24 November 2014

Stres? Atasi dengan makanan ini




Merasa stres karena tekanan pekerjaan atau banyaknya aktivitas yang menumpuk? Kebanyakan orang tidak sadar makanan yang mereka makan bisa ikut mempengaruhi tingkat stres.

Lalu makanan seperti apa yang bisa membantu kita mengurangi gejala stres ini?

1.Brokoli
Sayuran hijau yang mudah dimasak ini masih tergolong keluarga kubisan-kubisan yang mengandung asam folat. Asam folat selama ini dipercaya mampu membantu mengurangi stres dan mempercepat proses penyembuhan bagi mereka yang baru saja menderita sakit berat. Selain itu, brokoli juga disinyalir dapat mencegah dan menghambat berkembangnya sel kanker dalam tubuh manusia.

2.Kacang-kacangan
Kacang-kacangan sudah sejak lama diketahui sumber protein juga serat yang kaya akan gizi seperti halnya mineral. Kacang-kacangan juga menjaga agar kadar hormon stres cortisol tetap rendah. Akan tetapi, kacang-kacangan tinggi kalori. Jika kita sedang menjaga berat badan, pastikan mengonsumsi tidak lebih dari 12 biji sehari. 

3. Tortilla chips
Tortilla chips yang lezat mengandung banyak zat serotonin yang berfungsi layaknya obat penenang bagi tubuh. Camilan tortilla chips yang saat ini bervariasi banyak beredar di pasaran bisa dengan mudah kita dapatkan. Selain itu juga jauhi dulu camilan yang mengandung banyak MSG dan gorengan.

4. Sorbet dengan waffel
Sorbet merupakan makanan penutup berupa buah beku. Makanan ini terbuat dari pemanis dan bubur buah (buah yang sudah dihaluskan). Sorbet benar-benar membantu menurunkan hormon yang memproduksi kecemasan, khususnya glucocorticoid, hormon stres yang berkaitan dengan penyimpanan lemak di perut. Untuk memperkaya rasa sorbet, kita mencampurkan waffel juga wafer bersama sorbet.

5. Cokelat hitam dan cokelat hangat
Cokelat mengandung lebih dari 300 komponen berbeda, termasuk anandamide, zat kimia yang meniru efek ganja dalam otak dan theobromine, stimulan ringan. Tapi, pastikan memilih cokelat hitam dengan kandungan bubuk cokelat lebih dari 70 persen. Kita juga bisa mengkonsumsi cokelat dalam bentuk minuman hangat akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga membuat kita merasa lebih nyaman. 

6. Susu
Cobalah minum segelas susu. Susu mengandung tryptophan, yang akan diubah menjadi serotonin. Selain itu, kandungan kalsium, magnesium dan kalium di dalamnya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Segelas susu hangat akan memberikan efek yang sama dengan segelas cokelat hangat. Bagi tubuh, ion negatif dalam air hangat juga akan membantu melepaskan ketegangan.

7. Kelengkeng
Seperti namanya, Euphoria longana, kelengkeng atau lengkeng bisa memberikan efek euforia. Dalam therapi makanan dan obat-obatan Cina, kelengkeng dipercaya memiliki efek relaksasi. Selain menimbulkan efek psikologis positif karena sifat manis yang dihasilkannya, glukosa dan fruktosa yang tinggi dalam kelengkeng berfungsi sebagai penghasil energi dan pemulih stamina. Selain glukosa dan fruktosa, daging buah lengkeng juga mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan.

8. Jeruk
Tidak perlu diperdebatkan lagi, jeruk kaya dengan vitamin C. Studi menyatakan vitamin C ini dapat mengurangi tingkat hormon stres dengan memperkuat sistem kekebalan. Jika pekerjaan kita melibatkan tingkat stress yang tinggi, kita bisa mempertimbangkan mengkonsumsi suplemen vitamin C. Dalam satu studi bahkan dibuktikan tekanan darah dan tingkat cortisol kembali normal lebih cepat ketika orang mengkonsumsi 3000 milligram vitamin C saat ia melakukan tugas yang penuh stres.

9. Teh Herbal
Teh hitam atau teh herbal tidak hanya membantu menurunkan jumlah kalori tapi pada saat yang sama juga membantu perbaiki suasana hati Anda. Seperti teh camomile, teh hijau, teh dengan ras abuah bisa menenangkan pikiran Anda.

10. Permen Karet
Mengunyah permen karet ternyata bisa menurunkan tingkat stres. Mengunyah permen ini akan membuat pikiran Anda lebih rileks.

11. Sayur Bayam
Bayam dan kedelai dapat menurunkan tingkat stres fisik dan juga psikis Anda.

12. Biji-bijian 
Seperti biji labu dipercaya bisa menurunkan tingkat depresi dan juga kekhawatiran.

13. Yoghurt
Tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, yoghurt juga bisa meningkatkan kandungan serotonin dalam otak yang bisa menurunkan tingkat stress, dan juga membuat Anda merasa tenang. Cobalah dengan yoghurt berbagai rasa agar tidak bosan.

14. Almond
Almond mengandung vitamin B2, vitamin E, magnesium, dan seng. Vitamin B dan magnesium terlibat dalam produksi serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan mengurangi stress. Zinc perkelahian beberapa efek negatif dari stress, sedangkan vitamin E adalah antioksidan yang menghancurkan radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit stress dan jantung.

15. Ikan
Ikan adalah sumber asam lemak omega-3, selain itu kandungan vitamin B12 dan B6 juga cukup banyak. Kekurangan vitamin B12 ini bisa mengakibatkan perasaan stress dan juga depresi yang cukup tinggi.

16. Buah
Buah-buahan mengandung rasa gula alami, yang jika dikonsumsi dalam jumlah besar pun tidak terlalu mempengaruhi kadar gula tubuh Anda. Untu mengurangi rasa stress dan depresi, buah-buahan sepertijeruk dan juga buah tropis lainnya akan membantu meningkatkan energi Anda.

17. Susu Skim 
Susu yang rendah lemak atau skim memang baik untuk perempuan. Susu ini bisa menenangkan pikiran. Sebuah penelitian menunjukkan perempuan minum 4 atau lebih porsi susu skim sehari-hari maka kemungkinan mengalami stress lebih sedikit daripada mereka yang kurang atau tidak minum susu.

18. Gandum 
Kita semua tahu bahwa gandum itu kaya serat. Selain itu, gandum juga membantu tubuh memproduksi serotonin, yakni hormon yang bisa menenangkan tubuh ketika Anda merasa tertekan.

19. Kenari 
Buah ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk kesehatan jantung. Badan obat dan makanan Amerika Serikat (US Food and Drug Administration) merekomendasikan untuk memakan 1 1 / 2 oz buah kenari per hari.

20. Biji Bunga Matahari 
Biji bunga matahari ini memiliki folat yang dapat membantu menghasilkan suatu  kesenangan dan dapat merangsang otak untuk lebih bekerja.

21. Blueberry
Buah ini kaya akan antioksidan, melawan efek dari hormon stres seperti kortisol pada tubuh.

22. Bayam
Sayuran ini merupakan makanan favorit Popeye. Bayam mengandung magnesium sehingga dapat meningkatkan respon tubuh terhadap stres.

23. Ice Cream
Ice cream memang stress relieve yang paling manjur, Bright Friends! Jika kepala panas karena terlalu banyak berpikir, dinginnya ice cream dinilai mampu mendinginkannya. Hal tersebut disetujui oleh para peneliti dari University of Califronia. Susu dan krim yang banyak terkandung dalam ice cream diyakini memiliki banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak kita. Namun, (lagi-lagi) pilihan ice cream berjenis low fat adalah solusi terbaik agar lemak di tubuh tidak bertambah.



Sumber: dari berbagai sumber.




2 comments:

  1. ANGKA JITU DAN AKURAT HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =085=319=486=059 KY PANGANDARANG DENGAN KEMANPUAN SUPRANATURAL YANG DIMILIKINYA BISA MENEMBUS ALAM GHOIB DAN AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN ANDA HARI INI KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,

    Anda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu
    Contoh format nama dan kirim pulsa 100 ribu ke nomor 0853-1948-6059 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti :
    KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka AKY PANGANDARAN akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS KY PANGANDARANG Call / Sms 0853-1948-6059

    . GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

    angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/

    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

    angka GHOIB; laos 4D/6D/8D

    angka GHOIB; thailan

    angka GHOIB; macau

    angka ghoib; sidney

    ReplyDelete
  2. Tampaknya stres sudah menjadi “seni hidup” dalam keseharian kita, di mana yang dimaksud seni sebenarnya adalah hal yang indah dan menyenangkan. Namun seperti yang kita semua ketahui, stres tentunya merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan dan ingin dihindari. Untuk obat stress alami ini saya punya jawabannya, masuk web sini yah - http://goo.gl/g6qF5s

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *