14 September 2015

Manfaat makanan Flaxseed bagi kesehatan



Seiring munculnya tren hidup sehat, maka jenis makanan sehat yang dulunya tidak familiar menjadi semakin dicari. Setelah chia seed, saat ini muncul flaxseed yang diyakini juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami dan aman, Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi bijian yang satu ini. Berasal dari biji bunga, ternyata tak hanya bisa membantu program diet tetapi juga mengatasi banyak masalah kesehatan yang lain.

Mungkin masih banyak yang belum mengenal jenis bijian yang satu ini. Flaxseed , merupakan salah satu jenis makanan sehat yang berupa biji-bijian. Sepintas, flaxseed mirip sekali dengan biji bunga matahari dengan warna merah kecokelatan hanya saja ukurannya lebih kecil.


Flaxseed banyak dijumpai di Amerika dan juga Kanada. Hal ini dikarenakan iklimnya sangat sesuai sehingga memudahkan flxseed tumbuh dengan subur. Kandungan omega 3 nabatinya cukup tinggi, sekitar 3,160 mg per 15gr.

Flaxseed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari Mesir dan Cina. Tingginya kandungan nutrisi di dalam faxseed membawa manfaat kesehatan di bawah ini:
  • Flaxseed sangat rendah kalori namun kaya serat. Mengonsumsi makanan ini secara teratur mampu menurunkan berat badan Anda. Masukkan flaxseed dalam menu diet Anda untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat terhindar dari keinginan untuk ngemil secara berlebihan.
  • Tingginya kandungan omega 3 di dalam flaxseed baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab zat ini dapat menurunkan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung.
  • Flaxseed kaya akan nutrisi seperti mangan, serat, dan vitamin B1 yang baik untuk peningkatan kesehatan tubuh.
  • Mengonsumsi flaxseed baik untuk menurunkan tekanan darah dan migrain. Kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi dalam Flaxseed melenturkan sistem pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tinggi akan turun secara alami, namun tidak drastis. Sementara bagi orang yang tekanan darahnya sudah normal, Flaxseed tidak menurunkan tekanan darahnya.
  • Flaxseed baik dikonsumsi oleh wanita sebab dapat mencegah tidak teraturnya menstruasi, menopause dini, hingga kista. Dari hasil riset terhadap 25 wanita yang mulai mengalami gejala-gejala menopause dan diberikan Flaxseed 40 gr setiap hari selama 2 bulan terbukti bahwa Flaxseed dapat merupakan sebuah terapi untuk meringankan gejala menopause.
  • Flaxseed juga mengandung polifenol yang merupakan salah satu jenis zat antioksidan. zat ini baik untuk mencegah kanker khususnya kanker prostat dan kanker payudara. Flaxseed mengandung tiga unsur pokok yang berperan dalam pencegahan perkembangan sel-sel kanker. Tiga unsur pokok tersebut adalah lignan, asam lemak Omega-3 dan serat.
  • Mengendalikan gula darah. Flaxseed mengandung 3 komponen yang dapat mencegah diabetes yakni serat yang dibutuhkan sehari-hari, lignan dan asam lemak Omega-3. Hasil riset yang dilakukan di Kanada terhadap 6 orang yang sehat menunjukan bahwa setelah memakan roti yang terbuat dari Flaxseed, kadar gula darah menurun 28% dibandingkan dengan memakan roti yang tidak mengandung Flaxseed.
  • Meningkatkan kesehatan ginjal. Dari hasil percobaan klinis, Flaxseed dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi ginjal bagi pasien yang mengalami penyakit SLE (Systematic Lupus Erythematosus). Dalam percobaan klinis, pasien diberikan Flaxseed 15 gr, 30 gr atau 45 gr setiap hari selama 4 minggu.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus. Kandungan Lignan dan Omega-3 dalam Flaxseed berguna untuk meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh termasuk zat-zat penting eicosanoids dan cytokines yang notabene berperan dalam mengendalikan kekebalan tubuh.
Para ilmuan dari Duke University Medical Center USA telah mengeluarkan hasil penelitian bahwa makanan yang mengandung Flaxseed cenderung mengecilkan ukuran dan keganasan tumor. Penelitian tersebut dilakukan terhadap tikus yang secara genetik mengindap kanker prostat.

Flaxseed memang tidak ditanam di Indonesia, namun flxseed siap pakai sudah ada di beberapa swalayan besar yang ada di Jakarta. Flaxseed banyak dicampurkan dalam adonan biskuit atau roti sehat. Bisa dibeli di toko bahan kue yang besar. Sayangnya, harga per kemasan flxseed masih relatif mahal.


INFORMASI LAINNYA TENTANG FLAXSEED

Keuntungan / Keunggulan dari Flaxseed yang lain adalah:
  1. Untuk pasien kanker payudara akan lebih cepat sembuh dengan meningkatkan zat Tamoxifen yang bersifat anti-carcinogen.
  2. Untuk laki-laki akan sangat berguna untuk mencegah kanker prostat akibat gaya hidup yang tidak sehat.
  3. Sangat cocok untuk orang yang obesitas maupun yang sedang dalam program menurunkan berat badan atau menaikan massa otot.
  4. Membuat yang mengkomsumsi menjadi semakin jarang ngemil maupun mengurangi pertumbuhan sebu, yang menyebabkan jerawat atau bisul.
  5. Dapat menunda proses pembusukan makanan akibat jamur dan meningkatkan masa umur makanan.

Manfaat dari OMEGA-3 untuk:
  1. Kesehatan otak dan menjaga kekuatan neurotransmitter dalam sel otak yang akhirnya mempertajam daya ingat dan fungsi logika dan kognitif.
  2. Membuat aliran darah di arteri jantung menjadi lancar dan memperkuat daya kerja pada oto/katup jantung.
  3. Menekan tekanan darah tinggi dan bersifat anti-stress.
  4. Mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah akibat kolesterol jahat.
  5. Dengan meningkatkan sistem daya tahan tubuh (aktivitas sel darah putih) maka akan mempercepat pemulihan dan semakin kebal terhadap serangan penyakit.
  6. Bersifat sebagai pengencer darah (Blood Thinner).
  7. Meningkatkan Produksi hormon pertumbuhan (Growth Hormone) dan hormon testosterone di dalam tubuh.Oleh karena itu sangat berguna untuk mencegah kemandulan dan meningkatkan kesuburan.
  8. Mencegah berbagai penyakit kardiovaskular yang mematikan, khususnya penyakit jantung koroner, kanker, diabetes dan stoke. 

BEBERAPA PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN 

Bagaimana cara menambahkan Flax Meal untuk diet saya? 
Flax menambahkan rasa terhadap makanan. Berikut adalah beberapa cara dalam menggunakan flax. 

Flax dalam biji 
Biji Flax menambah warna dan kegaringan untuk makanan. Anda dapat menaburkan biji flax ke atas bakingan kue atau campurkan ke dalam adonan kue. Namun, untuk memperoleh manfaat dari flax, Anda harus terlebih dahulu menggiling biji flax karena biji utuh akan melewati sistem anda tidak tercerna. 

Flax dalam bentuk serbuk yang sudah digiling 
Menggiling biji flax akan menghancurkan kulit luarnya yang keras, menciptakan bubuk yang berwarna terang. Biji flax dapat digiling menggunakan coffee grinder[gilingan kopi]. Anda dapat menaburkan bubuk flax hasil gilingan pada nasi, bubur, oat, sup, roti atau menambahkannya ke adonan kue/roti itu, batters, casseroles, salad, cereal dan makanan yang dimasak lainnya sesuai dengan kreativitas Anda sendiri. 

Untuk pemula, disarankan anda memulai konsumsi sedikit demi sedikit, berhubung flaxseed itu adalah makanan yang memiliki serat fiber yang tinggi. Dan juga disarankan untuk mengkonsumsi air secukupnya. 

Bagaimana cara menambahkan Flax untuk diet saya? Seberapa banyak Flax yang harus dikonsumsi? 
Seperti makanan berserat, flax bisa mengganggu pencernaan Anda jika Anda menambahkan terlalu banyak, terlalu cepat dalam proses diet Anda. Dalam diet seimbang, konsumsi 2 sendok makan per hari dari flax yang sudah giling harian akan menyediakan ALA yang cukup untuk memenuhi kebutuhan diet anda. 

Berapa banyak jumlah kalori terdapat dalam biji flax? 
100 gram biji flax memiliki sekitar 450 kalori. 

Apakah flax mengandung gluten? 
Flax tidak mengandung gluten. 

Bagaimana cara menyimpan flax? 
  • Keseluruhan biji flax. Anda dapat menyimpan seluruh biji flax, yang bersih, kering dan berkualitas baik, pada suhu kamar selama sampai satu tahun. 
  • Biji flax yang sudah digiling. Untuk menjaga flax tetap dikonsumsi secara segar, Anda harus menggilingnya saat Anda membutuhkannya untuk mendapatkan semua nutrisi yang terkandung di dalam flax. Anda dapat menyimpan flax yang sudah digiling di dalam lemari es dengan memakai kontainer plastic yang kedap udara sampai 30 hari.
Di balik bentuknya yang kecil, flaxseed ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Tertarik untuk memasukkan flaxseed sebagai menu sehat Anda?



Sumber: dari berbagai sumber.



3 comments:

  1. Informasi nya berguna, saya baru tau tentang flaxseed. Untuk stamina loyo bisa juga dengan suplemen obat kuat pria alami Supervira [ http://goo.gl/hzFpPY ]

    ReplyDelete
  2. informasi yang sangat bermanfaat. Bagi yang berminat untuk membeli flaxseeds silahkan kunjungi https://www.tokopedia.com/sukasehatshop.
    terdapat juga chia seeds yang kaya akan manfaat buat tubuh.

    salam sehat dan sukses selalu

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *