan dan memutihkan gigi dibandingkan keju berstruktur lembut.
  • Makanlah biji wijen dan biji bunga matahari. Biji wijen dapat menghancurkan plak dan membantu menjaga lapisan email pada gigi. Biji wijen juga kaya akan kalsium, yang membantu melestarikan tulang di sekitar gigi dan gusi. Sedangkan biji bunga matahari dapat mencegah bau mulut.
  • Gunakan sedotan saat minum. Menggunakan sedotan dapat mencegah gigi menjadi bernoda. Hal ini karena dengan sedotan, minuman yang berwarna akan tertelan tanpa menyentuh bagian dalam gigi.
  • Tambahkan sayur-sayuran dalam menu. Sayuran yang kaya akan vitamin A seperti brokoli, wortel, dan labu membantu pembentukan lapisan email pada gigi.
  • Ganti sikat gigi setiap 2 bulan. Kebiasaan ini sangat penting untuk memutihkan alami gigi. Setelah digunakan beberapa lama, bulu sikat gigi menjadi keras. Hal ini dapat merusak lapisan email gigi dan akhirnya menyebabkan gigi bernoda.
  • Jaga asupan kalsium Anda. Asupan kalsium yang cukup dapat membantu memperkuat dan menjaga tekstur gigi.
  • Beri jarak sikat gigi minimal 6 meter dari toilet. Meskipun terdengar aneh, hal ini sangat disarankan untuk menghindari partikel udara yang dihasilkan dari proses penyiraman atau flush. Melakukan ini dapat membantu menjaga kesehatan dan menghindari kerusakan pada gigi.
  • Hindari antibiotik dosis tinggi. Antibiotik dosis tinggi dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Jadi, perlu diketahui untuk menghindari asupan antibiotik jika memang tidak terlalu perlu.
  • Perhatikan metabolisme Anda. Metabolisme yang tidak benar juga menyebabkan perubahan warna pada gigi. Perubahan ini dapat dilakukan dengan memperbaiki kebiasaan makan, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres yang ekstrem.








Sumber: dari berbagai sumber.


2 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *