11 May 2015

Khasiat daun sirih merah bagi kesehatan



Daun Sirih Merah (Piper Crocatum) bisa dikatakan juga sebagai tanaman Herbal karena sudah di Manfaatkan sejak Ribuan tahun silam oleh nenek moyang kita, bahkan ketika masih di Zaman kerajaan tumbuhan ini sudah sangat populer untuk Kesehatan dan juga kecantikan tubuh manusia terutama Wanita.

Daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Terutama manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa kandungan yang terdapat pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, aktioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Para ahli pengobatan tradisional telah banyak menggunakan tanaman sirih merah oleh karena mempunyai kandungan kimia yang penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Dari buku ”A review of natural product and plants as potensial antidiabetic” dilaporkan bahwa senyawa alko-koloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Karena banyaknya kandungan zat/ senyawa kimia bermanfaat inilah, daun sirih merah memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat.Eugenol dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan tanin dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.

Berikut beberapa khasiat Daun Sirih merah untuk Tubuh Manusia:
  • Mengatasi luka bakar : siapkan sejumput daun sirih merah dan cuci. Peras airnya dan kemudian berikan sedikit madu. Setelah itu tempelkan di tempat terjadinya luka bakar. 
  • Menghentikan mimisan : sediakan satu helai daun siri merah yang masih muda, kemudian gulung. Setelah taruh di lubang hidung yang mengeluarkan darah. 
  • Mengatasi maag : ambil sejumlah daun sirih merah,cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan lumurkan dengan sedikit air panas di perut. Ganti dua kali sehari. 
  • Mengatasi gatal-gatal : Ambil 20 helai daun siri merah, masak dengan air mendidih. Lalu gunakan untuk mandi saat masih hangat. 
  • Menghilangkan mata merah : ambil 5 atau 6 helai daun yang masih muda, masak dengan air panas, kemudian tunggu sampai air dingin, kemudian basuhkan ke mata yang sakit. Lakukan tiga kali sehari sampai mata sembuh. 
  • Mencegah gusi berdarah : Panaskan empat helai daun siri merah di dua gelas air. Setelah agak dingin gunakan untuk berkumur. 
  • Mencegah sariawan : Ambil 1-2 helai daun dan kemudian cuci. Kunyah sampai hancur dan kemudian buang saat sudah terasa cukup. 
  • Mengurangi Bau Mulut: Siapkan dua atau empat helai daun, cuci dan peras. Seduh dengan air panas lalu minum.
  • Untuk Menobati batuk : Siapkan 15 helai daun sirih merah dan tiga gelas air. Cuci daun dan panaskan sampai tinggal seperempatnya. Kemudian minum dengan madu.
  • Bronkitis : Masak tujuh helai daun sirih merah yang telah dicuci bersama gula di dua gelas air. Tunggu sampai tinggal menjadi satu gelas. Dan kemudian minum tiga gelas setiap hari. 
  • Mengurangi bau badan : Ambil lima helai daun dan masak di dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas lalu minum di siang hari.  
  • Mengurangi jerawat : Ambil   tujuh sampai 10 helai daun, cuci dan haluskan. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan airnya untuk membasuh wajah. Lakukan 2-4 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik 
  • Mengatasi keputihan : Ambil dan seduh 10 helai daun sirih merah kemudian cuci dengan sekitar 3 litar air. Gunakan air rendamannya yang masih hangat untuk membersihkan vagina 
  • Menyembuhkan payudara bengkak karena memberi ASI : Ambil beberapa helai, cuci dan oleskan sedikit minyak kelapa. Setelah panaskan sebentar di atas api sampai daun kisut. Taruh dipayudara saat masih sedikit hangat
  • Daun Sirih Merah untuk pengobatan diabetes : Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.
  • Kecantikan alami untuk wajah halus : Rebus 3 sampai 5 lembar daun sirih merah sampai masak. Kemudian hasil rebusan tadi anda masukan kedalam gelas dan minumlah secara rutin setiap hari. Dengan demikian, kecantikan yang anda miliki akan senantiasa terjaga dan anda tidak perlu lagi memakai kosmetik atau bahan kimia lainnya untuk memberikan perlindungan pada kulit cantik anda. Ada lagi cara lainnya selain diminum, yaitu dengan cara dioleskan pada kulit.
  • Kecantikan alami agar wajah tetap segar : Siapakan dua lembar daun sirih merah yang kemudian harus anda tumbuk dengan air hingga merata. Setelah itu oleskan saja daun sirih merah itu ke bagian muka anda untuk memperoleh manfaat daun sirih merah untuk kecantikan. Biasanya banyak wanita yang menganggab bahwa pancaran kecantikan bisa diperoleh dari bagian wajah, maka jangan ragu untuk mengoleskan daun sirih merah yang telah anda tumbuk ini ke muka anda. Setelah itu bilas dengan air dan selesai. Anda telah memperoleh wajah yang cantik dan juga bersih. Kecantikan yang alami inilah yang akan memberikan anda daya tarik tersendiri.

Cara membuat teh sirih merah

Bagi kamu yang tidak suka mengonsumsi ramuan tersebut, kamu dapat mencoba untuk membuat the dari daun sirih. Caranya, ekstrak sirih dikeringkan dan disiapkan sebagai teh. 1 gelas air teh sirih yang panas dan diamkan sampai minuman dingin, dapat dikonsumsi dengan aman.

Sampai saat ini penggunaan sirih merah sebagai tanaman obat belum ditemukan informasi tentang efek samping dari sirih merah ini sebagai obat. Tetapi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sirih merah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil dan anak-anak di bawah usia 7 tahun.



Sumber: dari berbagai sumber.



1 comment:

  1. Saya sangat berterimah kasih banyak kepada nyi atas bantuannya saya bisa menang togel,
    saya benar2 tidak percaya angka ny kasi dan hampir pinsang karna angka yang di berikan nyi ternyata.
    tembus.
    awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di propensi sumatra dan.
    tidak ada onkos pulang,
    mulanya saya ragu tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin 100lembar dan.
    ALHAMDULILLAH berhasil,
    sekali lagi makasih banyak yaa nyi… dan saya tidak akan lupa bantuan.
    dan budi baik Nyi Reksosaraswati,
    bagi anda yang ingin seperti saya.
    silahkan HBG/SMS 082 322 216 958
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    INGAT…kesempatan tidak akan datang untuk ke 2 kalinya…!

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *