27 April 2015

Khasiat daun sirih hijau untuk kecantikan



Daun sirih merupakan bahan herbal yang sejak zaman dahulu digunakan para leluhur untuk pengobatan. Tanaman merambat ini biasa dikunyah orang-orang zaman dahulu bersama gambir, pinang dan kapur. Selain itu sirih juga sangat berperan dalam berbagai upacara adat.

Tak hanya untuk pengobatan, sirih juga sudah lama dimanfaatkan untuk perawatan tubuh wanita. Sirih sangat umum digunakan sebagai pembersih bagian kewanitaan. Di India, daun ini digunakan sebagai afrodisiak (obat perangsang) alami. Tetapi sebenarnya masih banyak kegunaan lain sirih bagi wanita. Mau tahu apa saja? Berikut ini beberapa kegunaan daun sirih bagi wanita:

1. Mengatasi gatal
Jika kulit Anda mengalami gatal-gatal karena alergi atau masalah kulit lainnya, sebelum gatal ini semakin parah dan meninggalkan bekas di kulit, Anda bisa mengobatinya dengan daun sirih.

Ambil 10 hingga 12 lembar daun sirih, rebus dalam air panas. Jangan terlalu lama. Begitu daun layu, segera matikan api. Gunakan air rebusan tadi untuk campuran air mandi Anda. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk merendam tangan atau kaki yang gatal karena masalah kulit. Sifat anti-septik dan anti-inflamasi dari daun sirih akan meringankan rasa gatal sekaligus menjadikan pembengkakan kulit karena gatal tadi lebih cepat sembuh.

2. Mengatasi jerawat
Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih tidak hanya ampuh untuk mengatasi gatal, tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Untuk mengobati jerawat di wajah, dada, atau punggung, Anda bisa memanfaatkan air rebusan sirih untuk membilas bagian kulit yang berjerawat.

Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air sirih lalu gunakan untuk mengusap wajah. Jika Anda menginginkan cara yang lebih simpel, gunakan air sirih yang masih hangat tadi untuk mencuci muka. Sebelumnya pastikan wajah Anda sudah benar-benar bersih dari makeup. Lakukan perawatan ini minimal sehari dua kali, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

3. Mengatasi luka bakar
Menurut Beauty Health Tips, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar ringan. Anda tinggal mengambil beberapa lembar daun sirih segar. Cuci bersih kemudian remas-remas. Setelah itu tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kuIit yang mengalami luka bakar. Daun sirih dan madu akan bekerja untuk menenangkan rasa perih karena luka bakar sekaligus meminimalisir inflamasi.

4. Mencegah bau badan
Kalau yang satu ini Anda mungkin sudah sering mendengarnya. Benar sekali, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan yang tak sedap. Aroma harum daun sirih yang tajam akan meminimalisir aroma tubuh yang kurang sedap. Selain itu sifat anti-bakteri dalam daun sirih akan membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan.

5. Dapat menghaluskan kulit wajah yang kasar
Dengan melakukan perawatan wajah secara teratur dengan daun sirih, dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit kasar. Caranya, pertama-tama siapkan 5 lembar daun sirih yang masih segar, lalu tumbuk sampai halus dan tambahkan 1 sendok teh madu alami. Setelah itu oleskan keseluruh kulit wajah dan leher lalu diamkan selama 15 menit, kemudian basuh dengan air hangat. Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali dan lihat hasilnya selama 1 bulan, kulit wajah akan terlihat lebih halus dan bersinar.

6. Dapat mengatasi kuli berminyak
Dengan rutin membasuh muka dengan menggunakan godokan daun sirih, dipercaya dapat mengurangi kadar minyak pada kulit wajah. Cara ini terbukti ampuh dalam mengatasi kulit berminyak. Caranya : godok 10 lembar daun sirih yang masih muda dengan 1 liter air sampai mendidih. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai air godokan daun sirih tersebut hangat, kemudian basuhkan ke seluruh kulit wajah. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu.

7. Mencerahkan kulit wajah yang kusam
Untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kusam, caranya sama seperti cara mengatasi kulit berminyak. Secara tidak langsung selama beberapa minggu kulit wajah pun akan terlihat lebih bersih dan bersinar. Asalkan dalam cara pemakaiannya teratur dan tidak berlebihan, jika digunakan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping


Itulah beberapa manfaat utama daun sirih untuk kecantikan wanita. Selamat mencoba.




1 comment:

  1. Di Mana Mana Ada Kemauan Di Situlah Ada Jalan Kesuksesan..!!!

    Assalamu alaikum wr wb.

    saya mengucapkan banyak terimakasih kepada MBAH BALAPATI yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama MBAH BALAPATI dan dengan senang hati MBAH BALAPATI mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasih semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi MBAH BALAPATI DI (085 392 332 888




    INILAH KISAH NYATA YANG TAK BISA KAMI LUPAKAN SELAMA INI...!!!


    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *