02 February 2015

Hindari makanan ini agar tidak berjerawat



Anda termasuk orang yang rajin melakukan perawatan kulit, namun tetap saja jerawat bermunculan dan kulit menjadi kusam. Berbagai faktor bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, salah satunya makanan. Beberapa makanan dapat memicu munculnya alergi pada kulit. Karenanya hindari konsumsi berlebihan makanan berikut ini:

1. Seafood
Makanan laut seperti udang dan lobster sarat kandungan yodium. Tentu saja yodium diperlukan dalam pola makan untuk menjaga kelenjar tiroid tetap normal. Namun terlalu banyak yodium bisa menyebabkan jerawat. Batasilah konsumsi seafood agar kulit lebih cerah.

2. Pewarna buatan
Pewarna merah, kuning, atau biru dapat menambah keindahan makanan. Namun pewarna buatan dengan berbagai kandungan kimia itu dapat menyebabkan munculnya peradangan. Peradangan dapat memicu kulit berjerawat, penuaan dini, atau gatal-gatal akibat reaksi alergi.

3. Kopi
Konsumsi 2 atau 3 cangkir kopi sehari dapat menstimulasi kelenjar pituitary. Hal ini menyebabkan respon adrenocortical berupa produksi kortisol. Kortisol dikenal sebagai 'hormon stres' dan bisa memicu kenaikan berat badan. Selain itu, kortisol juga mempercepat proses penuaan dini berupa penipisan pada kulit.

4. Alkohol
Alkohol dapat memicu dehidrasi yang buruk bagi kulit. Dehidrasi membuat garis-garis halus dan kerutan pada wajah terlihat lebih jelas.

5. Gula
Terlalu banyak konsumsi gula dan makanan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan penurunan kolagen dan elastin. Hasilnya kulit pun jadi kurang elastis dan kulit menjadi cepat kendur. Kurangilah konsumsi gula melalui pola makan sehat agar kulit terjaga elastisitasnya.

6. Susu tanpa lemak
Pada tahun 2005, studi Harvard Nurse menemukan hubungan antara susu tanpa lemak dan jerawat. Meski  ada hormon dalam semua susu sapi yang memicu jerawat, namun studi itu mencatat bahwa peminum susu tanpa lemak paling banyak menderita masalah kulit. Kemungkinan disebabkan tingginya hormon bioavailable pada susu skim yang belum diserap lemak. Hormon itu dapat menstimulasi kelenjar sebaceous sehingga produksi minyak pada kulit semakin tinggi.

7. Mie instant
Mie instant adalah makanan praktis yang mudah diolah. Namun mie instan bukanlah makanan yang sepenuhnya sehat. Selain itu mie instant juga bisa menjadi makanan penyebab jerawat. Hal ini karena mie instant mengandung banyak protein dan minyak. Jika menginginkan untuk makan mie instant, sebaiknya buang minyak yang ada pada kemasan sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

8. Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan diketahui memiliki kandungan minyak yang banyak. Namun untuk jenis kacang tanah merupakan makanan yang paling dapat menimbulkan jerawat. Sebaiknya jika kulit Anda merupakan kulit sensitif yang mudah tumbuh jerawat, pilihlah camilan lain daripada kacang-kacangan.

9. Gorengan
Bakwan, tahu goreng, risoles, combro atau jenis gorengan lain merupakan makanan enak yang umum dijumpai. Gorengan mengandung banyak minyak sehingga bisa menjadi makanan penyebab jerawat. Terlebih jika proses penggorengannya menggunakan minyak yang telah digunakan berkali-kali. Minyak seperti ini banyak mengandung kolesterol jahat sehingga harus dihindari jika ingin terbebas dari jerawat.

10. Kelapa
Yang dimaksud kelapa di sini adalah semua makanan yang terbuat dari kelapa seperti makanan bersantan, makanan yang terdapat kelapa parut dan termasuk daging kelapa itu sendiri. Kelapa memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga sering dibuat minyak kelapa. Jika Anda tidak ingin makanan jenis ini menjadi penyebab jerawat, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang berbahan kelapa.

11. Kuning telur
Meskipun kuning telur baik untuk kesehatan, ternyata makanan ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada kuning telur yang teramat tinggi. Jadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi telur, tubuh justru tidak dapat menyerap kelebihan lemak yang terkandung. Ahli gizi menyarankan, untuk tidak mengonsumsi kuning telur lebih dari dua butir dalam sehari.



Sumber: dari berbagai sumber.




1 comment:

Contact Form

Name

Email *

Message *