02 May 2016

Manfaat Kismis Bagi Kesehatan




Kismis yang terbuat dari anggur yang dikeringkan memiliki rasa yang manis dan enak dimakan. Mengonsumsi kismis bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Ada tujuh alasan untuk memulai makan kismis:

1. Lebih energik

Apabila Anda merasa lelah dan kurang energi, cobalah makan kismis. Buah kering ini mengandung gula seperti fruktosa dan glukosa serta mempromosikan nutrisi yang lebih efisien di dalam tubuh.

2. Baik untuk kesehatan mulut

Tak seperti permen yang bisa menyebabkan gigi berlubang, kismis mengandung asam oleanolic yang mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya di mulut. Pada gilirannya, kismis bisa menjaga dari masalah kesehatan mulut seperti kerusakan gigi.

3. Menguatkan tulang

Kalsium yang merupakan hadiah nutrisi di dalam kismis bisa membantu memperkuat tulang dan mengurangi kemungkinan penyakit seperti arthritis dan osteoporosis. Selain itu, kismis memiliki mikronutrien yang disebut boron yang bisa membantu penyerapan kalsium.

4. Bertindak sebagai afrodisiak

Makan kismis merupakan cara yang bagus untuk kehidupan cinta Anda karena mengandung asam amino yang disebut arginin yang meningkatkan libido. Selain kismis, Anda juga bisa makan kenari atau delima untuk meningkatkan kehidupan seksual.

5. Pengobatan infeksi

Kismis bisa menjadi obat rumah yang efektif untuk mengobati infeksi karena memiliki polifenol dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi.

6. Mencegah kanker

Kismis kaya antioksidan yang mencegah sel-sel dari kerusakan radikal bebas yang membantu mencegah kanker. Secara khusus, antioksidan polifenol yang disebut catechin ada di dalam kismis yang bisa melindungi dari kanker.

7. Membantu menyembuhkan sembelit

Sembelit bisa menjadi kondisi yang sangat tidak menyenangkan. Kismis kaya akan serat yang bisa membantu membersihkan makanan yang terjebak di dalam usus. Anda juga bisa mencoba makan pepaya dan jambu biji untuk membantu meringankan gejala.

8. Mencegah gejala anemia

Kismis memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi pada kismis ini memiliki manfat yang sangat penting untuk mencegah gejala anemia. Anemia merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan darah. Anemia ini biasanya memilii gejala – gejala seperti :
  • Mudah lelah
  • Lemas
  • Tidak bersemangat dalam beraktivitas
  • Mudah terserang berbagai macam penyakit
  • Mudah terinfeksi virus dan juga bakteri
  • Kurang optimalnya fungsi organ-organ tubuh.

9. Memperlancar peredaran darah

Selain dapat mencegah berbagai gangguan anemia, zat besi yang terkandung dalam manfaat kismis yang sangat baik untuk memperlancar peredaran darah anda. lancarnya peredaran darah ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh, antara lain :
  • Suplai darah dan oksigen yang optimal ke organ – organ tubuh
  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah.

10. Baik untuk kesehatan mata

Kismis juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik pastinya untuk kesehatan mata anda. vitamin A dapat mencegah berbagai macam gangguan-gangguan yang menyerang mata. Gangguan yang dapat terjadi pada mata anda karena kekurangan vitamin A antara lain rabun dan juga katarak.

11. Menjaga kondisi keasaman pada lambung

Manfaat kismis untuk kesehatan juga ternyata baik dikonsumsi untuk anda yang memiliki gejala-gejala asam lambung. Dengan mengkonsumsi kismis, maka kondisi naiknya asam lambung akan terkontrol dan juga kondisi asam pada lambung anda menjadi lebih stabbil dan juga normal.

12. Baik untuk kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung dalam kismis juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Dengan mengkonsumsi kismis, maka kesehatan dan juga proses pencernaan pada tubuh anda akan menjadi lebih baik lagi.

13. Meningkatkan daya tahan tubuh

Antioksidan, vitamin C dan juga beberapa vitamin lainnya yang ada pada kismis, sangat baik untuk menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh kita. Meningkatnya daya tahan tubuh ini tentu saja akan sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit dan juga berbagai gangguan kesehatan tubuh.

14. Sebagai anti bakteri dan juga anti inflamasi

Kismis juga dapat mencegah munculnya penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang biasanya dapat menyebabkan peradangan.

15. Baik untuk kesehatan jantung


Kesehatan jantung anda pun dapat dijaga dengan sangat baik apabila anda suka mengkonsumsi kismis. Berbagai kandungan vitamin dan juga mineral dalam kismis dapat membantu mengoptimalkan kerja jantung dan juga menyehatkan jantung kita.




Sumber: dari berbagai sumber.


2 comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *