25 July 2016

Khasiat buah kluwek



Buah yang satu ini mungkin bagi anda tidak familiar. Namanya saja kluwek, warnanya hitam, dan tidak menarik. Tapi, di dunia kuliner, buah ini sangat populer. Jika anda makan sayur rawon, sayur brongkos, atau sop konro pasti anda baru sadar, kalau sayur berkuah berwarna hitam itu diambil dari rempah kluwek. selain sedap sebagai bumbu masakan, kluwek ternyata punya beberapa manfaat.

Buah kluwek di Sumatera disebut buah kapayang, di Sunda disebut picung atau pucung, di Toraja disebut Panarassan. Kluwek adalah buah tumbuhan pelengkap masakan. kluwek biasa oleh orang dikenal dengan nama picung/klewek. Namun, ada yang berpendapat bahwa picung adalah kluwek prosen sebelum menjadi kluwek. Artinya, biji buah picung adalah kluwek yang masih muda. Buah kluwek berwarna keabu-abuan, namun apabila kita buka kulitnya yang agak keras, maka akan kelihatan warna aslinya yaitu hitam.

Bijinya, yang memiliki salut biji yang bisa dimakan. Bila mentah sangat beracun karena mengandung asam sianida dalam konsentrasi tinggi. Bila dimakan dalam jumlah tertentu menyebabkan pusing(mabuk). Racun pada biji ini dapat dipakai sebagai racun untuk anak panah. Biji ini aman diolah untuk makanan, bila telah direbus dan direndam terlebih dahulu. Kluwek diperoleh masyarakat sekitar dengan cara mengambilnya dari tanaman pohon kepayang yang diambil bijinya. Biji kluek mengandung vitamin C, ion besi, dan senyawa betakaroten, yang dapat mencegah tumbuhnya tumor. Asam-asam hidnokarpat, asam khaulmograt, asam glorat, dan asam sianida. Nah, asam sianida sifatnya beracun, mudah menguap pada suhu 26 derajat celcius. Bila terhirup binatang ternak dapat mengakibatkan kematian. Namun aman untuk mengawetkan ikan.


Kegunaan Pohon kluwek

Kluwek diperoleh masyarakat dengan cara mengambil dari pohon yang tumbuh dari tempat yang terletak kurang lebih 1000 meter di atas permukaan laut. Pohon dari setiap satuannya kurang lebih tingginya 40 meter dan diameter batangnya 2,5 meter. Tanaman ini merupakan khas vegetasi dari Indonesia. Jika ada di negara lain berarti sudah di ekspor. Pohon kluwek ternyata memiliki berbagai manfaat yang telah digunakan oleh kebanyakan orang. 

Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut :
  • Kayunya digunakan untuk membuat batang korek api
  • Daunnya sebagai obat cacing
  • Bijinya sebagai antiseptik
  • Bijinya dihaluskan dapat menghilangkan kutu pada kerbau
  • Biji kluwek dapat dibuat minyak sebagai pengganti minyak kelapa
  • Kluwek bisa digunakan sebagai pengawet ikan. Misalnya untuk 50kg tangkapan ikan digunakan 1kg biji kluwek yang telah dicacah dan dicampur garam sebanyak 1kg. Campuran kluwek dilumurkan pada hasil tangkapan dan disimpan dalam ember plastik tertutup. Asam sianida biji kluwek akan mengawetkan ikan selama 6 hari.

Buah kluwek bisa bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi, caranya adalah sebagai berikut:
  • Ambil 2 biji kluwek lalu kupas. 
  • Haluskan kluwek yang sudah dikupas lalu campurkan ke dalam masakan/misalnya sayuran atau lainnya. Bisa juga dicampur dengan sambal. 
  • Untuk masakan rawon dan sop konro tidak direkomendasikan, karena di situ ada unsur daging berlemak yang justru memicu peningkatan kolesterol.

Tips Memilih Kluwek

Biasanya, buah-buah kluwek dibiarkan matang dan jatuh sendiri kemudian dikumpulkan dalam satu karung. Setelah itu, buah dibiarkan basah oleh air hujan dan alam wktu 10-14 hari akan membuasuk. Tujuannya supaya kulit atau sabutnya lebih mudah dikupas dan menghilangkan racun asam sianida yang terdapat pada biji kluwek. Setelah dikupas, akan didapatkan kulit yang keras seperti batok kelapa yang berisi daging berwarna putih. Daging inilah yang digunakan sebagai bumbu masak

Namun, pada umumnya kluwek yang digunakan adalah kluwek berwarna hitam. Untuk membuatnya hitam, maka kluwek diproses kembali agar didapat warna hitam. Di bawah ini ada beberapa cara supaya hasil kluwek bisa berwarna hitam :
  • Ambil biji sebanyak 20 biji, cuci, rebus selama 1 jam, keringkan. Ambil wadah tertutup, letakkan abu sekam di dasar wadah, letakan kluwek dan tutup kembali dengan abu sekam hingga seluruh permukaan tertutup abu. Diamkan selama 15 hari, bersihkan, kluwek siap digunakan.
  • Biji kluwek dicuci bersih, direbus selama beberapa jam, didinginkan,diletakkan dalam lubang tanah yang ditutup tanah dan daun pisang selama 40 hari. keluarkan dan bersihkan, akan diperoleh biji kluwek kecoklatan siap pakai.

Berikut ini tips yang bisa digunakan apabila akan berbelanja kluwek di pasaran:
  • Pilih yang batoknya tidak berjamur
  • Kocok-kocok, ambil bila terasa berat dan koplok biasanya daging buahnya bagus dan berwarna hitam.Apabila tidak menemukan yang koplok, minta izin penjualnya untuk pecahkan satu dan lihat isinya.
  • Saging buah yang bagus berwarna hitam pekat, jangan ambil bila berwarna kelabu atau berjamur karena kluwek tersebut sudah kadaluwarsa. Namun apabila dagingnya agak putih, berarti kluweknya masih muda.
  • Pada waktu akan digunakan, pecahkan batoknya dengan ulekan batu atau martil. Ambil sedikit dagingnya dengan sendok teh, cicipi, kalau pahit jangan digunakan.
  • Kalau kluwek yang bagus bentuknya bulat seperti bentuk batoknya dan utuh, tapi kalau dapat  yang sudah mengering dan menempel pada batoknya tidak apa-apa, asalkan tetap berwarna hitam pekat dan tidak pahit. Masih bisa dipakai, asal direndam dulu dengan air panas.
  • Simpan biji-biji kluwek beserta batoknya di wadah kering dengan sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab agar kluwek tidak mudah berjamur.

Berikut adalah beberapa sajian makanan yang menggunakan kluwek sebagai bumbunya:

Rawon
Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung bumbu yaitu salah satunya kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas JAWA Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Dengan menggunakan berbagai bumbu yang salah satunya kluwek yang menghitamkan kaldu. Rawon dengan daging terasa begitu nikmat.

Sayur Brongkos 
Anda penggemar sayur brongkos? Kalau anda penggemar makanan itu tentu tahu, mengapa kuah dari makanan itu bisa berwarna coklat kehitam-hitaman?  Kluweklah yang menyebabkan kuah sayur brongkos berwarna coklat kehitam-hitaman. Kluwek ini merupakan bumbu dapur pelengkap untuk masakan ini, walaupun disamping itu ada juga bumbu atau rempah-rempah lainnya. Apa jadinya jika brongkos tanpa diberi tambahan bumbu kluwek? Pasti rasanya akan lain karena kluwek yang membuat brongkos terasa lebih legit. Jika masak brongkos tanpa bumbu kluwek malah mungkin akan disangka sayur lodeh.

Sop Konro 
Tidak jauh beda dengan rawon dan sayur brongkos. Sop konro ala Makassar menggunakan bumbu kluwek sebagai penyedapnya. Kluwek tersebut dihaluskan bersama dengan bumbu yang lainnya untuk menciptakan sajian yang nikmat.

Ada lagi menu kuliner yang menggunakan kluwek dan aman bagi anda konsumsi bagi penderita kolesterol adalah sayur pucung. Masyarakat Betawi, sebagai penduduk asli Jakarta punya sayur pucung mirip dengan pallu kaloa masakan dari makassar. Keduanya sama-sama berbahan dasar ikan dan sama memakai kluwek sebagai komponen bumbunya. Yang membedakan adalah jenis ikannya. Kalau sayur pucung Betawi menggunakan gabus sebagai bahan dasarnya, sedangkan pallu kaloa Makassar menggunakan ikan kakap sebagai bahan dasarnya.




Sumber: dari berbagai sumber.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *