15 December 2014

Makanlah makanan ini agar tidak mudah sakit



Pada saat pancaroba dan cuaca ekstrim akan mudah membuat tubuh sakit. Karenanya perhatikan asupan makanan. Pilih makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan lupa minum air yang cukup.

Jika tubuh terasa kurang fit, segera pulihkan dengan konsumsi beberapa makanan yang bernutrisi ini:

1. Bawang putih
Kandungan sulfur dalam bawang putih telah terbuksti bisa bekerja sebagai antioksidan. Sebagai tambahan, banyak dari senyawa tersebut menyediakan anti inflamasi untu tubuh. Untuk khasiat lebih maksimal, cincang dan diamkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar kandungan sulfur lebih tinggi.

2. Wortel
Warna oranye cerah wortel menunjukkan kandungan beta karoten yang tinggi. Dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang baik untuk mata dan menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh. Lebih baik konsumsi segar sebagai campuran salad atau jus.

3. Paprika merah
Paprika merah mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan beragam jeruk dan buah asam lainnya. Sekitar 30 gram paprika merah segar mengandung 142 mg vitamin C dan 20 kalori. Vitamin C sangat baik untuk kekebalan tubuh. Konsumsi segar sebagai campuran salad,atau topping pizza dan tumisan.

4. Jamur
Selama ratusan tahun orang di seluruh dunia percaya jamur bisa meningkatkan sistem imunitas. Dari segi medis dibuktikan jamur bisa meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih sehingga baik untuk melawan infeksi. Beragam jamur seperti jamu rmerang, kancing, tiram, enoki atau shiitake bisa ditumis atau dibuat sup.

5. Ikan
Ikan yang dimaksud yaitu ikan salmon, tuna dan makarel.  Karena ikan-ikan tersebut banyak mengandung asam lemak omega 3. Fungsinya yaitu memperkuat daya tahan tubuh anda, meningkatkan aktifitas sel darah putih yang mampu menghancurkan bakteri yang berbahaya yang berada dalam tubuh anda.

6. Buah
Buah yang dimaksud yaitu jambu monyet, duwet, jambu biji putih, gandaria, mangga manalagi. Karena buah-buah tersebut banyak mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh anda, meningkatkan produksi sel darah putih serta menurunkan resiko terserang penyakit cardiovaskular.

7. Gandum
Gandum banyak mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, protein serta antioksidan. Gandum merupakan salah satu makanan yang juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh anda dari segala serangan penyakit. Oleh karena itulah, kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tersebut. 

8. Kentang. 
Mengandung vitamin B6 mengubah dan memcah protein, memegang peranan kunci dalam membentuk antibodi dan daya tahan tubuh. Juga mengandung vitamin C, tembaga, potasium, mangan dan karotenoid. 

9. Coklat
Dari beberapa jenis makanan penambah daya tahan tubuh ini mungkin inilah yang paling menjadi favorit anda. Antioksidan konsentratnya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu mengkonsumsi coklat juga dapat mengurangi resiko sakit jantung, membantu menjaga tingkat kolesterol, dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes.

10. Yoghurt
Olahan hasil fermentasi susu ini mengandung lactobacillus yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh melawan kanker dan infeksi.

11. Kacang-kacangan
Selain berprotein tinggi kacang-kacangan juga mengandung zinc yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan T-cell yang berfungsi untuk melawan infeksi.

12. Persimmons (Kesemek)
Kesemek ini ternyata sangat kaya vitamin A dan C yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh. Makanan dengan kaya vitamin A lainnya, antara lain Labu, ubi jalar, dan bayam, dan kaya vitamin C, antara lain Stroberi, pepaya, kiwi, melon, dan jeruk.

13. Buah-buahan Berry
Buah-buahan berry, seperti strawberry, blueberry, dll. sangat kaya vitamin C dan bioflavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel. Satu cangkir strawberry mengandung 100 mg Vitamin C yang hampir sama dengan satu cangkir jus jeruk. Buah berry yang berwarna hitam (gelap) mengandung lebih banyak bioflavonoid. Penyajiaan paling sederhana: Untuk mendapatkan hasil maksimal, jus buah-buahan Berry lebih dari satu jenis.

14. Bayam hijau
Mengandung sekitar 1827 mikrogram vitamin A (dalam bentuk beta kariten) terdapat di dalam 100 gram bayam. Beta karoten berfunfi untuk melawan radikal bebas. Bayam juga mengandung bioflavonoids yang bila terdapat di jaringan tubuh untuk bekerja melawan karsinogen, atau dengan kata lain, mencegah kanker.




Sumber: dari berbagai sumber.



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *