20 October 2014

Inilah makanan super sehat bagi anak di atas 1 tahun



Pengenalan rasa, tekstur, warna juga membuat si kecil mudah menerima makanan baru.

Saat itulah Anda harus cermat memilih jenis makanan agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Makanan ini direkomendasikan para ahli gizi sebagai ‘superfood’ untuk anak di atas 1 tahun.

Ketika anak mulai mengenal makanan biasanya mereka mudah bosan. Bisa jadi menolak makanan yang Anda perkenalkan. Beberapa jenis makanan super perlu Anda perkenalkan sejak dini.


Buah dan sayuran dengan nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak sebaiknya diperkenalkan sejak dini. Seperti beberapa makanan penting berikut ini:

1.Bijian Utuh
Beras merah, gandum utuh dan oatmeal bisa diperkenalkan sebagai campuran nasi tim dan bubur. Bijian utuk sangat baik untuk pencernaan bayi, juga mengandung vitamin E, zat besi dan vitamin B. Serela khusus untuk bayi juga bisa diberikan. Atau campurkan dalam pure buah dan sayur.

2.Wortel dan Ubi
Wortel, ubi dan labu kuning merupakan sayuran yang paling baik diperkenalkan pertama kali pada anak. Rasanya agak manis, teskturnya lembut dan kaya akan betakaroten dan antioksidan. Bayam yang kaya zat besi dan asam juga baik diperkenalkan pada tahap awal.

3. Pisang dan Peach
Buah segar yang kaya serat, vitamin C, A dan potassium baik dberikan pada si kecil. Pisang yang lembut dan manis serta kaya potassium bisa diperkenalkan pertama kali. Buah ini juga mengandung prebiotic yang baik untuk pencernaan. Buah peach dan buah lain yang lembut teksturnya bisa diberikan bertahap.

4.Blueberry
Buah mungil berwarna ungu ini kaya akan antioksidan yang penting untuk perkembangan kognitif dan memori anak.  Juga mendukung perkembangan motorik halusnya. Sebaiknya berikan dalam bentuk segar sebagai camilan.

5. Alpukat
Selain kaya akan lemak sehat, tekstur lembut alpukat cocok sebagai perkenalan pertama anak akan makanan sehat. Kaya akan vitamin A, C dan E serta potassium. Berikan dalam bentuk halus hanya bagian yang kuning saja.

6. Ikan
Beragam jenis daging ikan laut sangat baik diberikan pada anak karena kaya akan asam lemak omega 3. Nutrisi ini penting untuk pertumbuhan otak dan mata serta mengurangi risiko penyakit jantung saat anak dewasa. Ikan bisa dicincang atau dikukus. Teksturnya lembut sehingga mudah dikunyah.

7. Telur
Dulu para dokter hanya merekomendasikan putih telur saja untuk diperkenalkan pada tahap awal. Kini dokter menyarankan pemberian satu butir telur sehari. Karena telur kaya akan vitamin B dan choline yang sangat penting untuk pertumbuhan sel-sel otak anak. Rebus telur lalu cincang atau buat jadi omelet dan orak-arik.

8. Kacang-kacangan
Kacang hijau dan kacang merah dan beberapa jenis kacang lainnya merupakan sumber serat, vitamin yang sangat penting untuk pertumbuhan sel, metabolism dan pencernaan anak. Berikan bergantian dengan cara direbus hingga empuk kemudian dilumatkan. Berikan sebagai bubur atau olah menjadi camilan yang mudah disantap si kecil.

9. Produk Susu
Susu kaya akan protein, kalsium dan fosfor  Nutrisi ini sangat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Yoghurt baik untuk pencernaan si kecil. Keju bisa diberikan dalam bentuk potongan sebagai camilan. Olah susu menjadi pudding atau smoothies agar tak membosankan.

10. Keju Keju sangat banyak menyediakan protein, kalsium, fosfor dan vitamin D , sehingga keju sangat bagus untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Anak-anak mungkin lebih menyukai keju dengan rasa yang ringan seperti keju mozzarella. Keju bisa diberikan kepada anak bersama roti keju pada roti atau pizza, atau diparut dan ditaburkan atas pasta, nasi goreng atau mie.

11. Daging Daging kaya akan protein dan zat besi. Zat Besi berguna untuk mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak, dan mendukung sistem kekebalan tubuh anak. Pilihlah potongan daging yang lunak, dicincang atau dipotong kecil-kecil. Campur daging sapi cincang, ayam atau ikan dengan tahu, telur, remah roti, atau kentang tumbuk. 

12. Brokoli Brokoli sarat dengan nutrisi, yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan mata dan mencegah kerusakan sel. Sayuran ini juga menyediakan banyak serat yang bermanfaat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Bahkan brokoli menempati urutan pertama sebagai sayuran yang paling bergizi sedunia Potong brokoli kecil-kecil. Sajikan dengan dips (dressing salad, saus keju, saus tomat atau saus wijen, atau taburi dengan keju parut di atasnya. Anda juga bisa menggunakan brokoli atau sayuran sebagai topping untuk pizza atau untuk mengisi omelet. 

13. Buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah Buah-buahan dan sayuran berwarna cerah termasuk wortel, labu, ubi jalar, tomat dan buah pepaya, yang tinggi beta karoten dan karotenoid lain yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kulit dan penglihatan yang baik, pertumbuhan anak, dan perbaikan jaringan tubuh. Buah sayuran bisa diberikan kepada anak untuk nasi, nasi tim, salad, dan lain-lain, sesuai kreasi Anda.



Sumber: dari berbagai sumber.




1 comment:

  1. Terimakasih atas informasinya. Sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan anak-anak kita. Dapatkan suplemen terbaik untuk meningkatkan kesehatan anak pada : Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *