08 June 2015

Khasiat dasyat dari salad bagi tubuh


Kebiasaan memasukkan salad ke dalam menu harian tentu jadi sesuatu yang positif. Salad juga jadi menu yang menarik, karena varian komposisinya bisa dipadu-padankan. Yuk simak, beberapa manfaat hebat dari menu yang punya warna, rasa dan tekstur yang menarik ini!

1. Serat tinggi
Konsumsi salad dengan komposisi tinggi serat bisa mencegah konstipasi sekaligus menurunkan tingkat kolesterol. Serat mampu melancarkan proses penyerapan makanan. Juga menurunkan berat tubuh karena bisa menyerap lemak dan membuangnya bersama kotoran. Makanan tinggi serat seperti salad bisa membuat perut terasa lebih kenyang dan akibatnya nafsu makan jadi lebih terkontrol. Barbara Rolls, PhD, penulis buku The Volumetrics Eating Plan, menambahkan menyantap serat lebih banyak akan membantu kita merasa lebih kenyang sehingga porsi makan kita menjadi lebih sedikit. Dan itu artinya sangat baik bagi program penurunan berat badan.

2. Manfaat maksimal buah dan sayur
Beragam jenis buah dan sayur bisa dipadukan dalam satu racikan salad. Buah seperti apel, anggur, jeruk, kiwi, bleuberry dan strawberry sering dijumpai. Untuk jenis sayuran, yang biasa digunakan adalah selada, wortel, jagung, tomat, kol, plus kacang-kacangan. Paduan segar tersebut selain segar juga kaya nutrisi, bahkan bisa mencegah kanker karena konsumsi buah dan sayur yang tinggi. David Joacobs, PhD, profesor dari Public Health di University of Minnesota menyatakan banyak sekali bukti bahwa buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Mengurangi kalori
Jika makan salad bisa memicu perasaan kenyang lebih lama, dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Tak seperti menu tak sehat yang sering dihindari, mengonsumsi salad dalam jumlah tinggi justru banyak dianjurkan. Efek kenyang yang ditimbulkan membuat seseorang otomatis mengurangi asupan makanan tinggi kalori. Sebuah studi menunjukkan dengan mengonsumsi menu rendah kalori, seperti salad sayuran dengan 150 kalori atau kurang, mampu meningkatkan kepuasan atau rasa kenyang dan memangkas total jumlah kalori yang seharusnya dikonsumsi selama makan. Motonya ‘bigger is better’, tapi yang dimaksud dengan moto ini adalah volume saladnya bukan jumlah kalorinya. Jadi, tambahkan jumlah sayuran dan kurangi dressing serta pernak-pernik yang berlemak lainnya.

4. Dapatkan lemak baik
Tubuh juga membutuhkan lemak baik yang biasa ditemukan dalam olive oil, alpukat, juga kacang-kacangan. Memadukan makanan yang mengandung lemak baik dengan aneka sayuran membantu tubuh menyerap nutrisi. Studi terbaru dari Ohio State University mengukur seberapa baik phytochemical terserap oleh tubuh setelah orang mengonsumsi salad selada, wortel, dan bayam, bersama atau tidak bersama 2 ½ sdt avokad. Hasilnya, para  pemakan avokad menyerap alpha karoten 8 kali lebih banyak dan beta karoten 13 kali lebih banyak, dibanding kelompok yang memakan salad tanpa avokad. Dan kedua nutrisi tersebut dipercaya akan membantu kita terlindung dari penyebab kanker dan penyakit jantung.


Mitos-mitos seputar salad:

1. Salad dibersihkan memakai air yang mengandung klorin 
Pastikan Anda terlebih dahulu mencuci salad sebelum mengonsumsinya. Beberapa produsen umumnya akan yang memasukkan sedikit kandungan klorin dalam air untuk mencuci sayur, tapi hal ini tidak dianggap terlalu membahayakan. Klorinasi adalah proses penghilangan kuman penyakit dan mikroorganisme dalam air ledeng, air bersih atau air minum. Proses klorinasi tersebut sangat efektif untuk menghilangkan kuman penyakit, tetapi di balik keampuhannya itu, kadar klorin yang tinggi juga berbahaya bagi kesehatan. Namun demikian, saat ini sudah semakin banyak produsen yang tidak menggunakan klorin dalam air cucian, melainkan dengan menggunakan mata air murni. 

2. Salad membosankan 
Jika Anda selalu menggonsumsi jenis salad yang sama setiap hari seperti misalnya salada, tomat dan mentimun, wajar saja jika Anda menjadi bosan. Bagaimana mengatasinya? Kuncinya adalah bereksperimen. Mulailah dengan mencoba untuk mengonsumsi sayuran yang berbeda seperti misalnya bayam, daun singkong, pepaya dan menambahkan rempah-rempah segar seperti ketumbar, peterseli dan kemangi. Kombinasi ini akan membawa rasa yang baru pada lidah Anda. Selain itu, Anda juga dapat bereksperimen dengan mencoba sejumlah bahan lainnya seperti lobak, seledri, daun bawang, bit, bawang merah, paprika, wortel, buncis, kacang merah merah, kacang polong, jagung manis dan jamur. Untuk mendapatkan rasa yang manis, Anda bisa mencampurkan nanas, kismis, mangga, apel atau jeruk. 

3. Harus menghindari salad yang disajikan dengan saus (dressing) tertentu karena tinggi lemak 
Penelitian dari Ohio State University Amerika Serikat telah menunjukkan bahwa mengonsumsi selada segar dengan sedikit lemak dapat membantu tubuh menyerap antioksidan seperti lycopene yang ditemukan dalam tomat, betakaroten ditemukan dalam wortel, serta lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam daun salad. Ingat, tanpa adanya kandungan lemak, tubuh manusia tidak dapat menyerap banyak dari antioksidan penting, yang telah terbukti dapat menjaga kesehatan jantung dan risiko lebih rendah terkena kanker. 

4. Salad kemasan mengandung sedikit nutrisi 
Segala macam buah dan sayuran umumnya akan kehilangan vitamin setelah dipetik. Semakin lama buah dan sayuran itu sampai ke piring Anda, maka semakin rendah pula kandungan vitaminnya. Bahkan, salad yang Anda beli langsung dari petani mungkin telah kehilangan sejumlah besar kandungan nutrisi ketika makanan itu sampai ke piring Anda. Selada yang ketika dipanen terpapar sinar matahari sepanjang hari juga besar kemungkinan vitamin C-nya akan hancur. Namun ingat, sebagian besar salad juga mengandung bahan-bahan lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti mineral, antioksidan, serat dan air. 

5. Salad selalu rendah kalori 

Salad dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda menjaga ukuran pinggang tetap ramping dan ideal. Tetapi salad dengan campuran kacang, biji, keju, daging dan mayones biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi dan bahkan lebih berbahaya ketimbang steak dan keripik.




Sumber: dari berbagai sumber.



1 comment:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada nyi atas bantuannya saya bisa menang togel,
    saya benar2 tidak percaya angka ny kasi dan hampir pinsang karna angka yang di berikan nyi ternyata.
    tembus.
    awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di propensi sumatra dan.
    tidak ada onkos pulang,
    mulanya saya ragu tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin 100lembar dan.
    ALHAMDULILLAH berhasil,
    sekali lagi makasih banyak yaa nyi… dan saya tidak akan lupa bantuan.
    dan budi baik Nyi Reksosaraswati,
    bagi anda yang ingin seperti saya.
    silahkan HBG/SMS 082 322 216 958
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    INGAT…kesempatan tidak akan datang untuk ke 2 kalinya…!

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *