27 October 2014

Makan makanan ini agar rambut tak cepat beruban



Agar rambut tak cepat beruban, sebaiknya konsumsi makanan sehat dengan teratur. Makanan yang mengandung protein, biotin, zinc dan zat besi sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Makanan laut
Tak hanya mengandung protein, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menutrisi rambut secara keseluruhan. Kekurangan asam lemak omega 3 dapat menyebabkan kulit kepala kering dan rambut kusam.

Selain ikan salmon dan sarden, kerang juga tinggi akan zinc yang dibutuhkan rambut untuk menjaga kekuatan dan mempertahankan warna. Kurang zinc sering menyebabkan ketidakseimbangan  hormon dan beruban secara prematur.

2. Hati
Hati ayam, sapi atapun hewan lainnya mengandung zat besi. Kekurangan zat besi atau anemia merupakan penyebab utama terjadinya rambut beruban, kebotakan dan rambut rontok. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti hati dan daging dapat menyuburkan serta menjaga warna alami rambut.

3. Berries
Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti strawberry dan juga blueberry dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin C juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dikulit kepala sehingga rambutpun akan terhindar dari rontok dan beruban.

4. Wortel
Vitamin A sangat dibutuhkan untuk kulit dan rambut. Sayuran berwarna oranye ini memang sangat penting untuk mencegah rambut beruban karena vitamin A dapat membantu untuk mensintesis melanin yang diperlukan untuk warna rambut.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan protein yang baik untuk perbaikan sel tubuh dan juga menyehatkan rambut. Komponen utama rambut adalah protein, jika protein dalam tubuh rendah maka dapat menyebabkan rambut rapuh hingga kehilangan warna. Selain protein, kacang-kacangan juga mengandung biotin yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kuku.

6. Telur
Telur mengandung protein dan vitamin B12 yang dapat mencegah perubahan warna pada rambut. Vitamin B12 dapat menangkal radikal bebas yang dapat membuat rambut berwarna abu-abu. Agar rambut tetap sehat, konsumsi telur dan sayuran hijau secara teratur.




Sumber: dari berbagai sumber.




0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *