15 June 2015

Kulit lebih mulus dengan Smoothie



Meracik smoothie dengan campuran buah dan sayur ternyata dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kombinasi vitamin dan antioksidan dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan mulus.

1. Banana Honey Oat Smoothie
Pisang mengandung mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan juga zat besi. Sedangkan Oat kaya akan serat, vitamin E dan asam folat yang dapat mendukung kesehatan kulit secara menyeluruh. Agar rasanya lebih enak, tambahkan madu sebagai campuran. Blender jadi satu,  pisang beku, madu, oats dan jus apel atau air kelapa.

2. Lemon Mango Ginger Smoothie
Buah lemon memiliki rasa asam segar, dipadukan dengan mangga yang juga mengandung vitamin C dapat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Ditambahkan dengan sedikit jahe yang kaya akan kandungan antioksidan dapat membuat kulit terlihat lebih segar.

3. Rosewater Strawberry Honey Smoothie
Air bunga mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang memberikan efek lembut pada kulit. Sedangkan, strawberry kaya akan vitamin C, serat dan asam folat. Paduan semua bahan makanan ini dapat meregenerasi kulit dan buang  racun dari dalam tubuh.

4. Banana Green Tea Smoothie
Kale ataupun sayuran hijau lainnya kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan kulit. Sedangkan pisang kaya akan vitamin A, C dan E serta kalium, lutein antioksidan dan serat yang penting untuk membersihkan dan sehatkan kulit. Ditambah dengan teh hijau yang kaya antioksidan, mengurangi peradangan dan menjinakkan hormon penyebab jerawat.

5. Stawberry and cucumber
Strawberry mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit. Sedangkan mentimun dapat membantu menghidrasi kulit dan menjaga kulit agar tidak kering. Ketika dikombinasikan, keduanya membuat smoothie terasa enak sekaligus dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan. Untuk membuatnya, blender jadi satu, air kelapa, strawberry, mentimun dan madu sebagai pemanis.

6. Smoothies Strawberry Bayam
Smoothies ini selain bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit serta mencegah jerawat juga cocok dikonsumsi ibu hamil untuk kesehatan dan perkembangan otak janin dan menjaga daya tahan tubuh. Bayam mengandung vitamin A yang tinggi dan strawberry mengandung asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Bahan-bahan yang diperlukan: 100 gram daun bayam muda, 3 buah strawberry potong kecil, 1 buah pisang, 2 sendok makan madu. Cuci bersih semua bahan, blender semua bahan hingga agak halus, tambahkan madu, blender kembali hingga halus. Tambahkan es batu agar terasa lebih segar. 

7. Smoothies Jeruk Creamy
Jeruk adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang selain bermanfaat bagi kesehatan juga bermanfaat untuk kecantikan karena mampu meremajakan sel-sel kulit. Smoothies jeruk creamy ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit dan memberi kesegaran ekstra pada tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan: 200 cc susu segar, 200 cc air dingin, 200 cc jus jeruk yang sudah dibekukan, es batu secukupnya, ¼ sendok teh ekstrak vanila. Campurkan semua bahan dalam wadah, blender hingga halus. Jika tidak ingin langsung diminum boleh disimpan dahulu dalam lemari es agar tetap segar. 

8. Smoothies Mangga Pisang
Smoothies Mangga Pisang ini kaya akan vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, kalium dan magnesium. Bermanfaat untuk menyembuhkan batuk, menyehatkan jantung dan mencegah kerusakan tulang. Bahan-bahan yang diperlukan: 1 buah mangga, 1 buah pisang beku, 100 cc santan, 100 cc susu rendah lemak, ½ sendok teh madu. Potong buah-buahan agar lebih mudah dihaluskan, masukan santan, susu, dan madu dalam blender, blender hingga halus. Tak perlu tambahkan es batu karena sudah menggunakan pisang beku. 

9. Smoothies Blewah Pisang
Blewah sangat rendah gula dan kalori, serta kaya kalium dan vitamin C, sedangkan pisang kaya akan zat besi dan aneka vitamin. Perpaduan smoothies ini sangat cocok dikonsumsi untuk mengontrol tekanan darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Bahan-bahan yang diperlukan: 100 gram blewah, 1 buah pisang, 120 gram yogurt tawar rendah lemak, 15 ml jus jeruk beku, 2 sendok teh madu, ½ sendok teh ekstrak vanila. Potong buah agar lebih mudah dihaluskan, campurkan yogurt, jus jeruk beku, blender sebentar, lalu masukkan madu dan ekstrak vanila, blender kembali hingga halus. 

10. Green Smoothie
Banyak mengkonsumsi buah dan sayur selain menyehatkan juga membantu membersihkan pencernaan dan membuang toksin dari dalam tubuh, akibatnya badan terasa lebih fresh, kulit yang cerah dan wajah yang lebih kinclong. Bahan-bahan: 1 buah ketimun beserta kulitnya, 3 lembar daun selada, 3 lembar daun kailan, 1 ikat kecil daun lobak (skip jika tidak ada), 1 buah jeruk nipis, kupas kulitnya, 1 genggam daun mint (skip jika tidak ada), 100 gram brokoli, 2 buah pir atau apel hijau - buang bijinya saja tidak perlu dikupas, 200 gram nanas beku, 2 buah pisang beku, 300 gram melon, 300 - 500 ml air tergantung kekentalan smoothie yang diinginkan. Tips: sayuran dan buah organik akan jauh lebih sehat dan baik untuk tubuh kita karena memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan buah atau sayur biasa. Cara membuat: Siapkan sayur dan buah yang akan anda gunakan.  Pastikan anda mencuci bersih terlebih dahulu semua sayur dan buah sebelum anda memotong-motongnya dan memasukkannya ke dalam gelas blender. Keringkan sayuran dan buah dengan meletakkannya di atas selembar kain bersih atau tisu dapur. Masukkan potongan buah yang mengandung air seperti pir, nanas, melon dan ketimun di dasar gelas blender. Tekan pulse beberapa kali agar pisau blender bekerja kuat mencacah potongan buah. Masukkan semua sisa bahan smoothie. Tekan pulse hingga sayuran dan buah tercacah halus, jika pisau tidak mau berputar, tambahkan air. Proses sayuran dan buah hingga menjadi smoothie yang halus dan lembut. Jika terlalu kental, tambahkan air hingga smoothie anda menjadi agak sedikit encer. 

11. Smoothie Jambu Biji dan Blueberry
Jambu biji kaya akan serat, vitamin A, C, asam folat dan mineral seperti kalsium, mangan & copper. Buah ini juga telah dikenal luas rendah akan kalori, namun kaya akan mineral dan vitamin. Bahkan kandungan vitamin C satu butir buah jambu biji setara dengan 4 butir buah jeruk. Sementara blueberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Bahan-bahan: 4 buah jambu biji merah, berat kira-kira 1/2 kg, 1 genggam blueberry kering, bisa dibeli di Carefour atau All Fresh, 200 ml plain yoghurt, cari yang rendah lemak, 4 sendok makan madu, 400 ml air matang, Es batu secukupnya. Cara membuat: Kupas jambu biji, potong-potong daging buah beserta isinya yang berwarna merah. Masukkan ke dalam blender, tambahkan yoghurt, blueberry dan air. Proses hingga halus.  Saring smoothie menggunakan penyaring kawat yang tidak terlalu rapat. Buang biji jambu. Tambahkan madu ke smoothie, aduk rata. Masukkan es batu. 

12. Kiwi Smoothie
Smoothie ini bisa menjaga kulit Anda tetap fresh. Bahan-bahan: 3 buah kiwi, potong-potong, kondisi beku lebih baik, 100 gram yoghurt plain, 2 sendok makan susu bubuk, 1 sendok makan madu, 500 ml air, es batu secukupnya, gula pasir atau sirup vanili jika suka. Cara membuat: Siapkan blender masukkan semua bahan kecuali es batu dan proses hingga halus, tuangkan ke dalam mangkuk tambahkan es batu secukupnya. 


Selain racikan smoothies di atas, Anda pun dapat mencoba racikan jus buah-buahan dan sayuran berikut ini yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik:

1. Jus kiwi mentimun

Bahan-bahan :
  • Mentimun ukuran sedang
  • 1 buah kiwi
  • Bayam hijau secukupnya
  • 1 buah tomat merah
Cara membuat :
  • Bersihkan semua bahan menggunakan air mengalir.
  • Potong dadu mentimun, kiwi dan tomat agar cepat hancur.
  • Masukkan bayam dan potongan timun ke dalam juicer.
  • Tuang sarinya ke dalam blender, masukkan potongan tomat dan kiwi.
  • Blender hingga halus. Sajikan segera.
  • Keterangan : buah kiwi kaya vitamin E, gunanya untuk melindungi membran sel serta mencegah kerusakan kolagen karena sinar ultraviolet.


2. Jus Buah Kiwi Apel

Bahan-bahan :
  • 100 gram buah kiwi
  • 100 gram apel
  • 1/2 gelas air es
Cara membuat :
  • Potong-potong buah kiwi dan apel, masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan air es, lalu proses hingga halus.
  • Tuang ke gelas saji, hidangkan segera.
  • Keterangan : jangan menyimpan jus pada tempat tebuka dalam waktu yang lama karena kandungan vitamin di dalamnya bisa rusak oleh oksigen.


3. Jus sayur brokoli untuk kulit sehat

Bahan-bahan :
  • jus sayur brokoli buat kulit sehat
  • 100 gram brokoli
  • 50 ml air jeruk manis
  • 200 ml air matang
Cara membuatnya :
  • Bersihkan brokoli dengan air mengalir lalu potong-potong.
  • Masukkan ke blender bersama air matang, proses sampai halus. Saring ampasnya menggunakan saringan khusus atau kain lembut.
  • Untuk menghilangkan rasa pahit brokoli, tambahkan air jeruk manis. Aduk rata dan tambahkan potongan es batu jika perlu.


4. Jus buah alpukat untuk kulit kering

Bahan-bahan :
  • 1 alpukat ukuran kecil
  • 1 mentimun
  • 2 batang seledri
  • 1 siung kecil bawang putih
  • Sepotong Jehe
  • 2 sendok teh minyak kelapa
Cara mengolah :
  • Belah alpukat, ambil dagingnya. Mentimun dikupas kulitnya lalu potong dadu.
  • Masukkan bahan-bahan ke dalam blender kecuali jahe. Proses hingga halus.
  • Tuang jus ke dalam gelas. Hancurkan (peprek) jahe lalu capurkan bersama jus, aduk rata.
  • Keterangan : lihat disini untuk resep jus buah alpukat lainnya.


5. Jus wortel untuk hilangkan radang jerawat

Bahan-bahan:
  • 3 wortel segar
  • 1 buah aprikot
  • ¼ melon orange
Cara membuat :
  • Ambil wortel, cuci bersih kemudian potong-potong. Aprikot di belah menjadi dua bagian dan baung bijinya.
  • Anda bisa menggunakan buah melon biasa atau Cantaloupe melon (daging buah berwarna orange) untuk memperoleh nutrisi secara maksimal.
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan hingga tercampur rata.
  • Ambil gelas, tuang lalu sajikan segera.
  • Keterangan: beta-karoten pada Cantaloupe melon dan wortel akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, manfaatnya untuk menghilangkan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori dan menyebabkan noda hitam.

Agar hasil yang diperoleh maksimal, minumlah jus buah berikut ini secara teratur dua kali sehari selama satu minggu. Apabila tidak terjadi perubahan pada kulit, tinggalkan karena resep tersebut tidak cocok untuk anda.




Sumber: detikfood.



1 comment:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada nyi atas bantuannya saya bisa menang togel,
    saya benar2 tidak percaya angka ny kasi dan hampir pinsang karna angka yang di berikan nyi ternyata.
    tembus.
    awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di propensi sumatra dan.
    tidak ada onkos pulang,
    mulanya saya ragu tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin 100lembar dan.
    ALHAMDULILLAH berhasil,
    sekali lagi makasih banyak yaa nyi… dan saya tidak akan lupa bantuan.
    dan budi baik Nyi Reksosaraswati,
    bagi anda yang ingin seperti saya.
    silahkan HBG/SMS 082 322 216 958
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    INGAT…kesempatan tidak akan datang untuk ke 2 kalinya…!

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *