13 October 2014

Ingin tubuh ramping dan kulit sehat? Makanlah buah ini



Buah jambu biji memang kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, tubuh akan tetap fit. Selain enak dimakan segar, jambu biji juga bisa diolah jadi smoothie.

Rasanya manis renyah dengan sedikit biji. Jambu yang wangi ini punya khasiat untuk menjaga tubuh sehat.

Sering sariawan atau gampang sakit? Mungkin Anda kekurangan vitamin C dari buah segar. Mengonsumsi jambu biji yang kaya vitamin memang sangat baik untuk menjaga sistem imunitas. Selain itu jambu biji juga membuat kulit lebih sehat.

Manfaat hebat ini bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsi jambu biji segar.

1. Optimalkan penyerapan zat besi
Jambu biji mengandung vitamin E, K, niasin, folat, asam pantotenat, vitamin B6 dan juga beberapa mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium yang berperan dalam pembentukan darah. Jambu biji juga dikenal mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam darah.

2. Sehatkan kulit
Jambu biji kaya akan vitamin A, dimana vitamin ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Jambu biji juga kaya akan antioksidan yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

3. Cegah penuaan dini
Sebagian besar penuaan disebabkan karena faktor peningkatan usia. Akan tetapi polusi, radiasi ultraviolet dan asap dapat mempercepat proses penuaan didalam tubuh. Penyebab utama penuaan adalah radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh akibat stres oksidatif yang tinggi disebabkan karena polusi. Antioksidan terbukti menghancurkan radikal bebas. Jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan sehingga dapat mencegah penuaan dini secara alami.

4. Anti inflamasi
Jambu biji memiliki sifat anti inflamasi dan anti tumor. Jambu biji mengandung komponen penting yaitu lycopene yang biasanya ditemukan dalam tomat. Lycopene merupakan sebuah phytonutrisi karotenoid yang paling efektif untuk melawan tumor.

5. Tingkatkan imunitas
Jambu biji merupakan salah satu makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan tingkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

6. Tingkatkan kesehatan mata
Jambu biji mengandung vitamin A yang merupakan antioksidan untuk melindungi mata dari radikal bebas. Vitamin A juga efektif untuk mencegah kerusakan retina yang disebabkan karena radikal bebas sehingga melindungi mata dari katarak atau degenerasi makula.

7. Cegah sariawan
Jambu biji mengandung 2 kali lebih tinggi dari jeruk. Agar tak sering sariawan sebaiknya konsumsi jambu biji secara rutin. Anda dapat mengonsumsi jambu biji dengan segar atau berbentuk smoothies.

8. Jaga berat badan
Jika sedang melakukan penurunan berat badan. Jambu biji dapat dipilih sebagai alternatif camilan yang mengenyangkan. Selain rendah gula, jambu biji juga tinggi akan serat sehingga dapat menekan nafsu makan yang berlebihan.

9. Mencegah kanker
Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

10. menurunkan hipertensi
Jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika ingin menghindar dari serangan jantung. Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

11. Mengobati diare
Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengunyah jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium.

12. Batuk dan flu
Daun jambu biji yang dimakan mentah atau buah yang masih mentah yang dibuat jus dipercaya secara turun temurun sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu.

13. Mencegah sembelit
Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang disarankan. Selain itu biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

14. Merawat gigi
Konsumsi jus jambu biji untuk merawat gusi, mengatasi gusi bengkak dan berdarah.

15. Diabetes Melitus
Jambu biji yang telah  direbus dan diambil airnya untuk diminum  dipercaya dapat mengobati Diabetes Melitus

16. Menjaga fungsi otak dan syaraf
Manfaat jambu biji merah lainnya adalah menjaga fungsi otak dan syaraf. Karena jambu biji merah mengandung vitamin B3 dan B6, maka tak heran buah ini berfungsi untuk merangsang otak. Vitamin B6 yang juga dikenal sebagai pyridoxine juga mampu meningkatkan aliran darah serta memberi nutrisi penting bagi otak dan fungsi syaraf.

17. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.

18. Demam berdarah dengue (DBD)
Ramuan 1: Jambu biji matang dan mengkal 3 buah dicuci bersih. Jambu yang sudah matang diblender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji.
Jus jambu biji diminum tiga kali sehari sampai DBD sembuh. Buah yang mengkal dimakan langsung bersama kulitnya. Biji buah tidak perlu ikut dimakan.

19. Maag
Delapan helai daun jambu biji dicuci, rebus dengan 1,5 liter air. Minum 3 kali sehari.

20. Keputihan
Dua genggam daun jambu biji muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.




Sumber: dari berbagai sumber.



0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *