09 August 2016

Khasiat Kopi Hijau untuk Kesehatan



Kopi hijau atau Green coffee berasal dari biji kopi yang tidak digongseng. Kopi ini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Banyak yang mengklaim bahwa kopi hijau sangat baik untuk menurunkan berat badan. 

Minum secangkir kopi hijau, memang rasa nikmatnya tidak kalah dengan jenis kopi lainnya. Yang mana kandungan asam klorogenat yang ada di dalamnya mampu menambah efek baik bagi kesehatan tubuh anda. Karena dari asam klorogenat tersebut nantinya akan berperan penting sebagai antioksidan, yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang tubuh agar bisa melakukan kinerja dengan baik dan sehat.

Berikut ini beberapa manfaat atau khasiat Kopi hijau untuk kesehatan tubuh manusia:

Untuk menurunkan tekanan darah
Perlu anda ketahui berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Hypertension Reseach menunjukkan bahwa, khasiat dari kopi hijau memang terbukti bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Hal demikian ketika para tim peneliti mengumpulkan 117 pria yang memiliki tekanan darah tinggi ringan, kemudian mereka disuguhkan kopi hijau dan plasebo untuk mereka konsumsi selama kurun waktu 28 hari.

Sehingga dari situ bisa ditemukan hasil bahwa tekanan darah yang telah dialami oleh para pasien tersebut bisa menurun, dibandingkan mereka menggunakan plasebo. Dari tahap perbandingan ini, dinyatakan bahwa kopi hijau memang mampu memberikan khasiat yang laur biasa, yakni bisa menjadi bahan alami untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Menyembuhkan penyakit alzheimer
Di tahun 2012, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Nutritional Neuroscience, menunjukkan bahwa ekstrak kopi dapat membantu melindungi tubuh dari risiko penyakit Alzheimer, yang diklaim merupakan penyakit cukup serius. Bahkan dengan menggunakan kopi hijau ini, juga bisa membantu tubuh untuk melawan resistensi insulin dalam tubuh.

Namun dari sini juga perlu anda perhatikan, bahwa sebelum mengkonsumsi jenis kopi hijau ini, hendaknya anda mengetahui tentang takaran dalam mengkonsumsinya. Hal demikian karena jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi hijau dalam jangka panjang, bisa menimbulkan kekhawatiran yang mana meningkatnya kadar homosistein. Homosistein merupakan asam amino yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi kopi hijau dalam jangka panjang juga dapat mengganggu pengendalian gula darah. Sehingga pentingnya anda untuk mengetahui takaran dalam mengkonsumsi kopi hijau tersebut.

Untuk menurunkan berat badan 
Memang kopi hijau ini cukup dikenal mampu untuk menurunkan berat badan pada tubuh anda. Sehingga bisa membantu dalam program diet anda. Hal demikian juga berdasarkan hasil penelitian di tahun 2001, yang dilakukan oleh Gastroenterology research and practice, menunjukkan bahwa ekstrak dari kopi hijau memang lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan plasebo.

Dan menurut penelitian dari BMC Complementary and Alternative Medicine, juga menunjukkan bahwa ekstrak kopi hijau diklaim mampu melindungi tubuh dari kenaikan berat badan. Sehingga dari situ semua bisa disimpulkan bahwa khasiat kopi hijau ini, juga bisa membantu dalam program diet anda.

Meningkatkan metabolisme dalam tubuh
Asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh kita hingga 10 kali lipat dari teh hijau biasa. Biji yang tidak disangrai akan tetap mempertahankan beberapa agen antioksidan lain dari keluarga polifenol, asam Ferulic, dll, yang berguna mengurangi percepatan penuaan membuat kulit awet muda.

Membantu melembabkan Kulit anda
Kandungan asam lemak dan ester yang terdapat pada kopi hijau ini, bisa anda gunakan untuk memelihara sekaligus melembabkan kulit anda. Dimana kedua kandungan tersebut mencakup Arachidonic Asam, Asam oleat, dan Asam linoleat, yang semuanya itu memang baik untuk menjaga kulit agar tidak mudah kendur, dan cepat kering. Sehingga mengkonsumsi kopi hijau sangat baik untuk melembabkan kulit Anda.

Untuk detoksifikasi alami
Pada ekstrak kopi hijau, bisa juga bermanfaat sebagai pendetoks tubuh secara alami. Yang mana kandungan pada kopi hijau akan membersihkan racun yang terdapat pada organ hati. Bahkan kopi hijau akan membersihkan lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh, kolesterol jahat, dan lainnya. Sehingga dari situ kopi hijau akan memberikan efek dalam meningkatkan fungsi organ dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi kopi hijau atau Green Coffee secara tepat bisa juga meningkatkan kesehatan pada tubuh anda. 

Kaya Anti-Oksidan
Biji kopi hijau kaya akan antioksidan, dimana yang berguna untuk mengurangi efek kerusakan sel akibat dari radikal bebas dalam tubuh kita. Beberapa penelitian telah mengkonfirmasikan bahwa biji kopi hijau mentah dan belum diolah mengandung 100% murni Asam klorogenik (CGA), yang pada dasarnya merupakan ester asam caffeic yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Hal ini bisa menjaga kadar glukosa dalam aliran darah kita, serta mencegah sel-sel kulit kita dari kerusakan. 

Meningkatkan Metabolisme
Asam klorogenik dalam biji kopi hijau juga dikenal sebagai pendorong metabolisme. Hal ini akan meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) dari tubuh kita, yang meminimalkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah. Karena kurangnya glukosa, tubuh kita mulai membakar sel-sel lemak yang disimpan untuk memenuhi kebutuhan glukosa. Dengan demikian, biji kopi hijau murni bisa meningkatkan kemampuan pembakaran lemak oleh tubuh, dan akhirnya membantu kita untuk menurunkan kelebihan berat badan.

Membantu Membakar lemak Ekstra
Biji kopi ini juga sarat dengan vitamin dan mineral. Oleh karena itu, ia juga akan membantu untuk menjaga kadar nutrisi dalam tubuh kita. Hal ini juga ditunjang dengan metabolisme pembakaran tubuh kita, sehingga kita dapat membakar lemak dan kalori yang tidak diinginkan dengan cepat. 

Mengurangi Tingkat  Kolesterol buruk (LDL)
Low Density Lipoprotein (LDL), juga dikenal dengan “kolesterol jahat”, adalah penyebab utama yang bisa membuat kita rentan terhadap gangguan kardiovaskular seperti serangan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat dicegah dengan mengkonsumsi ekstrak biji kopi hijau secara teratur.

Menekan rasa lapar
Jika Anda sering atau mudah merasa lapar, biji kopi hijau bisa banyak membantu Anda. Hal ini sebagai penekan nafsu makan yang kuat dan efektif, sehingga Anda bisa mengontrol keinginan makan berlebihan. Dengan demikian, tubuh kita akan mulai membakar timbunan lemak dan dapat menyingkirkan berat tambahan.

Membantu Atasi Diabetes
Ini kacang hijau juga mampu mengobati Diabetes Tipe 2. Ekstrak biji kopi dikenal dapat menurunkan kadar gula yang tinggi dalam aliran darah kita, sementara juga mempercepat penurunan berat badan. Kedua ini penting untuk menyembuhkan Diabetes Mellitus tipe 2.

Membantu Meningkatkan Sirkulasi Darah
Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kita rentan terhadap beberapa penyakit fatal seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal kronis, dll. Namun para peneliti telah menemukan adanya bahan seperti aspirin yang sangat aktif dan kuat dalam biji kopi hijau, dimana yang dapat memberikan dampak positif pada darah dengan mencegah platelet menggumpal. Dengan demikian arteri kita terhindar dari pengerasan, dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh kita tetap lancar.

Meningkatkan Energi
Karena mengandung kafein yang tinggi, biji kopi hijau juga dapat digunakan sebagai penguat energi yang sangat baik. Hal ini akan menjaga kita tetap aktif selama sepanjang hari.

Mengurangi Pengaruh Radikal Bebas
Asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh kita hingga 10 kali lipat dari teh hijau biasa. Biji yang tidak disangrai akan tetap mempertahankan beberapa agen antioksidan lain dari keluarga polifenol, asam Ferulic, dll, yang berguna mengurangi percepatan penuaan membuat kulit awet muda.

Membantu memperlambat tanda penuaan
Biji kopi hijau bisa mempertahankan bahan yang mudah menguap, jika tidak diolah dengan dipanggang. Gamma-aminobutyric Acid (GABA), Teofilin, epigallocatechin gallate, dll adalah beberapa bahan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita dan mencegah keriput. 

Menghilangkan Zat penyebab Kerusakan Rambut
Kandungan antioksidan dari biji kopi hijau sama menguntungkannya bagi rambut kita. Hal ini Karena membantu kita melawan segala sesuatu yang bersifat racun dan merusak, sehingga pada akhirnya rambut kita tetap kuat, sehat dan indah.

Mencegah Kebotakan
Androgenetic alopecia, atau yang juga disebut “pola rambut rontok wanita” juga dapat disembuhkan dengan ekstrak biji kopi hijau. Ekstrak biji ini dapat meningkatkan pertumbuhan serta ketebalan rambut helai demi helai secara signifikan. 


Catatan:
Minum kopi hijau umumnya dianggap aman, namun ada beberapa kekhawatiran jika konsumsi kopi hijau dalam jangka panjang, karena dapat meningkatkan kadar homosistein (asam amino yang dapat menyebabkan penyakit jantung). Selain itu, konsumsi kopi hijau dalam jangka panjang dapat mengganggu pengendalian gula darah. Sangat penting untuk menggunakan saran dokter sebelum mengkonsumsi kopi hijau dalam jangka panjang.





Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

  1. baru denger nih ada kopi hijau. emang kopi hijau ini diperjual belikan ya ? Terima kasih infonya

    kunjungi kami di http://pengobatanpenyakittanpaoperasi.web.id/

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *