31 August 2015

Makanan sehat agar tulang kuat dan mencegah osteoporosis



Orang-orang yang menginjak usia tua biasanya memiliki masalah pada kekuatan tulang akibat proses degenerasi. Salah satu akibat buruk yang muncul yaitu terserang penyakit osteoporosis atau tulang rapuh.

Namun proses degenerasi tulang bisa dicegah dengan selalu memberikan asupan kalsium, vitamin D, dan berbagai nutrisi untuk tulang. Berikut ini makanan yang berguna untuk menguatkan tulang:
  1. Susu. Minum secangkir susu akan memberikan asupan kalsium hingga 30 persen dari yang dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi susu setiap hari menjadi salah satu cara yang baik untuk menguatkan tulang.
  2. Sayuran berwarna hijau gelap. Sayur kangkung, bayam, dan lainnya yang warnanya gelap memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.
  3. Ikan salmon. Ikan laut ini selain memiliki kalsium tinggi, juga kaya dengan vitamin D. Paduan keduanya akan mempermudah kalsium terserap ke dalam tulang.
  4. Keju dan yoghurt. Makanan berbahan susu tersebut menjadi sumber kalsium yang baik bagi tulang. Pada yoghurt terdapat sekitar 42 persen kalsium dalam setiap porsinya. Di samping itu yoghurt kaya dengan probiotik.
  5. Biji labu. Biji labu memiliki mineral magnesium. Jika bertemu dengan kalsium dan vitamin D, ketiganya akan semakin menguatkan tulang.
  6. Aprikot. Buah aprikot mengandung kalium. Disarankan mengkonsumsi aprikot minimal sekali dalam seminggu.
  7. Stroberi. Sekali pun bentukya kecil, stroberi tinggi kandungan vitamin C. Vitamin ini merangsang pembentukan kolagen yang berkontribusi pada kuatnya tulang.
  8. Ikan tuna. Ikan ini mengandung vitamin D, kalium, magnesium, dan asam lemak omega 3. Di samping membuat tulang kuat, khasiatnya juga bagus untuk kesehatan jantung.
  9. Telur. Telur adalah sumber vitamin D dan protein yang baik untuk tulang.
  10. Jeruk. Buah jeruk memiliki kandungan kalsium, vitamin C, dan vitamin D. Ketiga nutrisi ini membuat tulang lebih sehat.
  11. Ragi. Ragi setidaknya memiliki 330-350 mg kalsium setiap 100 gram berat keringnya
  12. Kurma. Kurma memiliki kandungan kalsium dna magnesium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang tubuh.
  13. Kacang. Kacang-kacangan terutama kacang almond dan pistachio yang merupakan sumber kalsium terbaik. Kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya penyakit osteoporosis, karena mengandung magnesium, mangan, dan fosfor yang mampu memberi nutrisi untuk memenuhi kecukupan gizi yang dibutuhkan. Sehingga tulang menjadi kuat dan tidak mudah keropos.
  14. Makanan berkalsium lain, seperti jus jeruk, minuman yang terbuat dari kedelai, produk tahu, dan juga tajin. Semuanya adalah sumber kalsium terbaik untuk melawan penyakit osteoporosis.
  15. Ceker ayam. Dalam tubuh kita terdapat dua macam antigen (antigen asing dan antigen diri). Tiap antigen bersifat antigenic dan immunogenic. Antigen antigenic dapat berikatan antibody, meski tidak secara langsung merangsang tubuh membentuk antibody terhadap antigen. Sementara antigen immunogenic mampu menghasilkan antibody spesifik terhadap antigen. Antigen terhadap antigen immunogenic inilah yang oerlu dirangsang untuk mencagah keroposnya tulang. Dan antigen immunogenic dapat ditemukan dalam kolagen yang terdapat pada ceker ayam.
  16. Sawi. Kandungan nutrisi tertinggi dalam sawi adalah vitamin K. Fungsi dari vitamin ini adalah membentuk massa tulang yang mencegah osteoporosis atau tulang keropos.


Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

Contact Form

Name

Email *

Message *