16 February 2015

Info seputar makanan sehat untuk panjang umur



Karena perkara panjang umur adalah urusan Tuhan, tentu saja ditambah ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan. Seperti diberitakan Telegraph, selain olahraga rutin menjaga pola makan juga salah satu kunci mencapai panjang umur yang lebih berkualitas dengan kesehatan prima. 

Di dunia ini ada sejumlah komunitas di mana jumlah orang yang panjang usia dengan kesehatan prima karena pola makan yang baik dan benar. 

1. Ikaria 

Ini adalah daerah dengan penduduk berusia mencapai 90 tahun terbanyak di dunia. Penduduk Ikaria berusia 10 tahun lebih lama dari pada penduduk di Eropa dan Amerika. 

Dengan jumlah pengidap kanker, pengidap jantung, demensia dan depresi lebih rendah, penduduk Ikaria yang menjadi bagian dari Yunani ini juga punya sarana transportasi yang sangat terbatas. 

Akibatnya lebih banyak orang yang mau tak mau harus tetap aktif bergerak yang justu menyehatka, bahkan sampai mereka berusia 80-90 tahun. Sebuah penelitian tak sekadar sehat dan aktif penduduk Ikaria juga rata-rata masih aktif secara seksual di usia lanjut. 

Pola makan orang Ikaria, adalah seputar minyak zaitun, banyak buah dan sayuran dan sangat sedikit makanan olahan. 

Sebagai tambahan mereka juga rutin minum teh herbal yang terdiri dari campuran spleenwort semacam tumbuhan pakis, sage ungu, mint dan rosemary. 

2. Okinawa

Salah sebuah tempat di Jepang ini juga punya penduduk dengan angka harapan hidup yang tinggi. Penelitian membuktikan bahwa orang Okinawa punya risiko yang sangat rendah untuk terkena penyumbatan pembuluh darah dan kanker yang berhubungan dengan masalah hormon. Pulau kecil di Jepang ini juga dijuluki sebagai pulau tersehat di dunia. Mau tau rahasia mereka? 

Pola makan mereka sangat rendah kalori tapi tinggi nilai nutrisinya. Diet mereka umumnya adalah ikan dan sayuran. Mereka sangat sedikit makan daging dan susu, dan lebih memilih cumi-cumi dan gurita 

Orang Okinawa juga banyak makan tofu dan konbu atau rumput laut dibanding orang lain di dunia. Untuk sumber karbohidrat mereka banyak makan ubi manis, yang rendah indeks glikemiknya tapi tinggi kadar antioksidannya.

3. Sardinia 

Sama dengan daerah Ikaria dan Okinawa, jumlah orang berusia seratus tahun juga banyak di Sardinia. Mereka bangga bahwa semua itu akibat kadar polusi udara yang sangat rendah dan diet yang sehat.

Diet orang Sardinia, umumnya adalah campuran tumbuhan setempat, nutrisi yang mendukung kesehatan dan porsi yang dikendalikan. 

Komposisinya mirip orang Ikeria, yakni banyak minyak zaitun, sayuran dan kacang-kacangan. Diet Sardinia di Italia itu, juga mengandung daging, hanya dengan potongan yang rendah lemak dan memilih menggunakan minyak ikan. 

Sebagai pendamping hidangan saat makan, mereka minum anggur dalam jumlah yang moderat. Anggur diyakini kaya akan polifenol dan berbagai jenis antioksidan lain yang juga menghambat proses penuaan.



Sumber dari: berbagai sumber.



2 comments:

  1. terimakasih untuk tips pola hidup sehatnya

    http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-penyakit-liver/

    ReplyDelete
  2. keren artikelnya gan
    kunjungi juga ya gan dengan web kebanggan kami poker online indonesia http://www.betdanwin.com/
    bonus deposit 100% dan ada komisi referral 50% untuk member yang mengajak teman-temannya mohon partisipasinya siapa tau membutuhkannya makasihh gan :)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *