18 January 2016

Inilah khasiat tanaman ciplukan bagi manusia



Ciplukan atau Physialis Angulata adalah jenis tanaman liar yang akan sangat umum kita jumpai terutama di daerah persawahan. Tanaman ini pun memiliki nama berbeda di masing-masing daerah di Nusantara, misalnya Ceplukan untuk di Jawa; Cecendet/cecenet di Sunda; Yor-yoran di Madura; Lapinonat di Seram; Angket/Kepok-kepokan/Keceplokan di Bali; Dedes di Sasak; Leletokan di Minahasa; Kenampok (sasak); lapunonat (Tanimbar);.bahkan tanaman ini bernama Morel berry di Inggris. 

Tanaman ciplukan sendiri terdiri dari daun, buah, batang dan juga akar seperti tanaman lengkap lainnya. Tanaman ciplukan ini memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk obat berbagai jenis penyakit. 

Zat bermanfaat dalam tanaman ciplukan terdiri dari :
  • Vitamin C, gula, fisalin, tanin, kriptoxantin, polifenol dan steroid terletak pada buahnya,
  • Asam palmitat, stearat terletak pada biji buahnya,
  • flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas,
  • alkaloid terletak pada akarnya,
  • chlorogenic acid terletak pada batang dan daun.
Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainya seperti asam malat, asam sitrun, dan H2o yang semua zat- zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh anda.

Oleh sebab itu semua zat yang terkandung di dalam tanaman ciplukan tersebut terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Secara garis besar tanaman ciplukan ini memiliki peran sebagai tanaman yang memiliki fungsi antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemi. 

Berikut adalah beberapa manfaat tanaman ciplukan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia:

Mengobati diabetes melitus
Cara meramu: Siapkan tanaman ciplukan yang sudah mempunyai buah lalu cabut beserta akar-akarnya lalu anda bersihkan sampai benar-benar bersih. Setelah itu anda rebus dengan takaran tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar satu gelas air, kemudian anda saring dan siap anda minum. Lakukan satu kali dalam sehari.

Mengobati penyakit ayan atau epilepsi
Cara meramu: Siapkan 8-10 butir buah ciplukan yang sudah anda masak sebelumnya. silahkan anda konsumsi buah yang sudah masak tersebut setiap hari.

Mengobati penyakit paru-paru
Cara meramu: Siapkan tanaman ciplukan yang sudah mempunyai buah lalu cabut beserta akar-akarnya lalu anda bersihkan sampai benar-benar bersih. Setelah itu anda rebus dengan takaran tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar satu gelas air, kemudian anda saring dan siap anda minum. Lakukan 3 kali dalam sehari.

Mengobati sakit tenggorokan
Ambil seluruh pohon ciplukan, termasuk akar dan dibersihkan, lalu dipotong-potong dengan ukuran 3-4 cm dan dijemur, lalu dibungkus kembali agar tidak lembab lagi. Jika akan menggunakan sebagai obat, ambil kira-kira 9-15 gram dan direbus, kemudian air rebusannya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Resep ini juga berlaku untuk mengobati beberapa penyakit,  seperti: 
Batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang saluran napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).

Meredakan gangguan kelenjar getah bening
Apabila pernah mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, maka sangat disarankan untuk meminum air rebusan daun ciplukan secara rutin.

Mengobati Influenza
Tanaman 9-15 gram direbus, minum. Penetral racun untuk influenza, 3 pohon dipotong 5cm, rebus didalam 4 gelas air, sisakan 2 gelas, saring, minum.

Menurunkan darah tinggi
Ambil buah ciplukan sebanyak 5 gram saja, rebus dengan air sebanyak 110 ml selama kurang lebih 10 samapai 15 menit sambil terus di aduk. setelah sampai waktu yang di tentukan, saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari. Hal yang perlu di ingat adalah janganlah terlalu lama menyimpan karena akn mengurangi bahkan menghilangkan senyawa yang ada.


Membantu melawan sel kanker
Menurut beberapa penelitian kesehatan steroid yang terdapat pada daun dan buah ciplukan telah terbukti mampu melawan dan membunuh sel-sel ganas kanker yang tumbuh secara ganas dalam tubuh. Dan dalam studi tersebut telah membuktikan bahwa ramuan buah ciplukan ternyata mampu mengecilkan ukuran tumor atau kanker tersebut.

Meredakan sakit komplikasi
Ambil satu pohon Ciplukan anda layukan setelah itu cuci yang bersih rebuslah daun pohon dan akar Ciplukan dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian anda saring minum sehari 3 kali pada pagi hari siang dan sore hari.

Mengatasi rematik
Ambil satu pohon Ciplukan anda layukan setelah itu cuci yang bersih rebuslah daun pohon dan akar Ciplukan dengan 3 gelas air hingga mendidih sisakan satu gelas air dinginkan kemudian saring dan diminum sehari 3 kali.

Mengobati pembengkakan prostat
Rebus 9-15 lembar daun ciplukan hingga mendidih, saring dan minum hasil saringan tadi 2 kali sehari. Bila pembengkakan prostat akut minum 3 kali sehari.


Mengobati bisul
Daun Ciplukan sebanyak 1/2 genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Turapkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari.

Mengobati borok
Cara meramu: Silahkan anda siapkan satu genggam daun ciplukan ditambah dua sendok air kapur sirih lalu tumbuk hingga halus setelah itu anda tempelkan pada bagian kulit yang sakit atau borok tersebut.

Mengobati sariawan dan gusi berdarah
Kandungan vitamin C yang begitu banyak yang terdapat pada buah ciplukan dapat segera mengatasi sakit sariawan dan gusi berdarah, caranya dengan memakan 30 buah ciplukan segar setiap hari.

Mengatasi sakit hypertiroid 
Ambil cabut 3 tanaman Ciplukan setinggi rata-rata 50 cm beserta akarnya. Kemudian cuci bersih dan Rebus ke-3 tanaman Ciplukan tersebut termasuk buah dan akar, kedalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas.Kemudian setelah dingin minum segelas ramuan itu 1 kali sehari. Ramuan Ciplukan rasanya sangat pahit. Sehari setelah 2 kali konsumsi ekstrak ciplukan, tubuh akan merasakan perubahan segar bugar. Seluruh gejala penyakit hypertiroid yang hinggap di tubuh akan hilang. Saat bangun tidur tak merasakan kelelahan. 


Pada dasarnya semua bagian tumbuhan ciplukan tersebut cara pengolahannya hampir sama yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu kemudian tinggal meminumnya. Namun khusus untuk buahnya, kalian dapat merebusnya terlebih dahulu atau dapat memakannya secara langsung. Yang perlu dicatat adalah ketika anda membuat ramuan ciplukan ini jangan dibiarkan hingga sehari semalam, karena jika anda mengkonsumsinya telah melawati satu hari satu malam karena kandungan yang ada didalamnya sudah rusak.



Sumber: dari berbagai sumber.


1 comment:

  1. Tambah satu lagi, mengobati kencing batu .


    OBAT BATUK ANAK HERBAL
    Saling berbagi pengetahuan yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *