23 August 2016

Tanaman pembersih udara



Menurut WHO udara di 98 persen kota-kota di negara berpenghasilan rendah dan sedang dengan penduduk lebih dari 100 ribu tidak memenuhi kualitas udara dalam pedoman dari WHO. Meski begitu, kualitas udara di negara berpenghasilan tinggi, persentasenya berkurang hingga 56 persen.

Seiring dengan menurunnya kualitas udara di daerah urban, risiko stroke, penyakit jantung, kanker paru, dan masalah pernapasan kronik akut seperti asma semakin meningkat bagi penduduk yang tinggal di kota-kota tersebut.

Menjaga udara tetap bersih memang tidak mudah. Tapi setidaknya Anda bisa mencoba nya dengan cara yang sederhana untuk "menyaring" udara di dalam ruangan, misal memelihara tanaman penyaring udara.

Seringkali disebutkan bahwa ruangan yang diberi tanaman membuat Anda merasa lebih baik. Ketika kualitas udara di dalam ruangan menjadi perhatian kita, tentu menyenangkan mengetahui ada cara mudah mendapatkannya melalui tanaman dalam rumah. Udara bersih memberi kesehatan yang lebih baik serta meningkatkan produktivitas, sebuah studi kasus yang dilakukan di New Delhi menunjukkan, meletakkan banyak tanaman berikut di dalam ruang berhasil menyebabkan udara di dalamnya lebih bersih.

Tiga tanaman berikut tak hanya memberi dampak positif pada kesehatan melainkan juga memiliki bentuk yang menarik dan cocok dijadikan bagian dekorasi ruangan:

1. Tanaman lidah mertua

Tanaman lidah mertua, juga dikenal sebagai tanaman yang biasa diletakkan dalam kamar tidur, menyaring udara dan mengubah CO2 menjadi oksigen di malam hari ketimbang menyerap oksigen seperti tanaman lain.

2. Palem areca

Tanaman ini sangat populer sebagai tanaman dalam rumah. Palem areca menghilangkan semua toksin dalam udara ruangan dan daunnya aman untuk binatang peliharaan. Tanaman ini pun mudah ditemukan.

3. Pohon uang

The Money Tree atau pohon uang memiliki nama ilmiah Scindapsus aureus. Tanaman ini memurnikan udara yang tercemar dengan kimia sintetis dari produk pembersih. Ahli Feng Shui menjelaskan bahwa tanaman ini juga bisa mengurangi stres dan cemas serta membantu kualitas tidur jadi lebih baik.

4. Bambu Palm (Chamaedorea seifritzii)

Nama lain yang umum dari Chamaedorea Seifrizii adalah Reed Palm. Jika ditempatkan dalam ruangan, tanaman ini akan tumbuh subur dalam kelembaban tinggi di bawah cahaya menengah. Menanam tanaman ini dalam wadah besar seperti Palm Bambu dapat tumbuh besar, dan kondisi tanah harus memiliki drainase yang baik karena tanaman ini tidak akan tahan terhadap kondisi air yang terlalu banyak, jadi selalu menggunakan pot dengan lubang dan tanah yang mempertahankan penggunaan air tapi mengalir dengan baik. Komposisi terbaik dari tanah adalah: 1 bagian pasir kasar, 2 bagian gambut dan 1 bagian humus. Bambu Palm dikenal sebagai pembersih udara houseplant untuk zat benzena , formaldehida, toluena, dan trichloroethylene.

5. Krisan (Chrysanthemum morifolium)

Tanaman ini apabila berbunga sungguh indah sekali. Selain indah bunganya, tanaman ini sangat cocok sekali diletakkan di ruangan. Menempatkan tanaman hias ini di ruangan Anda, maka dapat meningkatkan kualitas udara segar di rumah Anda, karena tanaman ini dapat menyaring zat polutan seperti asap tembakau. Agar tanaman ini tumbuh dan berkembang dengan baik, Anda bisa meletakkan tanaman ini dengan cukup cahaya matahari tetapi jangan langsung terkena sinar matahari. Serta berikanlah drainase yang cukup jika tanaman tumbuh di pot.

6. Ivy (Hedera helix)

Zat yang bisa diserap oleh tanaman ini sehingga membuat udara dalam ruangan Anda bersih adalah benzena, formaldehida, TCE, toluena, oktan, terpene (tanaman yang paling efektif untuk menghilangkan benzena menurut NASA)

7. Ficus (Ficus benjamina)

Ficus Benjamina adalah sejenis tanaman hias yang dapat ditanam di ruangan indoor sehingga menjadikan ruangan Anda tampak hidup. Tanaman ini bisa membantu membersihkan udara ruangan yang mengandung amonia, xylene formaldehida dan toluena.

8. Dracaena Massangeana

Tanaman hias ini merupakan tanaman yang bisa mengurangi kadar benzena dan formaldehida dalam ruangan ruamh Anda. Bukan hanya benzena dan formaldehida saja, tanaman ini bisa menyaring udara dari kandungan xilena dan toluena. Tanaman ini menyukai cahaya terang, tetapi akan mati jika terlalu berlebihan terkena cahaya.

9. Dracaena Massangeana
Jadi apabila Anda ingin merawat tanaman ini, usahakan jangan meletakkan di ruangan yang terlalu banyak cahaya mataharinya. Begitu dengan drainasenya, untuk pemberian airnya juga jangan terlalu berlebihan.

10. Lily (Spathiphyllum)

Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman yang bisa membantu membersihkan ruangan Anda dari zat – zat polutan. Dan bahkan bisa menyaring kontaminan seperti benzena, formaldehida dan trichloroethylene. Apabila Anda menaruh tanaman ini dalam ruangan, spathiphullum dapat membersihkan udara dari polutan tiap 10m persegi ruangan.

11. Tradescantia Pallida

Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman hias yang dapat menghapus empat senyawa VOC yang paling utama dan umum yaitu benzene, TCE, toluena, oktan, dan alpha-pinene. Tumbuhan ini dapat hidup dalam ruangan dengan suhu rata-rata 55-75 derajat Fahrenheit.

12. Hoya Carnosa

Tanaman hias yang berasal dari Filipina ini juga bisa menjadi pilihan Anda untuk ditempatkan di ruangan rumah atau kantor agar udara tetap segar dari polusi. Menurut studi di University of Georgia, Hoya Carnosa ini dapat menyerap VOC. VOC adalah senyawa organik yang mudah menguap, biasanya kontaminannya bisa berasal dari barang-barang rumah tangga yaitu karpet, panel kayu, cat, hewan peliharaan, formaldehid, benzena dan toluena. Bisa juga senyawa VOC yang berasal dari buku-buku lama , surat kabar, lilin dan perekat.

13. Red Ivy (Hemigraphis Alternataa)

Sama halnya dengan tanaman hias indoor lainnya, tanaman ini juga sangat efektif dalam menghilangkan VOC berbahaya dari udara yang biasanya berasal dari barang-barang rumah tangga. Bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan fisik Anda saja tetapi juga menjadikan ketenangan. Jika Anda menambahkan tanaman hias ini , kesehatan fisik Anda akan meningkat serta juga dapat menjadikan obat penenang Anda dari stress.

14. Spider plant (Chlorophytum comosum, Chlorophytum elatum)

Tanaman ini merupakan jenis tanaman indoor yang populer di masyarakat, karena perawatannya sangat mudah yaitu dapat tumbuh subur dalam semua kondisi. Tanaman ini ternyata bisa menyaring udara dalam ruangan rumah Anda dari zat-zat polutan, di antaranya formaldehida, karbon dioksida dan karbon monoksida.



Penting diperhatikan, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis tanaman dan manfaatnya jika Anda bermaksud meletakkan tanaman tertentu untuk memurnikan udara di dalam ruang.




Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *