07 September 2015

Benarkah Bumbu Kari Bisa Memicu Perbaikan Sel-sel Otak?



Harumnya racikan bumbu kari disukai banyak orang. Kunyit dan sejumlah rempah yang ada di dalamnya ternyata terbukti mampu memulihkan sel-sel otak yang mengalami gangguan.

Kari yang merupakan masakan khas Indonesia nyatanya tidak hanya memiliki rasa yang lezat namun juga menyimpan manfaat untuk kesehatan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa makan kari bisa menghindarkan Anda dari kanker usus dan memperpanjang usia. Lebih lanjut, penelitian terbaru dari dailymail.co.uk menyebutkan bahwa makan kari juga bisa mencegah Anda dari serangan penyakit demensia atau pikun di usia senja.

Penemuan ini ditulis dalam jurnal Stem Cell Research and Theraphy, Menurut penelitian di Jerman zat yang ada dalam kunyit bisa memicu pertumbuhan sel otak untuk memperbaiki diri. Penelitian ini dilakukan untuk mencari solusi mencari formula obat untuk mengobati akibat stroke dan Alzheimer.

Penelitian lainnya adalah penelitian dari Institute of Neuroscience and Medicine in Julich, Jerman ini menemukan bahwa kunyit yang menjadi bahan utama dari kari mengandung zat bernama turmerone. Zat ini mampu mempromosikan proliferasi sel-sel batang otak yang kemudian berkembang menjadi neuron. Perkembangan neuron inilah yang kemudian bisa menguatkan fungsi otak Anda meskipun Anda sudah berusia lanjut. Kemudian mereka melakukan riset yang berfokus pada zat aromatic turmerone yang ada dalam kunyit. Tikus percobaan disuntik zat ini kemudian dipindai otaknya.

Dalam percobaan yang lain peneliti merendam rodent neural stem cells (NSCs) dengan konsentrat ekstrak kunyit yang berbeda. Ternyata NCSs mampu bertransformasi menjadi beragam tipe sel otak. Ini menandakan kemampuan untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak atau karena penyakit.

Riset ini menemukan makin tinggi konsentrat aromatic-turmerone makin besa pertumbuhan NCSs. Namun, Dr Maria Adele Rueger sebagai tim riset menyatakan bahwa untuk manusia kemampuan pemulihan sel otak tak seefektif pada ikan atau binatang kecil.

‘Hal yang menarik, hasil riset ini bisa mendorong kemampuan sel induk dengan aromatic turmeone, Juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak karena penyakit atau hal lain,’ demikia tutur Dr. Rueger seperti dikutip dari BBC (26/09).

Sementara itu menurut Dr Laura Phipps dari Alzheimer’s Research UK menyatakan bahwa hasil riset belumlah jelas. Apakah bisa langsung diterapkan pada manusia dan mampu meperbaiki kerusakan sel otak karena penyakit Alzheimer.

Aromatic-turmerone merupakan salah satu zat yang ada pada kunyit. Sedangkan zat lain, curcumin sudah diteliti lebih dahulu. Terbukti mampu mengatasi peradangan dan menghambat sel kanker. 

"Saat usia manusia bertambah, maka sel-sel otak mereka pun turut bertambah tua. Walaupun begitu, konsumsi makanan sehat bisa menjaga kesehatan otak mereka," jelas peneliti utama, Dr Adele Rueger.

Di dalam bumbu kari selain kunyit juga ada daun kari. Hasil penelitian menunjukkan di dalam daun kari terkandung:

* 66.3% pelembab
* 6.1% protein
*1.0% lemak
*16.0% karbohidrat
*6.4% fiber

Daun kari juga mengandungi mineral dan vitamin seperti kalsium, fosforus, zat besi, asid nikotinik dan vitamin C. Ia juga mengandungi volatile oil dan sejenis glukosid yang disebut koenigiin.


Daun kari mempunyai khasiat herbal yang tinggi dan sangat banyak digunakan dalam pengobatan Ayurveda di India. Daun kari mempunyai nilai sebagai antioksidan, anti-diabetes, antimikrob, anti-inflamasi, Hepatoprotektor, anti-hiperkolesterolemia dan lain-lain lagi. Daun kari juga dikatakan baik untuk merawat rambut yang panjang dan sehat. Selain dari itu daun kari juga dapat mencegah uban. Kulit pokok, daun dan akar pokok daun kari digunakan sebagai tonik. Pucuk daun muda biasa dijadikan lalapan.

Berikut adalah manfaat makan daun kari untuk kesehatan:

Mengobati leukimia
Daun kari tinggi akan kandungan alkaloid karbazol. Zat alami ini terkenal untuk memperlambat pertumbuhan sel leukimia atau kanker darah.

Mencegah anemia
Makan daun kari juga bermanfaat untuk mencegah anemia sebab kaya akan kandungan zat besi dan asam folat. Kedua zat ini dikenal mampu mencegah anemia atau kekurangan darah.

Menyembuhkan penyakit ginjal
Banyaknya racun di dalam tubuh yang kemudian membebani kerja ginjal mampu membuat ginjal Anda rusak. Sementara minum jus dari daun kari bermanfaat untuk menyembuhkannya.

Mencegah diabetes
Makan daun kari menjaga kolesterol dan gula darah Anda supaya tetap normal. Sehingga secara signifikan mampu mencegah diabetes.

Tinggi akan zat anti-inflamasi
Karena daun kari tinggi akan zat anti-inflamasi di dalamnya, maka dapat menyembuhkan penyakit dalam tubuh seperti wasir, menurunkan suhu tubuh, dan mencegah tumor.

Menyembuhkan maag 
Ramuan daun kari sejak dulu terkenal untuk menyembuhkan maag. Anda bisa mengonsumsinya dengan membuat jus kari.

Mengobati mual saat hamil
Mual saat hamil memang mengganggu. Namun Anda bisa menghilangkannya dengan makan daun kari.


Sumber: dari berbagai sumber.



1 comment:

  1. Ternyata Bumbu juga memiliki manfaat banyak, selama ini selalu di artikan buruk bagi kesehatan.

    Sangat bermanfaat penjelasanya
    OBAT BATUK ANAK HERBAL

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *